Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Magelang Miliki Nepal Van Java yang Bisa Jadi Pilihan Destinasi Wisata – Sempatkan Kesini Setelah dari Borobudur!

17 Views
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Destinasi wisata di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bukan hanya Candi Borobudur. Ada satu kembali sedang populer, yaitu Nepal Van Java.

Photo by @amazingshots_drone

Nepal Van Java tersebut tepatnya berada di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Boleh dibilang ini dusun tertinggi yang berada di Kabupaten Magelang.

Sekilas Tentang Nepal Van Java

Jauh sebelum dikenal sebagai Nepal Van Java, Dusun Butuh merupakan keliru satu jalur pendakian menuju Gunung Sumbing. Di dusun ini pula terdapat basecamp pendakian menuju Gunung Sumbing. Sebagai penanda untuk jalan pendakian di pintu masuk menuju dusun ini dibangun patung seorang pendaki.

Photo by @iyutmahira

Nah belakang ini, Dusun Butuh, Desa Temanggung yang lebih di kenal bersama sebutan Nepal Van Java. Sejak meraih julukan Nepal Van Java, dusun ini makin ramai di kunjungi wisatawan dari bermacam daerah. Bahkan, Menparekraf Sandiaga Uno belum lama ini datang ke wisata unik satu ini.

Akses Menuju Lokasi Nepal Van Java

Untuk menggapai tempat wisata ini, traveler berasal dari luar kota dapat masuk lewat Kota Magelang. Kemudian, dari arah Kota Magelang menuju arah Kecamatan Bandongan. Nantinya setelah sampai kawasan Pasar Bandongan, wisatawan tetap lurus ikuti jalur sampai di pertigaan. Di sana tersedia papan penunjuk arah menuju Kaliangkrik (belok kiri).

Photo by @mahesa.niu

Kemudian, tetap menyusuri jalur ini sampai hingga di kawasan Pasar Kaliangkrik. Setelah itu, tetap menyusuri jalan ini bakal mendapatkan pertigaan ambil yang arah menuju Sutopati (belok kanan). Perjalanan ini nanti sampai menemukan Balai Desa Temanggung, sesudah itu tidak jauh berasal dari situ nanti belok kanan. Di situ tersedia papan penunjuk arah menuju desa wisata ini.

Kesiapan Kendaraan yang Prima

Untuk wisatawan yang singgah dari luar daerah, pastikan sepeda motor, mobil privat maupun shuttle yang anda gunakan dalam baik. Dalam artian kendaraan bermotor yang di pakai kuat melewati jalur menanjak dan jalan yang tidak begitu lebar.

Photo by @sucirmdni.ar

Khusus bagi wisatawan yang berkunjung naik sepeda motor, terutama model matic, pastikan suasana kendaraan dan rem. Sebab, dari kawasan Balai Desa Temanggung ini, suasana jalannya menanjak konsisten hingga Dusun Butuh.

Photo by @ryknroll

Saat ini, pengunjung terhitung tak kudu khawatir untuk sampai lokasi, sebab wilayah telah dapat di lacak melalui google maps. Adapun sesudah sampai di wilayah parkiran sepeda motor dan mobil lokasinya berbeda. Lokasi parkiran ini ramai sekali waktu libur maupun weekend.

Tiket Masuk & Day Tarik Wisata

Setelah dari parkiran, wisatawan belanja tiket masuk sebesar Rp 8.000 per orang. Di sini termasuk tersedia ojek bagi wisatawan yang inginkan keliling Dusun Butuh. Nantinya pengunjung yang naik ojek dapat di pandu menuju beberapa spot selfie yang ada.

Photo by @nisayunitasari

Sepanjang keliling tempat ini, wisatawan sanggup menikmati menu makanan di warung-warung yang ada. Kemudian untuk oleh-oleh dapat sayuran hasil berasal dari petani di lereng Sumbing.

Photo by @xiosama_m

Setelah puas menikmati keindahan Nepal Van Java, bagi pengunjung yang naik motor matic pulangnya sanggup melalui jalur berbeda. Adapun rute yang sanggup di lewati melewati Sukomakmur, Kajoran.

Photo by @susiwindarti_

Pulang melewati jalur ini bakal menikmati panorama lahan pertanian yang indah sekali. Bagi yang senang foto-foto sanggup menikmati jalan ini, sekalipun rutenya agak jauh, tetapi jalurnya lebih aman.

Photo by @nisayunitasari

Bagi pengunjung yang mampir naik sepeda motor type matic untuk menghindari keamanan pas pulang di rekomendasikan melalui Desa Sukomakmur. Sekalipun rute untuk pulang lebih lama, tapi relatif aman.