Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Mengenang Nikmatnya Masakan Nenek di Warung Sowan Si Mbok – Simak Info Alamat, Jam Buka dan Menu Andalannya!

/
/
/
274 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

“Sowan” artinya berkunjung atau menghadap pada orang yang di anggap di hormati. Semisal raja, guru, atasan, atau orang tua. “Mbok” adalah bahasa Jawa yang artinya 1) kata sapaan (ragam kromo ngoko) terhadap wanita; 2) kata sapaan terhadap orang tua wanita; Ibu; 3) kata sapaan kepada wanita tua yang kedudukan sosialnya lebih rendah dari pada yang menyebutkan.

Sowan Si Mbok
Photo by @fendadina_90

Asal Usul Kata Sowan Si Mbok

Imbuhan “Si” sebagai kata penunjuk, “Sowan Si Mbok” dapat di istilahkan berkunjung, mengunjungi, kembali pulang ke daerah atau kediaman Ibu.

Sowan Si Mbok
Photo by sowansimbok

Demikian restoran ini dibranding secara eksotik dan tradisional, telah barang tentu dapat di bayangkan imaji tentang semangatnya orang, saat kembali pulang kerumah Ibu. Harapan kerinduan yang tidak dapat di bendung dengan suasana pedesaan dan sajian makanan ala kampung yang selalu di nanti di kala kembali ke rumah Ibu.

Lokasi Warun Sowan Si Mbok

Sowan Si Mbok yakni cafe (toko) yang baru di buka pada 16 Desember 2020. Branding tradisional ini mulai di lirik banyak pencinta masakan ‘rumahan’. Toko yang akan memanjakan lidah pelanggannya ini berada di Jln. Komut ABD. Saleh No. 1 Bambon Asrikaton Pakis, Malang 65154.

Sowan Si Mbok
Photo by @tj_irene

Bangunan berbentuk pendopo, asri, dan interiornya dibereskan menyerupai rumah yang berada di desa. Benar-benar sanggup membayangkan suasana masa lalu. Selain dapat merasakan hidangan tradisional, di sini juga ada galeri batik. Bagi pecinta batik tradisional tentunya juga akan di puaskan, pun para pengunjung konsultasi atau mengorder baju yang kalian inginkan. Galeri batik bisa di akses pada Instagram @phyralokadhaatu. Silahkan mengikuti layak dengan selera anda.

Jam Buka & Menu Cafe

Sowan Si Mbok
Photo by @sowansimbok

Kedai Sowan Si Mbok buka tiap-tiap hari mulai dari jam 09.00-21.00 WIB. Si Mbok menyediakan makanan seperti sayur lodho, blendi tewel, blendi rebung, mangut lele, lalapan ayam kampung, lalapan ayam potong, lalapan lele, lalapan mujair, oseng sayur kakung, oseng turi, oseng genjer, pedesan, oseng paru, oseng daging.

Photo by @tj_irene

Kuliner unggulan di sini ialah ‘cobek meletup lele, ayam potong, ayam kampung, mujair dengan khas saus cabe racikan Si Mbok yang di sajikan pada cobek yang masih panas’.

Photo by @sowansimbok

Si Mbok sendiri juga bisa melayani reservasi daerah untuk berjenis-jenis acara serta telah tersedia pemesanan secara online. Apabila mau tahu lebih banyak ataupun ingin reservasi perihal Sowan Si Mbok bisa mengakses via Instagramnya @sowansimbok.

Photo by @sowansimbok

Nah, bagi pecinta kuliner di Malang dan sekitarnya, tentu ini adalah kesempatan mencoba sensasi resep-resep tradisional, utamanya ‘cobek meletup’ dengan di sertai lauk Ayam Kampung, dan saus cabe khas pedas asin, kayak Si Mbok masih muda.

Penyajian yang Unik

Kuliner unggulan, yang membuat penasaran di proses dengan memanaskan cobek di atas kompor, di kala sudah panas di siramkan minyak goreng. Selanjutnya di ikuti dengan memasukan bawang merah, tomat. Seperti menumis pada biasanya, mesti di tunggu sebentar, agar tak gosong.

Photo by @sowansimbok

Saat telah berubah warna, dan baunya harum, tambahkan sambel bawang, jangan lupa di taburi garam dan kaldu jamur. Tentu akan membuat kian menyengat hidung. Kemudian akan di taruh taruh ayam goreng di atas saus pedas cobek yang meletup (panas), selanjutnya si Mbok akan memipihkan dengan ulekan. Agar ayam dan saus cabe menyatu hingga merasuk ke dalam daging ayam.

Photo by @tj_irene

Sajikan menu meletup ayam kampung adalah sensasi favorit untuk mendapatkan sentuhan khas Si Mbok. Penyajian meletup diatas cobek yang panas dan nasi putih, tentunya tak hanya menarik hati selera, tetapi bisa dipastikan akan membuat para pecinta masakan penyetan akan ketagihan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :