Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Taman Laut 17 Pulau Riung, Keindahan Alam Indonesia Timur yang Kaya Akan Flora Fauna Menawan

/
/
/
192 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan

Taman Laut 17 Pulau Riung – Propinsi Nusa Tenggara Timur terbagi dalam beberapa pulau dengan mempunyai 3 pulau khusus, yaitu Pulau Flores, Pulau Sumba, dan Pulau Timor Barat.

Di Propinsi ini kamu bisa nikmati rekreasi alam yang paling mengagumkan, tempat rekreasi ini selalu ramai di datangi oleh pelancong yang tiba dari beragam pelosok dunia.

Taman Laut 17 Pulau Riung

Namanya adalah Taman Laut 17 Pulau Riung, penyematan angka 17 di ambil dari tanggal kemerdekaan Bangsa Indonesia bermaksud agar lebih gampang di ingat.

Taman Laut 17 Pulau Riung

Pulau Riung mempunyai kekayaan fauna dan flora yang paling bermacam, kita bisa lakukan beragam jenis macam rekreasi saat ada di situ. Kondisi lautnya yang tenang dan warna biru, membuat diri ini malas untuk beranjak.

Berikut pembahasan komplet berkenaan Taman Laut 17 Pulau Riung :

Lokasi Taman Laut 17 Pulau Riung

Lokasi Pulau Riung ada di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Taman Laut 17 Pulau Riung ini sebagai rangkaian-gugusan dari beberapa pulau kecil dan besar yang menghampar dari Toro Padang di samping barat sampai ke Pulau Pangsar di samping timur.

Taman Laut 17 Pulau Riung

Karenanya Pulau Riung ada di 5 Dusun, yaitu Dusun Sambinasi, Dusun Namangase, Dusun Benteng tengah, Dusun Tadho, dan Dusun Lengkosambi.

Rute Menuju Lokasi

Jalur ke arah Taman Laut 17 Pulau Riung bila kamu bergerak dari Jakarta, kamu dapat mengambil penerbangan dengan jalur Jakarta-Ende atau juga bisa mengambil jalur Jakarta-Bajawa.

Bajawa sebagai Ibu Kota dari Kabupaten Ngada, tempat di mana Pulau Riung berada. Harga ticket ke arah Bajawa tambah mahal dibanding yang ke arah Ende.

Taman Laut 17 Pulau Riung

Sesudah kamu datang di Lapangan terbang H. Hasan Aroeboesman Ende, kamu harus meneruskan perjalanan ke arah Terminal Ndao untuk selanjutnya naik bis dengan arah Mbai.

Sesudah datang di Mbai naik Angkutan Dusun ke arah Riung, pada akhirnya tiba kamu di pintu masuk Taman Rekreasi Alam 17 Pulau Riung.

Buat kamu yang tidak mau ngeteng, kamu dapat sewa angkot atau memakai agen travel yang bisa mengantarkanmu ke arah Taman Rekreasi Alam 17 Pulau Riung secara langsung.

Jam Operasional

Jam membuka Taman Laut 17 Pulau dibuka sepanjang 7 hari satu minggu dan 24 jam satu hari, sehingga kamu bisa mendatanginya kapan saja kamu mau.

Harga Tiket Masuk

Ticket masuk Taman Laut 17 Pulau Riung murah sekali, kamu perlu keluarkan uang sejumlah Rp. 5.000,- per-orangnya untuk pelancong domestik. Dan untuk pelancong luar negeri harus mengambil lebih dalam kembali yaitu sejumlah Rp. 100.000,- per-orangnya.

Taman Laut 17 Pulau Riung

Fasilitas Taman Laut 17 Pulau Riung

Sarana yang berada di Pulau Riung telah komplet, yaitu:

  • Pemondokan atau homestay
  • Tempat parkir
  • Rumah makan
  • Tempat persewaan perahu dan alat untuk snorkeling

Daya Tarik

Taman Laut 17 Pulau Riung mempunyai alam yang paling cantik, birunya laut ditambah lagi sunyinya situasi membuat tempat ini pas untuk menghindari diri dari semua kegiatan rutin yang ada.

Di sini kita dapat menyaksikan kekayaan alam yang disimpan di bawah laut, aktivitas snorkeling atau diving jangan dilewati.

Taman Laut 17 Pulau Riung

Bentangan pasir putih yang bersih menambahkan eksotiknya Pulau Riung, disamping itu kamu dapat sewa kapal untuk berkunjung beberapa pulau yang ada.

Pulau Riung mempunyai 24 rangkaian pulau dengan keunikannya tertentu, kamu kemungkinan tidak dapat berkunjung semuanya.

Berikut pembahasan beberapa pulau yang berada di sekitaran Taman Laut 17 Pulau Riung yang bisa kamu datangi, yaitu:

1. Pulau Batang Kolong

Pulau Tangkai Kolong sebagai pulau yang banyak didatangi oleh beberapa pelancong, karena di pulau ini kamu dapat menyelam di perairan yang jernih untuk cari hewan laut yang berjulukan “mawar laut “.

Disebutkan semacam itu karena memiliki bentuk seperti bunga mawar, susunan badannya diselimuti rambut warna merah. Dan umumnya diketemukan di kedalaman 10 meter.

2. Pulau Meja Atau Tembaga

Pulau ini sebagai komunitas dari A karang lunak dan cropora.

3. Pulau Sui

Kondisi bawah laut Pulau Sui di penuhi dengan jurang yang terjal tetapi benar-benar menakjubkan. Tebingnya yang terjal itu di hias oleh Acropora dengan cantiknya.

Beberapa penyelam umumnya mendokumentasikan kekhasan bawah laut Pulau Sui dengan memakai camera air yang menyengaja di siapkan.

4. Pulau Tiga Atau Bampa Timur

Pulauini di namakan Pulau Tiga karena bila dari terlalu jauh seperti terlihat 3 pulau yang terpisah, tetapi bila di saksikan dari jarak dekat sebagai satu kesatuan yang di pisah oleh pasir dan timbunan rumput laut.

Pulau Tiga mempunyai keelokan tidak cuma di bawah lautnya saja, tetapi di atas pulau ini mempunyai keelokan yang benar-benar luar biasa.

Kamu bisa mendaki bukit yang tidak terlampau tinggi, selanjutnya menyaksikan keelokan bentangan laut di atas ketinggian. Menyaksikan laut dengan gradasi warna yang paling cantik, sebagai pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Sesudah nikmati keelokan di atas, janganlah lupa untuk melihat keelokan biota lautnya. Di sini kamu akan mendapati yang sama dengan “mawar laut” yang berada di Pulau Tangkai Kolong.

5. Pulau Rutong Atau Tangil

Di Pulau ini ada sebuah bukit yang bisa kamu daki, untuk capai pucuk bukit kamu memerlukan perjuangan yang cukup kuras peluh.

Tetapi di atas ketinggian kamu akan melihat bentangan pasir yang cantik yang permukaan pulaunya kelihatan seperti pada bulan sabit di tambahkan sepoi-sepoi angin yang mencoba hilangkan rasa capek yang kamu rasakan.

Keelokan bawah lautnya juga benar-benar menakjubkan, karangnya di sanggupi tipe Acropora Formosa. Bila kamu menyelam di laut Pulau Rutong, kamu akan alami peristiwa Termoklin.

Satu kondisi di mana terjadi peralihan temperatur air yang mencolok, di atas laut temperatur airnya hangat tetapi sesudah kedalaman sekitaran 1 mtr. temperatur air berbeda mencolok jadi benar-benar dingin. Bila untung kamu akan melihat paus bermain di samping barat Pulau Rutong.

6. Tanjung Toro Padang

Tanjung Toto Padang sebagai batasan barat dari Taman Laut 17 Pulau Riung. Bukit-bukit yang bersisihan di tempati oleh spesies biawak, yang oleh warga di tempat di sebutkan Mbou.

7. Pulau Kawat

Pulau Kawat berada dekat sama Daerah Orang Bajo. Di sejauh pantai ada banyak barisan mangrove, dan lautnya mempunyai arus yang kecil.

8. Pulau Ontologi

Pulau Ontologi sebagai pulau paling besar yang berada di TPulau Riung. Pulauini ibarat cincin hijau rimba mangrove, karena di kitari oleh rimba mangrove.

Pulau ini sebagai tempat untuk spesies kelelawar, kamu bisa menyaksikan beberapa ribu kelelawar berterbangan ke sana kemari. Di samping itu di sini ada monyet liar yang bergelantungan dari 1 pohon ke pohon yang lain.

Object Wisata Dekat Taman Laut 17 Pulau Riung

Selainnya nikmati hidangan keelokan yang berada di Taman Laut 17 Pulau Riung, kamu dapat berkunjung tempat wisata yang bersisihan, yaitu:

  • Air Terjun Kedebodu, Ende
  • Pantai Penggajawa, Ende
  • Taman Nasional Kelimutu, Ende

Demikianlah pembahasan berkenaan Pulau Riung, mudah-mudahan berguna buat kamu yang akan berencana berlibur. Selamat liburan!

Bagikan ke Teman Liburan

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :