Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Ngadem di Situ Batu Karut Sukabumi yang Miliki 7 Pancuran Air Jernih Langsung dari Sumber Air Alami – Cari Tau Info Lokasinya!

/
/
/
89 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Danau atau Situ Batu Karut terdapat di daerah Kampung Batu Karut RT 3/RW 08, Desa Selawi, Kecamatan Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat. Danau ini membelah 2 kampung yakni Kampung Batu Karut yang berada di sisi timur, dan Kampung Pulopanggang di sisi barat.

Situ Batu Karut
Photo by @ekadamay9

Asal Nama Situ Batu Karut

Di balik nama Batu Karut ternyata miliki cerita yang menarik. Menurut cerita orang sekitar, di areal tersebut dulunya tersedia sebuah batu yang terikat akar beringin dan ajaibnya akar beringin ini sanggup mengangkat batu itu keatas tidak cukup lebih 1 meter.

Situ Batu Karut
Photo by @irvan_abdussalam27

Dalam bahasa sundanya “Batu anu dikarut ku akar” yang bermakna “Batu yang di ikat bersama dengan akar”. Maka kampung berikut bernama Kampung Batu Karut. Tapi sekarang batu yang di ikat oleh akarnya itu udah tidak ada.

Situ Batu Karut
Photo by @miratmulyani95

Danau ini mulanya cuma terdapat rumah-rumah dan area penggilingan beras. Kemudian sesudah orang-orang yang tinggal disana pindah, daerah itu menjadi daerah wisata Situ Batu Karut atau Danau Batu Karut.

Situ Batu Karut
Photo by @kotekadun

Saat weekend dan hari libur, banyak orang yang berolah raga ataupun berekreasi di sini, dan termasuk tersedia yang sambil memancing ikan. Di tempat ini terdapat perahu bambu atau rakit yang biasa berguna untuk memancing ikan.

Photo by @aditia.putra.21

Selain untuk memancing, perahu atau rakit selanjutnya dapat juga anda pakai untuk sekadar bermain-main ketengah danau. Anda bisa bersantai sambil mengelilingi danau dengan menaiki rakit tersebut.

Sumber Air 7 Pancuran

Photo by @windywigunawan

Jernihnya air yang keluar berasal dari mata air di sana mengakibatkan Dinas Perairan Kabupaten Sukabumi tertarik untuk menelitinya dan membuatnya jadi sumber mata air bagi PDAM.

Photo by @cescferdiges

Yang jadi target utama orang singgah ke Danau Batu Karut atau ke Kampung Batu Karut adalah area pemandiannya bernama “Pancuran 7” yang berada di sebelah utara Danau Batu Karut. Pancuran 7 miliki air yang amat jernih yang segera berasal dari sumber mata air.

Photo by @fatharani_balqis_lusiana
Photo by @ahmad.n410

Hal ini sangat menarik rasa penasaran para pengunjung buat datang kesini. Jika anda tertarik juga untuk datang ke wisata situ Batu Karut ini, langsung saja datang ke alamat yang sudah tertera di atas.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :