Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Pulau Pramuka, Pusat Pemerintahan Kepulauan Seribu yang Punya Pesona Bawah Laut yang Menawan!

/
/
/
234 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan

Mulai pikirkan jadwal berlibur untuk akhir minggu depan? Apa lagi untuk Anda masyarakat Jakarta yang selalu bergelut dengan kehidupan kota. Penting rasanya untuk istirahat sesaat di privat beach seperti Pulau Pramuka ini.

Pulau ini tidak lain ialah sisi dari Kepulauan Seribu yang bisa saja tujuan rekreasi terbaik Anda. Ditambah saat ini sudah disokong karena ada fasilitas atau sarana dan fasilitas yang memadai.

Pulau Pramuka

Karena ini, rekreasi pulau ini semakin terkenal tidak cuma di mata pelancong lokal Jakarta saja, tetapi pelancong luar Jakarta.

Dari waktu ke waktu, kunjungan trafik di pulau eksotik ini selalu meningkat. Terdaftar ada peningkatan jumlah pelancong luar negeri yang ikut bertandang ke pulau yang berada di segi Utara Jakarta ini.

Pulau Pramuka

Lalu seperti daya magnetnya? Saat sebelum mengulas sekitar daya magnet pulau ini, kita kupas habis lebih dulu mengenai pulau ini.

Sekilas Tentang Pulau Pramuka

Pulau Pramuka ialah pusat perkotaan dan pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu. Dataran imut ini sebagai salah satunya pulau dari beberapa rangkaian pulau yang berada di Pulau Seribu.

Tempat rekreasi Jakarta ini sekarang sudah jadi sebuah resor besar dengan semua tipe daya tariknya. Pada periode Orde Baru, pulau ini namanya Pulau Elang atau Lang karena ada beberapa burung Elang Bondol disekitaran pulau.

Spesies elang ini selanjutnya perlahan-lahan tersisihkan bertepatan dengan status pulau yang sekarang jadi tempat permukiman. Sementara nama Pramuka, di inspirasi dari jumlahnya aktivitas pramuka yang kerap diadakan di pulau.

Sebagai informasi tambahan, sekitaran tahun 1950-an sampai tahun 1970-an, pulau ini sering jadi lokasi perkemahan Pramuka saat sebelum ada Bumi Perkemahan Cibubur.

Pulau Pramuka

Sama dengan Pulau Pari, lokasi pulau ada di Teluk Jakarta dengan keseluruhan luas sekitaran 16 Ha. Pulau ini jadi tempat tinggal sekitaran 2.000 jiwa yang terbagi dalam beragam tipe suku seperti Betawi, Jawa, Banten, Bugis, dan Madura.

Sebagai sisi dari Pulau Seribu yang bagus, pulau ini sudah diperlengkapi dengan beragam tipe sarana umum, fasilitas transportasi, dan pengajaran.

Daya Tarik

Tahukah Anda jika pulau ini tawarkan daya magnet lainnya dibanding yang lain. Bahkan juga daya magnet itu tidak Anda temui di rekreasi pulau populer mana saja seperti Pantai Ancol.

Mayoritas daya magnetnya ialah beberapa spot baru yang pasti benar-benar Instagramable. Berikut info lebih detilnya untuk Anda.

Pulau Pramuka

Pusat Penangkaran Penyu

Pulau yang ini benar-benar populer sebagai spot penangkaran penyu. Di sini, Anda dan pelancong lain bisa menyaksikan spesies penyu beragam ukuran.

Disamping itu, Anda dapat ikut pada acara pelepasan penyu-penyu saat mereka telah dewasa. Sudah pasti kegiatan ini bisa menjadi pengalaman yang memikat untuk pelancong khususnya anak-anak.

Pulau Pramuka

Tour Taman Nasional Kepulauan Seribu

Tempat pesisir pulau ini tumbuh subur tanaman mangrove seperti yang bisa Anda temui di rekreasi Mangrove Gunung Baru Surabaya. Kedatangan rimba mangrove ini jadikan tempat sekitaran berasa teduh dan sejuk.

Daya magnet lain dari teritori rimba ini ialah kehadiran sebuah jembatan yang paling iconic. Panjang jembatannya capai 500 mtr. dan menghampar di atas tempat laut.

Kombinasi mangrove dan jembatan ini jadi daya magnet tertentu untuk beberapa wisatawan. Mayoritas pengunjung tidak buang peluang untuk berswafoto disekitaran jembatan.

Tidaklah aneh bila jembatan ini masuk daftar spot photo paling favorit di pulau ini. Bahkan juga Anda harus siap berbaris dan menanti gantian jika keadaan pulau ramai wisatawan.

Jelajah Pulau Semak Daun

Bila Anda jadi peserta tur paket rekreasi Kepulauan Seribu, salah satunya tujuan rekreasi yang hendak Anda datangi nanti ialah Pulau Semak Daun.

Pulau ini tidak memiliki penghuni, tetapi pelancong bisa camping di sini. Yang sangat menarik dari teritori pulau tidak memiliki penghuni ini ialah keelokan biota lautnya.

Gunakan peristiwa berlibur di sini dengan beberapa kegiatan bawah laut seperti snorkeling. Anda dapat lakukan photo underwater.

Swafoto Dengan Sunrise dan Sunset

Situasi romantis dapat Anda alami saat berkunjung pulau di saat sunset mendekati atau sunrise. Panorama sunset dan sunrise di ujung pantai pulau ini jadi pemanis bagus untuk latar belakang photo Anda.

Latar belakang ini pasti jadikan berlibur berasa lebih romantis khususnya untuk Anda yang berbulan madu. Tetapi untuk memperoleh peristiwa itu, Anda harus mengetahui kapan waktu terbaik untuk bertandang.

Pulau Pramuka

Supaya tidak ketinggal peristiwa itu, tidak ada kelirunya untuk manfaatkan kontribusi agen perjalanan. Dengan itinerary yang lengkap dan jelas, lawatan Anda jadi makin membahagiakan dan gampang.

Fasilitas

Rekreasi pulau ini terhitung tujuan rekreasi yang paling terkenal di Kepulauan Seribu. Sebagai tempat rekreasi yang terkenal, pasti mempunyai sarana yang komplet buat mendukung kenyamanan beberapa wisatawan.

Sebutlah saja salah satunya misalnya ialah pemondokan sekitaran pulau. Sarana pemondokan ini benar-benar bermacam baik dari sisi rate dan sarana pendukungnya.

Pulau Pramuka

Selanjutnya ada sarana-fasilitas umum seperti mushola yang ada untuk kepentingan beribadah sholat. Sarana selanjutnya ialah pelabuhan sebagai fasilitas lalu-lalang transportasi laut di pulau ini.

Lalu ada pula sarana TPI atau Tempat Pelelangan Ikan yang dapat menjadi tempat Anda berbelanja beragam tipe ikan segar. Ikan-ikan yang berada di sini dapat Anda menjadikan alternative oleh-olehan ciri khas Jakarta untuk beberapa orang di rumah.

Ada pula sarana paket rekreasi yang cukup bermacam opsinya, sesuai jumlah peserta tur dan lama waktunya tur (dalam perhitungan hari). Beberapa biro perjalanan umumnya sediakan beberapa sarana sebagai berikut:

  • Transportasi ferry atau speedboat pulang-pergi
  • Penginapan, villa, atau homestay
  • Makan
  • Tour guide

Beberapa sarana di atas ialah sarana basic yang dapat Anda peroleh sepanjang lawatan wisata. Bahkan juga di sejumlah agen pariwisata, sarana tambahan untuk kegiatan yang lebih hebat bisa juga Anda coba misalnya:

  • Perlengkapan snorkeling
  • Pemandu snorkeling
  • Barbeque
  • Camera underwater
  • Banana boat

Anda juga bisa bertandang ke sejumlah tempat rekreasi paling dekat seperti pusat penangkaran hiu. Nach, untuk sarana seperti restaurant, toilet, dan sarana umum yang lain, dapat Anda cicipi di pemondokan masing-masing.

Restaurant di mayoritas pemondokan umumnya menyuguhkan beragam tipe kulineran Nusantara. Tetapi banyak restaurant yang jual menu makanan ciri khas Jakarta populer komplet dengan jajan tradisionilnya.

Anda dapat menemui sentral souvenir ciri khas Pulau Seribu yang cuma berada di pulau ini. Barang yang ada umumnya produk lokal yang unik seperti kerajinan anyaman, kaos, lain-lain, dan topi.

Ada pula tipe produk yang lain berbentuk kulineran ciri khas Pulau Seribu. Kesedapan rasa dari kulinerannya juga tidak kalah atas tempat rekreasi kulineran Jakarta populer yang berada di pusat perkotaan.

Harga Tiket Masuk Pulau Pramuka

Agar bisa berlibur hebat di sini, mayoritas pelancong umumnya cenderung pilih paket rekreasi yang ditawari oleh travel organizer. Selainnya akan lebih irit, sarana yang komplet membuat berlibur mereka jadi mudah.

Tetapi bila Anda ingin berlibur di pulau ini tanpa memakai service paket rekreasi, sudah pasti bisa. Anda cuma perlu ongkos untuk sewa alat transportasi saja yang rerata ongkos kontraknya cukup murah.

Lokasi dan Rute Menuju Pulau Pramuka

Rekreasi pulau ini ada di alamat Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jalur yang dapat Anda tentukan yakni dari Dermaga Kali Dingin Muara Angke lalu langsung ke arah pulau yang jadi tujuan Anda.

Nach, untuk tipe transportasi, ada banyak opsi, yakni speedboat, kapal ferry, kapal tradisionil, atau kapal PELNI.

Jam Operasional Pulau Pramuka

Tempat rekreasi ini tidak mengaplikasikan mekanisme jam operasional. Hingga Anda dan beberapa pelancong yang lain bisa tiba kapan saja dan di jam berapapun bergantung penyeberangan.

Bahkan juga Anda bisa bermalam di villa, homestay, atau pemondokan lain disekitaran pulau untuk menanti saat yang pas. Bagaimana, sudah tidak sabar untuk menyongsong liburan akhir minggu Anda?

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :