Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Liburan ke Sulsel, Yuk! Pantai Mandala Ria Menunggu Buat Kamu Kunjungi – Lihat Keindahannya Buat Obat Rindu Berlibur!

/
/
/
164 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Pantai Mandala Ria merupakan tidak benar satu pantai yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai yang berada di pesisir Teluk Bone ini merupakan keliru satu pusat wisata unggalan memiliki kwalitas internasional di Sulsel. Pada tahun 2017, pantai ini sudah di tetapkan menjadi Warisan Budaya Dunia Tak Benda oleh UNESCO.

Pantai Mandala Ria
Photo by @setapakkecil

Nama Mandala berasal berasal dari seorang panglima bernama Mandala. Rupanya ada kaitan erat antara pantai ini dengan pembebasan Irian Barat. Di mana kala itu Panglima Mandala memesan 24 kapal phinisi untuk melawan penjajah kolonial dan dapat mengalahkan Belanda.

Pantai Mandala Ria
Photo by @afrilianursal

Untuk sampai di pantai ini, wisatawan perlu perjuangan karena jalur yang sedikit sempit. Namun, panorama alami yang ada di sepanjang perjalanan bakal menjadi suguhan yang menyenangkan untuk di kenang. Tak cuma itu, pantai ini terlampau cocok untuk yang tengah mendambakan menepi dari hiruk pikuk keramaian kota.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mandala Ria

1. Panorama Alami

Sebagai objek wisata yang masih terbilang memadai baru, Pantai Mandala Ria punya keadaan alami yang masih benar-benar terjaga. Pantai pasir putih ini memiliki langit yang biru dan air laut yang jernih. Selain itu, yang unik berasal dari pantai ini adalah lokasinya yang di apit oleh laut dan lembah supaya panas di saat siang dan dingin ketika malam hari.

Pantai Mandala Ria
Photo by @ara.bersinar

Laut Sulawesi Selatan merupakan rumah bagi terumbu karang dan biota laut. Air laut yang jernih memberi kesempatan pada wisatawan untuk lihat panorama laut yang ada. Tak cuma terumbu karang, Anda kemungkinan saja bisa menyaksikan ikan-ikan yang tengah berenang nikmati harinya.

2. Punya Nilai Historis Tinggi

Photo by @husna2401

Penamaan pantai ini di dasarkan pada kisah sejarah Panglima Mandala yang memesan 24 kapal di desa ini untuk melawan penjajah. Pasukan Panglima Mandala mendapat julukan “armada semut” karena ukuran kapal yang kecil. Usaha panglima ini menghasilkan kemenangan bersama dengan pembebasan Irian Barat.

3. Dekat bersama dengan Wisata Alam Lainnya

Bulukumba merupakan kawasan yang miliki banyak pantai. Keindahan berasal dari tiap-tiap pantai termasuk tak sanggup di ragukan lagi. Di dekat lokasi Pantai Mandala Ria juga terdapat sebagian pantai lain seperti Pantai Tanjung Bira, Bara, Marumasa, Kaluku, Pangala, Pusahelu,Lemo-Lemo, Pulau Liukanglu dan Apparalang.

Pantai Mandala Ria
Photo by @ariewhyudi_rhmt

Pantai yang secara geografis terletak di antara laut dan lembah ini termasuk mempunyai gua yang patut untuk di kunjungi. Terdapat dua gua yakni Gua Passohara dan Gua Passea. Gua Passohara adalah gua yang terkandung mata air berusia ribuan tahun. Sedangkan di dalamnya ada Gua Passea yang merupakan situs pemakaman untuk orang Ara kuno.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Mandala Ria

Wisata Pantai Mandala Ria terdapat di Desa Ara, Lembanna, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Tempat ini berjarak sekitar 35 km dari Kota Bulukumba dan 10 km berasal dari Pantai Tanjung Bira. Sedangkan waktu tempuhnya, memakan waktu empat sampai lima jam berasal dari kota Makassar.

Photo by @pemudapemudibatuaraya06

Petunjuk arah menuju pantai ini telah tersedia, sehingga wisatawan mampu bersama ringan mendapatkan pantai ini. Jika berangkat berasal dari kota Makassar, perlu selagi sekitar empat jam untuk sampai di Kabupaten Bulukumba.

Pantai Mandala Ria
Photo by @idhaamu

Setelah memasuki Kabupaten Bulukumba, Anda hanya wajib mengikuti jalan poros Bulukumba-Bira. Kurang lebih 45 menit perjalanan, akan nampak papan penunjuk jalur menuju Apparalang. Dari sini Anda cuma mesti mengikuti penunjuk jalan untuk hingga ke wilayah Mandala Ria.

Photo by @muhawalagus

Ketika singgah ke pantai ini, pengunjung perlu waspada mengingat akses jalur yang tidak mulus. Kondisi jalan kecil, berkelok dan terdapat turunan tajam. Pengunjung dapat lewat jalur dengan bebatuan kecil yang terjal. Akses jalur ini sanggup di lewati kendaraan roda dua maupun empat. Jadi, anda tak perlu khawatir akan tidak muat saat melewatinya.

Photo by @renachaerunnisaa

Untuk pengunjung yang berencana tidak menginap, dapat lebih baik jika lakukan perjalanan di pagi hari. Mengingat keadaan jalan yang sedikit gelap gara-gara minimnya penerangan kala malam hari. Untuk memasuki lokasi pantai yang berada di Bonto Bahari ini, wisatawan dikenakan tiket sejumlah Rp 5.000,- dan Rp 10.000 untuk camping. Pantai ini senantiasa terbuka sepanjang 24 jam.

Fasilitas

Berbagai fasilitas ada di Pantai Mandala Ria untuk mendukung aktivitas wisata pengunjung. Di pantai ini terdapat gazebo yang berjejer yang dapat digunakan untuk area istirahat dan bersantai para wisatawan. Jadi, anda tak perlu risau kehausan dan kelaparan pula gara-gara penjual makanan dan minuman ada di sini.

Photo by @cantengphokha

Selain itu, pengelola juga menyediakan spot foto berupa ayunan kayu yang terletak di tepi pantai yang sanggup dimanfaatkan pengunjung untuk mengabadikan momen. Selain itu, terdapat pula lahan khusus untuk parkir kendaraan.

Photo by @andii_nurrahmatullah

Daya tarik pantai pasir putih Mandala Ria bisa menarik wisatawan yang mengidamkan kondisi tenang dan damai layaknya punya pribadi. Panorama yang indah dan situasi yang masih alami menyebabkan pantai ini layak dimasukkan ke di dalam agenda area yang harus dikunjungi setidaknya satu kali selama hidup Anda. Jadi, kapan mau kesini?

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :