Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Pulau Oar, Pulau Mini yang Seluas Lapangan Bola di Banten – Gak Bakal Capek Buat Explore Seluruh Pulau!

/
/
/
71 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Taman Nasional Ujung Kulon kemungkinan tidak asing di telinga. Teritori yang telah jadi peninggalan dunia ini mempunyai bermacam beberapa pulau kecil di sekelilingnya. Dari beberapa pulau ada satu yang unik dan menarik yakni Pulau Oar. Berada di samping barat TN Ujung Kulon dan tidak jauh dari Pulau Umang. Karena yang cuma selebar lapangan sepakbola kerap kali disebutkan dengan Pulau Mini.

Pulau Oar

Cuma memiliki jarak 20 menit perjalanan dari dermaga Sumur, pulau ini pasarkan situasi alami dan asri. Dengan keunikan pasir putih halus dan sarat dengan pohon-pohonan rindang. Disamping itu deburan ombaknya relatif kecil jadikan tempat ini pas untuk beragam aktivitas air. Keadaan airnya juga masih bersih dan bebas sampah jadi keunggulan tersendiri.

Harga Tiket Masuk Pulau Oar

Untuk lawatan ke Pulau Oar berlaku mekanisme paket. Pelancong cukup bayar sekali untuk biaya pulang-pergi memakai kapal, ongkos masuk pulau dan hal pemberian izin untuk berkemah. Ongkosnya juga masih terjangkau. Karena satu perahu dapat memuat sampai 10 orang.

Pulau Oar
  • Perahu Pulang-Pergi, biaya masuk, izin berkemah, Rp500.000
  • Perahu untuk menyeberang ke pulau saja, biaya masuk, Rp250.000
  • Snorkeling, Rp45.000

Jam Buka

Untuk jam operasinya sendiri di Pulau Oar membuka dari pagi sampai sore hari, lebih tepatnya mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Karena cuma di saat itu beberapa kapal yang mengantarkan beroperasi. Saat malam tidak ada penyeberangan karena tidak beresiko dan bagus.

Pulau Mini Yang Masih Alami

Memikirkan pulau kecil dan bebas sampah, hal tersebut rupanya betul-betul dapat dijumpai di Pulau Oar. Cuma memiliki ukuran lebih kurang sebesar lapangan sepakbola, kawasannya berasa seperti sebuah pulau pribadi. Pasir putih yang halus bersatu sama air biru yang jernih sebagai hidangan utama. Selanjutnya di tempat tengah pulau ada tempat rimba yang lebat. Bahkan juga dalam rimba masih ada hewan liar.

Beberapa satwa yang menempati rimba Pulau Ora misalkan monyet, kadal-kadal kecil sampai bermacam burung. Tetapi spesiesnya tinggal sedikit karena tsunami yang terjadi pada tahun 2018.

Pulau Oar

Untuk yang cari ketenangan pulau ini arah yang cocok. Tempatnya masih relatif sepi dan jarang-jarang lawatan wisatawan. Disamping itu bibir pantai yang bebas karang dengan ombak relatif kecil hingga mempermudah bila ingin melakukan aktivitas di tempat perairannya. Pelancong dapat berenang atau snorkeling menyaksikan keelokan bawah laut.

Perjalanan Menuju Ke Pulau Oar

Untuk dapat sampai ke Pulau Oar, pelancong harus seberang dengan perahu dari Dermaga Sumur. Perahunya masih tradisionil yang umum digunakan nelayan untuk cari ikan. Cuma memerlukan waktu sekitaran 15-20 menit untuk sampai ke pulau.

Sepanjang seberang panorama lautan Banten yang elok akan temani perjalanan. Di sejauh perjalanan akan kelihatan rangkaian bukit-bukit yang memanjang. Lautan biru yang tenang membuat perjalanan berasa membahagiakan.

Keindahan Bibir Pantai

Sesampai di Pulau Oar, pelancong langsung akan takjub dengan daya tarik rentang alamnya. Bibir pantai yang agak miring dengan pasir putihnya seolah menyihir untuk selekasnya turun dari perahu dan bermain. Pasinya pantainya benar-benar lembut dan bebas dari batu-batuan karang. Airnya juga benar-benar bersih dan jernih tanpa sampah. Terdapaat banyak batang-batang kayu yang menambahkan kesan-kesan alami dari tempat ini.

Pulau Oar
Berenang Di Air Yang Jernih

Ombak di Pulau Oar ini relatif aman dan tidak besar, hingga pas untuk bermacam kegiatan air. Pelancong dapat berenang di tempat tepiannya.

Tempatnya perairannya bebas karang hingga aman untuk bergerak bebas di di air tanpa cemas kaki terluka. Airnya yang paling jernih dan beri kesegaran membuat siapa pasti kerasan berenang di pulau ini. Waktu terbaik untuk bermain air ialah saat sore hari atau pagi.

Snorkeling

Bila ingin suatu hal yang lain, pelancong dapat coba aktivitas snorkeling. Telah ada tempat persewaan beberapa alat snorkeling disekitaran pulau. Untuk yang belum biasa tidak boleh cemas karena akan mendapatkan pengiring.

Sepanjang snorkeling pelancong dapat nikmati keelokan bawah laut yang memukau. Bentangan terumbu karang dengan ikan beragam warna yang menganakemaskan mata. Tidak itu saja, bermacam spesies laut akan gampang dijumpai. Dimulai dari kuda laut, ubur-ubur, bintang laut dan ada banyak lagi.

Berkemah Di Pulau Oar

Karena kawasannya yang alami, pulau ini benar-benar bagus untuk aktivitas berkemah. Pelancong bisa membangun tenda di tempat pinggir pantai di bawah pohon-pohonan. saat malam hari situasi demikian syahdu. Alam yang tenang bersatu dengan deburan ombak dan gemeresik daun membuat peristiwa yang menentramkan. Pelancong juga dapat membuat api unggun.

Pulau Oar

Fasilitas 

Sebagai pulau yang masih alami, sarana yang ada juga masih minim. Tetapi telah ada banyak sarana pendukung yang paling bermanfaat untuk wisatawan. ada toilet dan kamar mandi dan gazebo untuk bersantai.

Lokasi Pulau Oar

Secara administratif pulau ini beralamat di Kertajaya, Kec. Sumur, Kabupaten Pandeglang. Tempatnya berdekatan dengan Pulau Umang yang telah lebih dikenal. Memiliki jarak sekitaran 15-20 menit penyeberang dari Dermaga Sumur.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :