Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Pulau Tikus, Pulau Mungil di Bengkulu yang Punya Segudang Keindahan yang Siap Untuk di Eksplore

/
/
/
16 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Menjelajah wilayah pantai membikin kita lebih mengetahui hal baru dari sisi lautan. Bukan hanya pemandangan cantik, tapi juga isinya unik dan beraneka. Seperti halnya lautan yang mengitari Pulau Tikus.

Sekilas Tentang Pulau Tikus

Yup, Pulau Tikus yakni pulau kecil terletak di Bengkulu. Pulau ini menyimpan berjuta flora dan fauna laut yang menjadi energi tarik pengunjung. Kesibukan snorkling dan menyelam tak boleh dilewatkan dikala mengunjunginya. Ada banyak sekali ikan-ikan kecil berwarna-warni, kepiting, udang, lobster dan hewan laut lainnya yang siap menyambutmu.

Pulau Tikus adalah salah satu pulau favorit wisatawan bagus dalam ataupun luar kota Bengkulu. Padahal dari namanya sering kali dianggap tidak menarik sebab binatang tikus identik dengan sesuatu yang kotor dan menjijikkan, melainkan pulau ini bahkan kebalikannya. Keberadaannya sungguh-sungguh diterima para pecinta alam, pun digaungkan menjadi destinasi wisata selam kelas nasional.

Pulau kecil yang cuma seluas 0,5 ha ini ditumbuhi pepohonan cukup rindang, seperti pohon waru, ketapang, kelapa dan nyamplung. Di komponen tengah pulau dibangun sebuah Mercusuar setinggi kaprah-kaprah 40 m. Di samping bangunan ini terdapat rumah yang menjadi daerah tinggal penjaga mercusuar. Bagi kalian yang berkeinginan menyaksikan hamparan lautan luas, bisa melihatnya dari atas mercusuar. Sebelum naik, ijin dulu terhadap pihak penjaga dan utamakan keselamatan.

Di sekeliling pulau kecil ini tertutup oleh terumbu karang yang luas. Keberadaannya cukup membantu dalam menjaga pulau dari erosi pantai. Sayangnya, abrasi secara pelan tetap merusak pantai dan mengakibatkan luas pulau semakin hari kian berkurang.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Pulau kecil ini berada cukup jauh dari Namun Bengkulu. Maka untuk menempuhnya seharusnya menerapkan trasnportasi air seperi perahu nelayan atau speedboat. Aksesnya via Pelabuhan Baai, Pantai Jakat atau dari Tapak Paderi. Cukup dengan membayar Rp100.000-Rp200.000 untuk mempunyai karcis pulang-pergi. Penyebrangan ke Pulau Tikus menghabiskan waktu sekitar 30-60 menit.

Bagi kalian yang berasal dari luar Provinsi Bengkulu dan memulai perjalanan dari Bandara Fatmawati, dapat memakai taksi atau ojol menuju pelabuhan. Angkutan lazim seperti angkutan perkotaan juga tersedia. Jarak dari Bandara ke Pelabuhan sekitar 10 Km atau 20 menit perjalanan.

Fasilitas

Pulau kecil ini sayangnya belum memiliki fasilitas memadai. Hal ini dikarenakan jaraknya yang cukup jauh dari pemukiman dan sering kali terjadi pengikisan, mengakibatkan cara kerja pembangunan mengalami kesusahan. Sedangkan demikian, kondisi ini tak menyurutkan atensi pelancong untuk datang ke sini.

Penginapan

Pulau kecil ini belum memungkinkan untuk dibangun penginapan. Oleh sebab itu, bagi para pelancong yang mau menginap, direkomendasikan menyewa hotel di Tapi Bengkulu. Sinar jikalau berkeinginan lebih lama mengeksplor Pulau Tikus, alternatifnya merupakan dengan membangun tenda. Tentu semua kelengkapan dibawa sendiri. Jangan lupa membawa persediaan makanan yang cukup.

Di pusat kota Bengkulu, ada berjenis-jenis pilihan penginapan. Salah satunya ialah Cuma Sport Hotel. Berada di Jl Letjend Suprapto, Anggut Dalam, Kecamatan Ratu Samban, Namun Bengkulu. Setelah perlu waktu selama 30 menit dari Udara Fatmawati dan 30 menit dari Pelabuhan. Tarifnya mulai dari Rp272.000.

membaca review di atas, apakah kau mulau beratensi mengunjungi Pulau Tikus? Datanglah bersama kerabat dan peroleh pengalaman menyenangkan tidak terlupakan!

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :