Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Pulau Tabuhan, Kecil & Tak Berpenghuni di Selat Bali – Surga Banget Buat Self Healing!

/
/
/
54 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Pulau Tabuhan sebagai pulau tidak memiliki penghuni yang berada di Selat Bali. Pulau ini cuma selebar 5 hektar tetapi mempunyai kecantikan yang luar biasa. tengah pulau ini berisikan pohon-pohonan hijau yang subur, di kitari oleh pasir putih di sejauh bibir pantai. Air lautnya jernih bergradasi, di mulai dari hijau muda, biru muda sampai biru pekat, bila di saksikan menjauhi bibir pantai.

Pulau Tabuhan

Tiket & Biaya Ke Pulau Tabuhan

Sekarang ini pulau terbuka untuk warga umum. Pengunjung tak perlu bayar ticket masuk ke arah pulau, alias gratis. Tetapi, pengunjung perlu menyiapkan ongkos ticket kapal untuk menuju & keluar pulau. Ada beberapa sarana tambahan yang lain untuk di kontrakkan ke beberapa wisatawan. Biasanya, terapat paket wisata “Trip Pulau Tabuhan” yang tarifnya mulai dari Rp 275.000.

Pulau Tabuhan

Waktu Terbaik Berkunjung

Pulau ini tidak mempunyai jam membuka tertentu tetapi pelancong umumnya tiba pada range jam 08.00-17.00. Untuk mengoptimalkan pengalaman pengunjung di sini, di anjurkan untuk menghindar musim angin barat.

Yang terjadi di antara bulan Desember sampai Maret. Ini karena arus air laut musim ini bawa sampah dari beragam pelosok ke arah bibir pantai. Ini tentu saja dapat mengusik kenyamanan beberapa pengunjung.

Pulau Tabuhan

Daya Tarik & Keindahan Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan mulai memperlihatkan daya tariknya di Festival Kitesurfing Internasional tahun 2014. Tiupan angin yang konstan membuat tempat ini pas untuk olahraga kitesurfing (selancar layang) atau windsurfing (selancar angin).

Festival ini juga kembali di adakan pada tahun 2017 dan tidak tutup peluang untuk kembali di selenggarakan di periode mencatatng. Tidak itu saja, Pulau Tabuhan tawarkan beragam panorama bagus yang pantas untuk dijelajahi.

Pulau Tabuhan
Pantai Pasir Putih Dengan Laut Biru Toska

Demikian memijakkan kaki di pulau ini, pelancong akan disongsong oleh pantai pasir putih yang cantik. Pengunjung dapat bermain air atau berenang di perairan dangkal disekitaran pantai. Saat telah cukup capek, pengunjung bisa juga berlindung dan sekedar duduk rileks di bawah pohon sekalian nikmati situasi pantai yang cantik.

Seterusnya pengunjung dapat jalan-jalan rileks mengelilingi pulau. Cuma diperlukan sekitaran lima belas menit untuk menyisiri pantai pulau ini. Bila pengunjung jalan sedikit ke tengah pulau, karena itu pengunjung akan mendapati salah satu bangunan tetap di pulau ini. Bangunan itu ialah mercusuar warisan periode penjajahan Jepang, yang dahulunya di pakai sebagai tempat pengintaian.

Pulau Tabuhan
Foto Berlatar Pantai Berasir Putih

Tidak susah untuk pengunjung untuk dapat mendapati spot photo yang instagrammable di pulau ini. Tetapi ada dua spot photo yang sangat menarik perhatian. Pertama ialah spot photo ayunan kayu di bibir pantai. Ke-2 ialah spot photo puing-puing bangunan.

Puing-puing ini seperti terlihat dinding bata yang tergenang oleh pasir putih, ada pula yang tergenang air laut, bergantung dari pasang keringnya air. Memburu photo aerial memakai drone tentunya akan hasilkan photo yang memikat karena ada gradasi air laut yang unik.

Pulau Tabuhan
Snorkeling Di Perairan Sekitar Pulau

Perairan di sekitaran Pulau Tabuhan mempunyai air yang relatif tenang dan jernih. Maka dari itu, pengunjung dapat lakukan snorkling di tempat ini. Nahkoda kapal sudah terlatih untuk arahkan pengunjung ke beberapa spot snorkeling terbaik. Tetapi yang paling di referensikan ialah perairan di sebelah utara karena ombaknya lebih tenang.

Pulau Tabuhan

Di mulai dari kedalaman tiga mtr. pelancong dapat menyaksikan beragam biota laut yang menarik, seperti terumbu karang sampai ikan yang berwarna-warna. Tetapi janganlah lupa untuk selalu waspada akan bulu-bulu babi atau karang-karang yang tajam. Musim terbaik untuk lakukan snorkling ialah di bulan Juli sampai September, karena jarak pandang pada masa ini dapat capai 15 sampai 20 meter.

Berkemah Di Pulau Tabuhan

Pengunjung dapat membangun tenda di pulau ini, tetapi harus memperoleh ijin dari petugas di tempat ditambah dulu. Panorama cantik Gunung Ijen, Gunung Raung, dan Baluran yang ada disebelah barat pulau bisa menjadi penyegar mata sepanjang pengunjung tinggal semalam sehari di pulau ini.

Bahkan juga pengunjung dapat nikmati sunrise pada pagi hari dan sunset pada sore hari di lokasi yang sama.

Pulau Tabuhan

Fasilitas

Sekarang ini sarana di Pulau Tabuhan masih minim. Cuma ada warung kecil yang jual minuman dan makanan enteng, dan bedeng simpel untuk ganti baju. Dalam pada itu, penyewaan alat snorkling dan pemondokan paling dekat ada di Pantai Bangsring, titik keberangkatan kapal ke arah Pulau Tabuhan ini.

Rintangan yang lain ialah tidak ada sarana air tawar bersih atau listrik di pulau ini. Karena itu, Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi merencanakan untuk bekerja bersama dengan pengembang untuk tingkatkan prasarana dan fasilitas yang ada.

Selainnya sarana umum, gagasannya empat dari 5 hektar luas pulau ini akan dibuat dikontrakkan dan resor. Ruangan yang masih ada akan ada untuk warga umum untuk bertandang.

Akses Menuju Pulau Tabuhan

Akses paling dekat ke arah Pulau Tabuhan ialah melalu Pantai Bangsring. Dari Kota Banyuwangi pengunjung ditujukan untuk ambil arah Dermaga Ketapang, lalu ke Pantai Watudodol. Selanjutnya turuti panduan jalan untuk sampai ke Rumah Apung. Sesampai di Pantai Bangsring, pengunjung dapat sewa kapal dengan lama perjalanan 15 menit untuk sampai.

Lokasi Pulau Tabuhan

Pulau ini ada di Selat Bali, atau perairan di antara pulau Bali dan pulau Jawa. Tetapi secara administratif, Pulau ini masuk masuk ke wilaya Kabupaten Banyuwangi. Persisnya di Dusun Lebam, Kecamatan Wongsorejo.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :