Pulau Maratua, Salah Satu Pulau Terindah di Indonesia dengan Kekayaan Bawah Laut yang Jadi Surganya Para Penyelam

/
/
/
267 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan

Kalimantan sebagai salah satunya Pulau yang paling besar di Indonesia. Tidak itu saja, teritori rimba tropis terluas ke-2 di bumi ini jadi paru-paru dunia hingga rimba dengan juta-an hektar ini perlu di lestarikan. Karena sangat besarnya banyak nuansa alam yang demikian cantik jarang-jarang tersentuh oleh beberapa orang. Satu di antaranya pulau Maratua. Tujuan satu ini pas sekali buat kamu yang healing karena depresi akan jemunya tugas yang tidak ada habisnya.

Pulau Maratua

Pulau Maratua menyuguhkan banyak spot photo yang paling menarik. Di tambah dengan pasir pantainya yang paling halus, bersih dan putih. Nach, saat kamu menyelam di perairan pulau ini, bentangan biota laut terhitung terumbu karang siap membuat mu terpana. Pulau ini secara geografis tercipta seperti huruf U yang di kitari oleh terumbu karang yang paling menakjubkan.

Pulau Maratua ini cuma di tempati sekitaran 3000 warga saja. Di mana ada empat dusun yang semua datang dari suku Bajo. Karena ada di area rangkaian pulau, karena itu warga sekitaran sebagian besar bermata pencarian sebagai nelayan. Untuk kamu yang hoby snorkeling atau diving, pulau Maratua jadi opsi yang paling cocok. Kecantikan bawah laut pulau Maratua sayang sekali jika di lewati.

Pulau Maratua

Sejarah Pulau Maratua

Riwayat pulau ini bermula dari sebuah pernikahan yang dengan bahasa Jawa di sebutkan dengan Mertua. Pernikahan ini di adakan dengan sebuah kapal karena tinggal di dua pulau yang berbeda. Sampai di tenag perjalanan nampaklah badai di barengi angin ribut hingga membuat kapal pengantin ini terumbang-ambing sampai usai dengan menghantap karang dan pecahlah kapal ini membuat semua penumpang kapal tenggelam.

Gagalnya tatap muka pernikahan ini membuat anggota yang mempelai preempuan tidak jadi menikah dan jadikan panggilan untuk nama pulau di sekitarnya. Pulau Derawan mempunyai panggilan dari si calon mempelai wanita yang perawan. Dan calon mertua dari wanita jadikan nama sebuah pulau Maratua.

Pulau Maratua

Daya Tarik Pulau

Lautan yang biru membuat daya magnet khusus untuk wisatawan. Selainnya keelokan alamnya, kamu dapat nikmati lucunya beberapa penyu yang ada pesisir pantai sampai berpeluang menyaksikan penyu bertelur. Keelokan yang di nanti-nantikan di pulau Maratua ialah daya tarik sunrise dan sunsetnya yang super menakjubkan. Jejeran pulau dan luasnya lautan dan tidak ada rintangan apa saja membuat sinar matahari keluar dan terbenam benar-benar cantik.

Tidak itu saja, keelokan alam yang lain seperti gua-gua dan danau air tawar membuat beberapa pelancong kagum. Bila kamu ingin nikmati tempat beberapa pulau yang lain kamu bisa sewa perahu nelayan dan berkeliling-keliling nikmati cantiknya pulau Semut, Pulau Sadau, Pulau Nusa Kokok dan pulau yang lain yang kelihatan benar-benar cantik.

Pulau Maratua

Lokasi dan Akses Menuju Pulau

Pulau elok ini berada di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Pulau ini jadi tempat tepian di antara negara Indonesia, Malaysia dan Filipina. Beberapa alternative dapat kamu tentukan ke arah pulau Maratua ini ibarat lajur laut atau lajur udara. Untuk lajur laut kamu dapat memakai kapan boad dari dermaga Tanjung Redeb ke Pulau Maratua yang di lakukan sepanjang 3-4 jam perjalanan.

Untuk lajur udara, kamu perlu memerlukan waktu sekitaran 20 menit saja. Tetapi ongkos yang kamu mengeluarkan tentunya lebih banyak. Tipe pesawat yang umum layani dari Lapangan terbang Juwata Tarakan, atau dari Lapangan terbang Kalimaru Berau ialah tipe ATR atau pesawat cessna dan landing di Lapangan terbang Maratua.

Pulau Maratua

Kegiatan Seru

Berekreasi ke Maratua tentunya tidak lain ialah diving dan snorkeling. Biota laut pulau Maratua sangat cantik, kamu akan mendapati beragam tipe ikan speerti fringing reefs, rimba mangrove, dan beragam padang lamun yang paling cantik. Terasanya ada di surga bawah laut. Spot diving di pulau Maratua yang terpopuler ialah Jetty Dive Spot.

Di sinilah kamu akan melihat ikan buaya harlequin shrimp, ikan mandarin, lobster, sampai terumbu karang raksasa yang super menarik. Di samping itu kamu dapat melihat penyu hijau yang lucu sampai komunitas hiu yang siap temani rekreasi berlebihan mu. Bagian lain kamu akan meneumkan komunitas belut laut sampai di beri nama taman Eel Garden.

Pulau Maratua

Selain itu kamu akan mendapati dinding vertikal antara terumbu karang tipe black coral trees yang tumbuh benar-benar subur. Keelokan ini akan kamu cicipi cuma di bentangan terumbu karang bawah laut pulau Maratua. Buat kamu yang baru belajar diving atau untuk yang baru memulai kamu akan di tujukan ke Cabbage Garden. Panoramanya tidak berbeda jauh dengan Hanging Garden di mana spot terumbu karang ini menyim[pan banyak iakn ikan kecil warna warni yang paling cantik.

Kulineran Pulau Maratua

Menelusuri alam Maratua rasa-rasanya ada yang kurang bila kamu tidak mencicip makanan ciri khas Maratua. Pulau Maratua tereknal dengan hidangan sate payau, nasi bekepor, gence ruan, ayam cincane, sambal raja. Nama kulineran ini jadi opsi paling populer di lapisan traveler.

Namun rasa yang membuat beberapa pelancong akan tambah ialah gence ruan, salah satunya tipe masakan olahan dari ikan gabus. Ikan ini diolah dengan dibakar memakai bumbu oseng di atas bara api. Kemudian diberi dengan sambal goreng dengan cita-rasa yang pedas, manis, asin bersatu manjdi satu. Makanan ini jadi lebih nikmat dikonsumsi sambil kegiatan snokeling atau diving.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :