Kawah Talaga Bodas, Wisata Alam di Garut yang Terkenal dengan Sumber Mata Air Panasnya

/
/
/
246 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan

Talaga Bodas Garut sebagai tempat wisata pegunungan berbentuk danau yang tercipta di kawah gunung. Nama Bodas di pakai karena air telaga dengan diameter 2 km ini kelihatan warna putih. Hal itu karena kandungan air danau yang tercipta dari kawah ini memiliki kandungan belerang.

Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas ini ada di lereng Gunung Galunggung di ketinggian 1512 mdpl. Teritori selebar 23,85 ha ini bersebelahan langsung dengan rimba dan pegunungan cantik menghijau. Airnya banyak di gunakan oleh warga sekitaran untuk sumber air panas dan pengobatan.

Kawah Talaga Bodas

Harga Tiket Masuk Talaga Bodas Garut

Pelancong yang bertandang ke arah tempat rekreasi ini akan di kenai ongkos tiket. Harga ticket masuk yang di jajakan masih terjangkau. Cukup bayar beberapa ribu bisa nikmati keelokan tempat wisata ini.

  • Harga Tiket Masuk Talaga Bodas Garut
  • Tiket Hari Biasa, Rp5.000
  • Tiket Hari Libur, Rp7.500
  • Tarif Parkir Kendaraan
  • Tiket Parkir R2 Weekday, Rp5.000
  • TiketParkir R2 Weekend, Rp7.500
  • Tiket Parkir R4 Weekday, Rp10.000
  • TiketParkir R4 Weekend, Rp15.000
Kawah Talaga Bodas

Jam Operasional

Pelancong dapat bertandang ke arah tempat rekreasi ini tiap hari, mulai pukul 06.00 – 17.45 WIB. Teritori rekreasi telaga ini telah membuka dimulai dari pagi sampai sore hari.

Aktivitas Dan Daya Tarik Wisata

Talaga Bodas Garut sebagai salah satunya kawah Gunung Galunggung yang meledak beberapa ratus tahun lalu. Temperatur teritori rekreasi kawah yang ada pada segi utara gunung ini termasuk dingin. Waktu terbaik untuk berkunjung tempat rekreasi ini ialah siang hari untuk nikmati sejuta daya tarik kawahnya.

Kawah Talaga Bodas

Kawah ini berwujud memanjang dengan panorama bukit-bukit di sekitarnya. Banyak kegiatan rekreasi yang bisa di laksanakan oleh pelancong di teritori rekreasi ini. Seperti tracking dan hiking, berkeliling-keliling kawah, mandi di kolam air panas sampai swafoto.

Trekking Dan Hiking

Saat sebelum sampai di lokasi rekreasi, pelancong di songsong panorama alam yang paling menarik. Tanahnya berbukit-bukit, dengan tingkat kemiringan condong terjal dan tinggi. Warga di tempat manfaatkan keadaan itu dengan menjadikannya kebun sayur, seperti tomat dan kol.

Kendaraan pelancong cuma dapat terhubung sampai tempat parkir kawah Talaga Bodas. Seterusnya perjalanan bisa di laksanakan dengan jalan kaki sekitaran 1 km atau sewa motor. Tetapi panorama cantik dengan rimba lebat akan membuat pelancong semakin nyaman jalan kaki.

Sekalian tracking dan hiking enteng, pelancong di sajikan pemandangan bukit-bukit yang melingkari tempat tempat wisata. Situasinya juga fresh dan sejuk, ciri khas alami pegunungan. Demikian sampai di kawah semua capek terbayarkan dengan daya tarik keelokannya.

Menyusuri Keindahan Talaga Bodas

Setelah tiba di lokasi rekreasi, pelancong akan di suguhi panorama sebuah danau warna putih kehijauan. Danau itu berisi air yang mengandung belerang alami. Kawah gunung ini masih dengan status aktif, tetapi tidak memberikan imbas vulkanik yang berbahaya.

Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas ada pada lembah yang dikitari dinding bukit. Air danau seharusnya tidak di pakai untuk minum atau berenang karena kandungan belerang yang tinggi.

Mandi Di Kolam Air Panas

Di sebelah kanan bawah tempat wisata ini ada 3 buah kolam rendam air panas alami. Dua kolam ada untuk anak-anak dan satu untuk dewasa. Temperatur air di kolam rendam ini relatif hangat hingga cukup nyaman untuk wisatawan.

Kawah Talaga Bodas

Kolam air panas alami ini berada bersisihan dengan kawah Talaga Bodas. Pelancong bisa merendam tanpa di ambil ongkos di kolam itu untuk rileksasi. Merendam di kolam air panas ini membuat tubuh berasa segar.

Telaga Dengan Latar Perbukitan

Tiap pelancong akan dibikin kagum dengan panorama di kawah di sini. Tempat rekreasi ini benar-benar instagenik khususnya untuk pelancong milenial. Tiap pojok mempunyai daya tarik yang membuat pelancong ingin mendokumentasikan peristiwa berlibur.

Kawah putih seperti terlihat sebuah danau yang luas seperti pantai sepanjang mata melihat. Airnya mengucur tenang, tanahnya juga seperti pasir pantai dengan batu-batuan warna putih. Warna airnya yang putih kehijauan berdasar bukit-bukit hijau dan pegunungan jadi kekhasan tersendiri.

Pelancong bisa berkeliling-keliling telusuri kawah untuk nikmati kecantikan Kawah Talaga Bodas. Panoramanya di sokong dengan bentangan bukit berpohon pinus di sekitar danau itu. Pemandangan cantik ini lebih banyak di gunakan pelancong untuk berpose riang bersama keluarga dan rekan.

Fasilitas

Di ujung jalan kawah ada beberapa toilet dan saung. Tempat parkirnya sudah diatur dan teratur dengan baik. Musola dan jejeran warung kulineran ikut lengkapi sarana di tempat ini.

Kawah Talaga Bodas

Pengaturan dilaksanakan pada gerbang masuk, pembikinan pagar pemisah tempat danau dengan dataran. Dan pembaruan dan pembikinan pipa-pipa dari sumber mata air di tempat sekitaran danau.

Disekitaran kolam rendam air panas telah diperlengkapi tempat tukar dan toilet. Pengurus terus meningkatkan sarana yang ada untuk mendukung kenyaman wisatawan.

Lokasi Talaga Bodas Garut

Tempat wisata kawah ini berada di Wanajaya, Jalan Talaga Bodas No. 5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44183.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :