Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

7 Kuliner Legendaris Kota Bandung yang Patut Dicoba – Berdiri Hampir Seratus Tahun!

/
/
/
3180 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 4 Average: 2.8]

Kuliner Legendaris Kota Bandung – Kota Kembang sangat populer sebagai salah satu destinasi unggulan warga Jakarta dan sekitarnya untuk berlibur. Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh, Bandung juga jadi surga masakan bagi para wisatawan yang datang. Bukan cuma banyak resto dan kuliner kekinian, di Bandung juga punya banyak tempat makan jadul yang melegenda, lho.

Photo by @bandung_eatery

Untuk kamu penggemar makanan tempo dahulu, seharusnya tak boleh melewatkan kulineran di Bandung. Pasalnya, Kota Bandung memiliki segudang tempat makan peninggalan Belanda. Menu yang tersaji juga masih menggunakan resep asli zaman dulu.

Daftar Tempat Kuliner Legendaris di Bandung

Apakah kau siap untuk kulineran jadul di Bandung? Biar tak salah pilih tempat, ayo simak saran resto legendaris Bandung di bawah ini!

Mie Naripan (Sejak 1965)

Untuk kamu penggemar mie, jangan sampai terlewatkan mencicipi Mie Naripan yang menjadi salah satu masakan legendaris Bandung. Tempat makan jadul ini sudah berdiri sejak 1965. Walaupun begitu, rasa mi yamin Mie Naripan masih konsisten menjadi favorit banyak orang hingga kini.

Photo by @joicepapilaya

Mie yamin non-halal senantiasa jadi incaran pengunjung Mie Naripan. Jangan heran seandainya kalian akan menemukan antrian yang panjang di daerah makan yang terkesan simpel ini, ya.

Photo by @ceritayessica

Selain Mie Yamin, di tempat ini juga ada bakso kuah, bihun, yahun, nasi goreng dan bubur ayam. Tidak hanya lezat, namun porsinya juga jumbo. Pantas buat kamu yang lagi keroncongan.

Domisili: Mie Naripan, Jl. Naripan No.108, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Bandung
Jam Buka: Setiap Hari pukul 08.30 – 20.30 WIB

Sumber Hidangan (Semenjak 1929)

Salah satu Kuliner Legendaris Kota Bandung yang tidak boleh terlewatkan yakni roti-roti di Sumber Hidangan. Kios roti ini masih berdiri di gedung yang sama mulai pertama kali beroperasi pada tahun 1929 silam hingga sekarang. Jangan harap, kalian akan berjumpa dengan colokan listrik atau WiFi. Pemiliknya masih mempertahankan ornamen dan arsitektur zaman dulu dari kios roti Sumber Hidangan ini. Malahan, mesin kasirnya juga masih menggunakan mesin kasir jadul.

Photo by @anakjajan

Kamu bisa membeli pelbagai jenis roti dan kue kering di sini dengan rasa yang absah. Jangan terkejut jika menu yang kamu temukan masih memakai bahasa Belanda, ya. Mulai Suiker Hagelslag, Vruchten zandtaart, Krentenbrood, Nesselrode, dan masih banyak lagi.

Kuliner Legendaris Kota Bandung
Photo by @hey.boooy

Domisili: Sumber Hidangan, Jl. Braga Nomor 20-22, Braga, Sumur Bandung, Bandung
Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 09.30 – 15.30 WIB

Tizi (Sejak 1967)

Tempat makan yang berada di Jl. Dago ini juga salah satu tempat untuk mencicipi Kuliner Legendaris Kota Bandung. Tizi menghadirkan konsep ruangan semi outdoor dengan ciri khas taplak meja bermotif kotak-kotak. Selain itu, restoran yang telah ada semenjak 1967 ini juga menerapkan furnitur vintage yang ikonik. Benar-benar penuh nostalgia.

Photo by @rika_dinarjanti

Menu Tizi yang seharusnya kamu coba di sini adalah menu steak dan aneka pizza. Tidak hanya ada menu makanan berat, di sini juga ada roti dan kudapan manis jadul. Seperti Kaseroll, Rhum Truffle, Apfel Struddle, dan masih banyak lainnya.

Kuliner Legendaris Kota Bandung
Photo by @tizi_restaurant

Domisili: Tizi Jl. Kidang Pananjung No.3, Dago, Coblong, Bandung
Jam Buka: Senin – Minggu pukul 11.00 – 21.00 WIB

Roti Gempol (Semenjak 1958)

Apakah kalian pecinta roti yang sedang berkeliling di Kota Bandung? Apabila seperti itu, jangan sampai tidak mampir ke Roti Gempol yang berada di Jalan Gempol Wetan.

Kuliner Legendaris Kota Bandung
Photo by @duniakulinerbdg

Toko roti yang sudah berdiri semenjak 1958 ini menjadi salah satu masakan legendaris Bandung yang nggak boleh terlewatkan. Kalian semestinya mencicipi roti bakarnya yang legendaris. Tersedia juga beragam topping yang bisa kalian pilih. Mulai dari daging, keju, telur, sampai topping manis seperti coklat dan keju. Selain roti putih, di sini juga ada opsi roti gadum. Jangan lupa juga untuk memesan sambel 135 yang bikin roti bakar Gempol makin maknyus!

Photo by @masden___

Domisili: Roti Gempol Jalan Gempol Wetan No.14, Citarum, Bandung Wetan, Bandung
Jam Buka: Senin s/d Pekan pukul 07.00 – 18.00 WIB

Toko Roti Sidodadi (Sejak 1954)

Toko Roti dan Kue Sidodadi juga menjadi daerah untuk mencicipi kuliner legendaris Bandung. Kios lengendaris di area Astanaanyar ini sudah buka sejak tahun 1954, lho. Kamu dapat menemukan bermacam roti jadul dengan rasa orisinil yang enak.

Toko Roti Sidodadi
Photo by @adiraoktaroza

Toko roti simpel ini mungkin menonjol biasa saja di komponen luar, namun tidak usah heran bila Kios Sidodadi senantiasa ramai pembeli. Selain rotinya yang nikmat dan punya cita rasa khas, harganya juga murah merupakan mulai dari Rp3.000 untuk roti satuan.

Kuliner Legendaris Kota Bandung
Photo by @almaviva

Alamat: Warung Sidodadi Roti & Kudapan Jln. Otto Iskandar Dinata No.255, Karanganyar, Astanaanyar, Bandung
Jam Buka: Senin – Minggu pukul 10.00 – 20.00 WIB

BMC / Bandoengsche Melk Centrale (Sejak 1928)

Bandung memang terkenal sebagai salah satu sentral susu segar, jadi tidak heran ada BMC atau Bandoengsche Melk Centrale di Bandung. Pusat susu yang telah berdiri sejak 1928 ini memperkenalkan berbagai ragam tipe menu yang lezat dan bercita rasa autentik. Bangunannya yang masih bergaya kolonial juga membikin nuansa jadul semakin kental.

Kuliner Legendaris Kota Bandung
Photo by @bmcresto

Kamu dapat mencicipi olahan susu segar seperti susu murni, yoghurt shake, es krim, pina colada, teh masala dan sebagainya. Selain itu, ada juga menu makanan berat seperti nasi pepes, nasi bakar dan gado-gado. Hanya mau nyemil saja? Ada kentang goreng, creme brulee, klapper taart dan bermacam-macam jenis pastry lainnya.

BMC
Photo by @diapratama

Alamat: BMC (Bandoengsche Melk Centrale) Jl. Aceh No.30, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Bandung
Jam Buka: Senin – Minggu pukul 08.00 – 22.00 WIB

Lotek Kalipah Apo 42 (Semenjak 1953)

Buat kau penggemar makanan khas Sunda ialah lotek, nggak boleh kelewatan mencicipi lezatnya Lotek Kalipah Apo 42. Toko sederhana yang tutup pada hari Selasa ini senantiasa dipenuhi oleh pengunjung. Apalagi pada jam makan siang, nih, seharusnya rela mengantri, ya!

Kuliner Legendaris Kota Bandung
Photo by @infobdgcom

Masakan legendaris Bandung ini telah berdiri sejak tahun 1953. Sampai kini malahan cita rasa saus kacang yang kental masih terjaga originalitasnya. Kau dapat memilih aneka sayuran mentah atau matang. Selain itu ada juga menu ekstra atau tambahan seperti tempe goreng dan lontong. Jangan lupa tambahkan krupuk agar makin sedap.

Lotek
Photo by @lotekkalipahapo42

Alamat: Loteh Kalipah Apo, Jln. Kalipah Apo No.42, Karanganyar, Astanaanyar, Bandung
Jam Buka: Rabu s/d Minggu pukul 09.00 – 16.30 WIB

Itulah sebagian saran kuliner legendaris Bandung yang dapat kau cicipi ketika kulineran di Kota Kembang. Nggak hanya rasanya yang nikmat, bangunan restorannya bahkan punya sejarah! Nah, kamu pernah mencicipi masakan jadul Bandung yang mana saja? Tulis di kolom komentar, ya!

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :