Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Kelok Sembilan Payakumbuh, Lanskap Konstruksi Jalan yang Unik dan Berudara Sejuk – Cocok Buat Nyantai

/
/
/
109 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Sekilas Tentang Kelok Sembilan

Kelok Sembilan adalah sebuah rangkaian konstruksi yang terdiri dari ruas jalan dan jembatan sejauh 300 meter di kawasan Payakumbuh, Sumatera Barat. Kelok Sembilan juga merupakan konstruksi jalan yang benar-benar megah sekaligus beresiko karena mempunyai tikungan tajam dan lebar 5 meter. INSTAGRAM @keloksembilan

Kelok Sembilan
Photo by @_aaaallll

Dan tikungan tersebut berbatasan bersama dengan jurang, dan terapit oleh dua perbukitan. Satu di antara dua cagar alam tersebut adalah Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.

Kelok Sembilan
Photo by @yuni_syaa

Sekitar jalanan ini terdapat jembatan layang yang membentang meliuk-liuk dan menyusuri dua dinding bukit terjal dengan ditopang tiang-tiang beton. Jika kita hitung, Kelok 9 ini melalui enam kali putaran atau melingkari bukit-bukit di sekitarnya secara bolak-balik.

Kelok Sembilan
Photo by @imriper

Mulai berdiri sejak masa Pemerintahan Hindia Belanda, jalan ini sangat berfungsi menjadi jalur utama setelah resmi dioperasikan oleh Presiden SBY terhadap 2013 lalu.

Menghubungkan Dua Provinsi

Kelok Sembilan
Photo by @agaardinugraha

Jalur Kelok 9 ini menghubungkan antara dua provinsi yaitu Provinsi Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. Akses kedua kawasan ini membelah lokasi Bukit Barisan. Ruas jalan ini memiliki peran penting sebagai pusat perekonomian penduduk sekitar.

Kelok Sembilan
Photo by rearaka_tyas

Seiring dengan meningkatnya mobilitas di Kelok 9, tambah banyak restoran dan rest area yang amat mungkin pengendara untuk rehat sejenak. Terlebih lagi sembari nikmati keindahan alam Bukit Barisan. Kawasan ini sangat cocok untuk anda nikmati kala sore hari.

Kelok Sembilan
Photo by @datidut

Sunset dan barisan lampu yang mulai menyala akan menambah keindahan kawasan ini. Pemandangan yang bisa anda lihat ketika malam hari nampak terlihat indah, apalagi untuk kegiatan fotografi tentu sangat mendukung.

Area Balap Sepeda Internasional

Photo by @joviepro
Photo by @aangkny_

Setiap tahun, Kelok 9 rutin menjadi venue balap sepeda tingkat internasional, Tour de Singkarak. Tak hanya itu, jalur ini juga punyai pemandangan alam yang benar-benar instagramable. Cocok buat anda yang suka selfie atau berfoto ria untuk mempercantik feed media sosial.

Photo by @hanakrisna_

Terdapat banyak spot foto indah yang dapat anda pilih menjadi latar belakang berfoto. Seperti sungai yang asri, kemegahan konstruksi jembatan, dan bukit-bukit hijau bersama dengan awan putih yang sejuk.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :