Mengunjungi Pura Besakih, Pura Terbesar di Pulau Bali yang Sejak Lama Jadi Destinasi Utama Pilihan Wisatawan Selain Pura Ulun Danu!

/
/
/
390 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan

Pura Besakih adalah tempat persembahyangan bagi umat Hindu di Bali. Selain itu, pura ini juga menjadi keliru satu daerah wisata di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan. Wajar aja sih, suasana khas Bali yang kental mendapat dukungan bersama dengan arsitektur Pura yang indah banyak menyebabkan decak takjub para pengunjung.

Pura Besakih
Photo by @fitfeb_28

Di anggota di dalam pura pun terdapat 18 pura pendamping dengan Pura Penataran Agung sebagai pura terbesarnya, inilah mengapa Pura Besakih banyak dikenal sebagi pura terbesar di Indonesia.

Pura Besakih
Photo by @rosy220615

Pura ini juga populer sebagai Pura Agung Besakih. Tidak cuma itu, pura ini juga sudah terkenal sampai ke mancanegara. Konon Pura ini ternyata dulunya adalah hutan belantara selanjutnya di bangun oleh Rsi Markandeya yang mana merupakan seorang tokoh agama Hindu di India yang udah lama menetap di pulau Jawa.

Pura Besakih
Photo by @evanristianto96

Ada yang menyebutkan terkecuali nama Besakih ternyata berasal berasal dari kata ‘Basuki’ yang berasal dari kata ‘Wasuki’, ini memiliki arti sebagai Keselamatan dalam bhs sansekerta. Selain itu, pura ini merupakan tempat yang jadi pusat kesibukan dari seluruh Pura di Bali. Sama seperti Tirta Empul, pura ini termasuk aktif digunakan oleh penduduk Bali.

Pura Besakih
Photo by @pavel.prg

Penasaran bukan seperti apa terlihat di pura ini sekarang? Sebelum berkunjung, ada baiknya anda jelas lebih dari satu perihal menarik di Pura Besakih ini dan membuat liburanmu tambah berkesan.

Lokasi Pura Besakih

Tentu saja sebelum berkunjung, kamu perlu mengerti rute dan wilayah Pura Besakih supaya tidak tersesat. Pura Besakih ini terdapat tepat di kaki Gunung tertinggi di Pulau Bali, tepatnya di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali.

Pura Besakih
Photo by @citrachristina

Pura ini terhitung berada di ketinggian 3.142 mtr. di atas permukaan air laut. Lokasinya juga berjarak sekitar tidak cukup lebih 2 jam atau sekitar 65 km berkendara berasal dari Pantai Kelan dan Pantai Jerman, pantai yang termasuk berada di kawasan Bandara Internasional Ngurah Rai. Sementara berasal dari kawasan Kuta dan Seminyak dapat menempuk jarak sekitar 63 km atau sekitar 1 jam 30 menit.

Photo by @kahongf

Untuk lebih memudahkan anda mampu memakai aplikasi penunjuk arah untuk sanggup sampai ke pura. Kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, transportasi lazim ataupun menyewa sebuah kendaraan untuk berkeliling sepuasnya di Bali. Namun, untuk lebih menekan cost pengeluaran yang lebih, saran terbaik adalah anda mampu pakai kendaraan rental yang mampu anda menggunakan seharian penuh.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Layaknya objek wisata lainnya di Bali, pura ini juga measang tariff sebelum masuk ke dalamnya. Harga tiket yang di patok adalah Rp. 15.000 per orang. Hanya bersama dengan 15 ribu kamu udah mampu mengelilingi pura sepuasnya. Namun harga ini dapat saja beralih sewaktu-waktu, periksalah harga dengan pas yang serupa sebelum saat menuju ke Pura Besakih, ya.

Photo by @saya.jabidin

Jika anda mempunyai kendaraan pribadi, pura ini termasuk sedia kan daerah parkir yang lumayan luas. Untuk Kendaraan beroda dua dapat kena biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk satu motor dan untuk mobil bakal kena cost sebesar Rp. 5.000 per mobil.

Photo by @vora.91

Selain itu, anda terhitung mesti tau loh jam operasional Pura Besakih sehingga kamu tidak datang pada pas yang salah. Wisata pura ini buka terasa pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 wita. Namun, bagi anda yang menginginkan lakukan ritual sembahyang untuk beragama Hindu, Pura Besakih ini buka 24 jam.

Photo by @cristin.manubulu

Pura Besakih terhitung mewajibkan tiap tiap pengunjung untuk kenakan sarung khas Bali. Karena sarung Bali merupakan benda suci yang berguna untuk bisa masuk ke tempat suci seperti Pura Besakih ini. Jika anda tidak memilikinya, anda bisa menyewa di tempat penyewaan sarung Bali yang berada di kurang lebih Pura.

Photo by @kahongf

Inilah hal menarik yang perlu anda ketahui berkenaan Pura Besakih, daerah peribadatan umat Bergama Hindu yang juga menjadi objek wisata menarik di Bali. Jangan lupa untuk membawa kamera, dan Selamat nikmati liburan yang menyenangkan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :