Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Pagubugan Melung, Wisata Kolam Renang di Alam Terbuka Tengah Sawah yang Menyejukkan

/
/
/
38 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Pagubugan Melung adalah tempat rekreasi yang tawarkan pengalaman berenang di alam terbuka. Kolam renang yang di buat di tempat selebar 120 hektar di tengah-tengah tempat persawahan. Selainnya kolam renang, di sini ada taman tanaman hias, gubug, dan tempat berpose yang menarik. Di sini pengunjung bisa nikmati pemandangan sawah yang berwujud terasering. Tidak itu saja, di sini dapat kelihatan bukit-bukit hijau yang asri.

Pagubugan Melung

Ide tujuan rekreasi ini berdiri atas dasar kenangan masyarakat sekitaran akan kehidupan di periode lalu. Dulu, anak-anak kerap berenang di sungai sekalian menanti beberapa orangtua yang bertani di sawah. Air kolam di sini datang dari mata air jernih yang berada di Gunung Slamet hingga tidak memiliki kandungan kaporit. Nama pagubugan tersebut menurut riwayat sebuah tempat dengan batu besar untuk berlindung.

Harga Tiket Masuk Pagubugan Melung

Untuk nikmati rekreasi di sini pengunjung perlu bayar ticket masuk yang harga cukup terjangkau, Rp 10.000 saja per orang. Dengan ticket masuk itu, pengunjung bisa nikmati semua sarana yang tersedia. Ongkos itu belum terhitung ke ongkos parkir.

Pagubugan Melung

Jam Buka

Pagubugan Melung membuka tiap hari dari pagi sampai sore hari, lebih tepatnya mulai pukul 07.30-16.00 WIB. Jika akan berekreasi kesini seharusnya tiba pada mendekati sore atau pagi. Karena lokasinya yang ada di tempat persawahan, maka benar-benar terik di siang hari.

Wisata Kolam Renang Di Tengah Sawah

Daya magnet khusus yang berada di sini yakni rekreasi berenang di tengah-tengah tempat persawahan. Kolam renang ini di buat untuk menambahkan jumlah pengunjung yang datang. Pada awalnya, di sini cuma ada rekreasi irigasi sawah. Tetapi, bersamaan karena ada kolam renang, pengunjung yang tiba juga bertambah. Di hari biasa ada sekitaran 150 pengunjung dan 500 orang di hari libur.

Pagubugan Melung

Air kolamnya mengambil sumber dari mata air Gunung Slamet yang alami. Hal tersebut membuat kolam ini tidak memakai kaporit untuk menjernihkan airnya. Disamping itu, di sini ada kolam untuk memendam kaki. Ada air terjun bikinan yang memiliki ukuran kecil dari sisi kolam itu.

Berkemah Di Pagubugan Melung

Selainnya berenang, di sini pengunjung dapat nikmati panorama alam yang asri. Panorama itu yakni bukit-bukit yang hijau dan bentangan sawah terasering. Selanjutnya, saat cuaca ceria, bisa kelihatan panorama gumpalan awan atau cantiknya semburat sinar matahari terbenam.

Untuk nikmati panorama semakin lama, ada tempat untuk aktivitas berkemah. Dengan bawa tenda dari rumah, situasi perdesaan yang kental benar-benar terasa. Kemping di tengah-tengah sawah bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Area Foto Keren

Sekalian nikmati panorama, janganlah lupa untuk berfoto. Ada banyak tempat photo unik seperti Selfie Deck di atas sawah dan Jembatan Manggis. Pada ujung jembatan ini, ada hiasan yang serupa gunungan wayang. Di samping itu ada latar photo dari bambu yang tersusun membuat hati. Beberapa batu di sini menyengaja di cat berwarna-warna untuk menambahkan daya tarik.

Pagubugan Melung

Selainnya beberapa tempat photo itu, ada jalan setapak yang memotong persawahan. Jalan setapak ini di buat dari formasi batu kali. Pada kanan dan kirinya terhampar tempat sawah yang luas. Saat musim tanam, panorama sawah akan kelihatan hijau. Lalu, saat musim panen akan terbentang panorama padi yang menguning. Berpose di sini akan tampilkan situasi perdesaan yang alami. Jalan setapak ini melewati air terjun bikinan di pinggirnya. Beberapa terlihat manfaatkan tempat ini sebagai tempat berfoto.

Wisata Kuliner

Sesudah capek berenang dan jalan-jalan, pengunjung bisa pesan beberapa menu makanan lezat di sini. Pemesanan bisa dilaksanakan lewat cara online lewat program WhatsApp. Disamping itu, makanan di sini dapat di bayarkan memakai QRIS. Maka pengunjung perlu duduk dan menanti makanan di antar.

Pagubugan Melung

Ada dua makanan favorite di sini. Makanan itu yakni tempe pecel sayur dan mendoan. Ke-2 makanan itu pas bersatu dengan satu gelas teh hangat. Umumnya, pengunjung akan duduk di gubuk yang ada sekalian menyaksikan sawah untuk nikmati sajian ini.

Pembayaran Serba Cashless

Dengan ikuti perubahan tehnologi, pembayaran di Pagubugan Melung bisa dilaksanakan secara online. Di tempat rekreasi ini, pengunjung bisa lakukan scan barcode QRIS untuk tiap pembayaran. Pengembangan pembayaran itu dapat terwujud karena koneksi internet yang telah baik di sini.

Pembayaran memakai QRIS di tempat ini misalkan untuk parkir, ticket masuk, sampai beli makanan. Mekanisme ini bisa terima semua bank di Indonesia. Walau telah terima secara cashless, tempat ini tetap terima pembayaran memakai uang tunai.

Fasilitas Di Pagubugan Melung

Pagubugan Melung mempunyai sarana yang termasuk komplet, diantaranya kolam renang dan beberapa warung makan. Sarana yang lain yakni tempat untuk bermain anak, tempat kemping, kolam renang, dan beberapa tempat berfoto. Disamping itu, di sini juga ada toilet umum, kamar mandi basuh, musala, tempat parkir yang luas.

Pagubugan Melung

Lokasi 

Lokasi Pagubugan Melung ada di Dusun Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah. Bila pergi dari pusat Kota Purwokerto, pengunjung perlu tempuh perjalanan sepanjang 17 km sepanjang 44 menit. Jalanan ke arah lokasi telah beraspal, tetapi turun dan naik. Pengunjung berharap waspada saat lewat jalan ini, ditambah saat musim hujan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :