Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Ranu Regulo, Satu dari Tiga Danau di Gunung Semeru yang Cakepnya Minta Ampun!

/
/
/
22 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Nikmati waktu rileks sepanjang liburan dengan camping ialah opsi yang pas untuk Anda pemilik jiwa penjelajahan. Tetapi ini kali Anda harus pilih lokasi camping yang pas supaya peristiwa liburan ini kali benar-benar terkesan. Coba camping di Ranu Regulo.

Ranu Regulo

Sekilas, namanya benar-benar serupa dengan Ranu Kumbolo dan betul saja ke-2 danau alami ini ada di dusun yang sama. Danau yang berada di Dusun Ranu Pani ini kurang demikian populer seperti Ranu Kumbolo.

Ranu Regulo

Walau kalah terkenal, danau ini masih tetap mempunyai daya tarik alam yang menarik. Terutama untuk Anda yang menyenangi nuansa tenang dan sunyi; cuma beberapa suara alam saja yang ingin Anda perdengarkan.

Sekilas Tentang Ranu Regulo

Ranu Regulo sebagai salah satunya danau alami di Kabupaten Lumajang persisnya di Dusun Ranu Pani. Dusun ini memiliki 3 biji danau, yakni Ranu Kumbolo, Ranu P danau ini, dan ani. Dan danau ini ialah danau terdekat dengan desa.

Merilis dari situs resminya, danau ini mempunyai air biru kehijauan yang paling jernih. Secara visual danau ini tidak kalah cantiknya dengan tempat rekreasi danau paling dekat, Ranu Kumbolo.

Danau ini mempunyai segi bagus yang tidak berbeda jauh dengan 2 danau lainnya. Misalkan saja, danau yang tercipta dengan alami ini tawarkan tempat camping yang nyaman dan panorama yang cantik di sekitarnya.

Belum juga view danau yang paling menarik, ditambah saat dilihat dari terlalu jauh, dan ada banyak segi menarik lainnya. Ketinggiannya yang capai 2.100 mdpl membuat tempat sekitaran danau ini benar-benar sejuk serta condong dingin.

Ranu Regulo

Luasnya sendiri cuma 0.7 Hektar dan sebagai sisi kecil dari teritori Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS. Pelancong umumnya jadikan tempat ini sebagai alternative saat tidak dapat mendaki ke Gunung Semeru.

Daya Tarik

Tempat rekreasi Bromo Tengger Semeru ini menjadi alternative ke-2 untuk Anda yang semula akan camping atau sekadar soft hiking ke Ranu Kumbolo. Atau boleh-boleh saja bila Anda menjadikan danau ini sebagai tujuan khusus untuk rekreasi alam Anda.

Pasti Anda tidak pernah menyesal dengan keputusan Anda ini kali karena tempat ini ternyata simpan banyak daya tarik.

Tempat Camping

Bisa saja ini bisa menjadi tempat camping terbaik yang sempat Anda singgahi. Bagaimana tidak, tanahnya relatif agak miring dan rata. Tempat lega untuk membangun tenda-tendanya juga luas.

Ranu Regulo

Yang membuat tempat ini benar-benar khusus ialah view alamnya yang demikian cantik dan benar-benar asri. Rimba lebat terlihat melingkari tempat danau; demikian hijau dan menyejukan mata siapa saja yang melihatnya.

Ditambah ada danau yang paling luas seakan jadi pusat keelokan teritori rekreasi alam ini. Anda bisa membangun tenda pas di muka danau supaya saat buka pintu tenda, Anda langsung akan disongsong oleh keelokan danau.

Keindahan Danau

Anda dapat nikmati keelokan danau secara dekat dari tepiannya. Tetapi harus diingat jika seharusnya tidak berenang di tempat danau karena selainnya dalam, temperatur airnya juga dingin.

Ranu Regulo

Danau dengan permukaan air yang tenang ini akan kelihatan makin cantik saat pagi hari di mana permukaan airnya akan terlihat keemasan. Ini muncul karena permukaan air yang memantulkan cahaya mentari pagi.

Panorama yang tidak kalah elok dapat Anda tonton saat pagi buta saat cahaya matahari pagi pertama kalinya sentuh tempat danau. Permukaan danau yang sebelumnya smokey karena kabut, perlahan-lahan kabut-kabut itu lenyap dan tersibak.

Sudah pasti panorama seperti ini jangan Anda terlewat demikian saja. Selekasnya mengambil camera dan peroleh peristiwa cantik terkesan yang tidak terlewatkan saat nikmati keelokan danau ini.

Objek Foto Alami

Peristiwa terbaik setiap tempat memang seharusnya Anda taruh tidak cuma di memory Anda. Tetapi di memory Handphone atau memory camera Anda.

Ranu Regulo

Seperti view danau pada siang hari yang permukaan airnya memantulkan langit biru dengan awan-awan putihnya. Atau juga bisa panorama danau dengan latar rimba lebat yang mengitarinya.

Mundur kembali ke belakang, persisnya memakai agle yang lebih jauh untuk memfoto tenda Anda dengan object alam berbentuk rimba dan danau.

Dengan sasaran dari angle yang pas, tentu tangan trampil Anda sanggup hasilkan beberapa foto yang kece seperti photografer profesional.

Dan bisa banyak rekan Anda yang tidak menduga jika danau ini tidak kalah eksotik dengan Ranu Kumbolo.

Fasilitas

Tidak banyak sarana yang dapat Anda pakai di sini. Cuma ada banyak saja ingat lokasinya yang cukup dalam di tempat rekreasi pendakian Gunung Semeru.

Salah satunya sarana yang ada ialah kamar mandi yang umumnya digunakan oleh pengunjung, khususnya mereka yang kemping, untuk mandi.

Sarana yang lain ialah tempat camping ground atau camping. Tempat ini cuma berbentuk tanah lega dan agak miring di pinggir danau. Beberapa pengunjung lalu menjadikan sebagai lokasi untuk membangun tenda.

Tidak ada warung makan atau orang jualan makanan di sini. Maka dari itu, jika Anda punya niat untuk bertandang ke tempat rekreasi alam ini, siapkan fisik dan perbekalan minuman dan makanan yang cukup.

Anda dapat singgah sesaat di pusat rekreasi kulineran Malang paling dekat untuk isi perut saat sebelum bertandang. Janganlah lupa untuk membuntel makanan atau jajan dan minuman sebagai perbekalan perjalanan.

Khusus untuk Anda yang punya niat untuk kemping, masalah logistik harus Anda perhatikan. Bawa logistik yang cukup pasti menolong Anda dalam soal penyukupan kebutuhan minum dan makan sepanjang camping.

Bawa logistik yang ringkas dan gampang diolah supaya nantinya tidak menyusahkan Anda. Atau bila Anda ingin mengolah makanan ciri khas Malang dan Lumajang yang sederhana di dekat danau elok ini, sah-sah saja.

Kembali lagi ke sarana, ada sarana tempat parkir kendaraan yang terletak benar-benar jauh, persisnya di pos awalnya Anda beli ticket masuk. Walau demikian tidak kurangi serunya berkunjung danau alami satu ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Ranu Regulo

Ada biaya retribusi ticket masuk untuk tiap-tiap pengunjung yang hendak masuk tempat danau di Dusun Ranu Pani ini. Harga tiketnya murah jika dibanding dengan keelokan alam yang dihidangkan oleh alam ini.

Dari sisi ongkos ticket masuk, pengunjung harus bayar ongkos parkir dengan biaya standard seperti biaya parkir di tempat rekreasi alam lainnya. Berikut ialah informasi ongkos parkir dan HTM terbaru:

RetribusiTarif
Tiket masukRp29.000,00 (Weekday) Rp34.000,00 (Weekend)
Parkir kendaraanRp5.000,00 (Motor) Rp10.000,00 (Mobil)

Rute Menuju Lokasi Wisata Ranu Regulo

Untuk Anda yang sudah tidak sabar ingin melihat daya tarik danau alami ini, check lokasi dan rute-nya ditambah dulu. Danau ini, bersama dengan 2 danau yang lain, berada di Dusun Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Jika Anda pergi dari Malang, jalur yang Anda menempuh cukup sulit. Perjalanan bisa diawali dari Malang langsung ke arah Tumpang dan paling akhir ke Dusun Ranu Pani.

Durasi waktu perjalanan dari Malang ke Tumpang cukup dekat. Cuma sekitaran 30 menit sampai 40 menit. Sedang dari Tumpang ke Ranu Pani, waktu tempuhnya sekitaran 1.5 jam sampai 2 jam.

Adapun posisi jalur yang perlu Anda lalui yakni dari Malang ke arah Tumpang lewat Wilayah Pakis. Setelah tiba di Tumpang, teruskan perjalanan sampai ada pertigaan lalu belok ke kiri ke arah Jalan Ikhlas Ayu.

Kelak Anda akan menemui RSU Kebon Sari masih lempeng saja sampai mendapati perempatan. Lempeng saja sampai mentok dan belok ke kiri ke arah Wilayah Ikhlas Ayu.

Jam Operasional Ranu Regulo

Rekreasi alam danau elok ini masih tetap membuka sepanjang 24 jam tiap hari dan hari liburan nasional. Anda dapat tiba dan camping di sini kapan pun Anda bisa.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :