Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Kampoeng Heritage Kajoetangan, Kampung Peninggalan Belanda di Kota Malang – Fotogenik & Bergaya Vintage!

/
/
/
329 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Selain Kampung Warna Warni Jodipan, Malang tetap punya banyak kampung wisata yang worth to visit, lho. Pernah dengar soal Kampoeng Heritage Kajoetangan di Malang?

Kampoeng Heritage Kajoetangan
Photo by @denaiguna

Destinasi yang satu ini sebetulnya hitungannya tetap baru, karena baru buka di bulan April 2018 lalu. Nah, kali ini IDN Times berkesempatan jalan-jalan ke sana dan menyusuri kampung lawas yang terkenal dengan tempat tinggal kuno sejak zaman Belanda itu. Kira-kira tersedia apa saja di dalamnya?

1. Rute dan Tarif Masuk

Kalau anda cari di Google Maps, wilayah yang nampak di Jalan Jenderal Basuki Rachmat Gang IV, Kauman, Klojen, Malang, Jawa Timur. Namun, kamu sanggup masuk lewat sebagian titik, keliru satunya lewat Jalan Semeru, Jalan Arif Rahman Hakim gang 2 (gapura utama), dan Jalan Dorowati.

Kampoeng Heritage Kajoetangan
Photo by @isyam.jahja

Setiap pintu masuk bakal mempunyai rute berbeda, tapi semua kawasan mampu diakses lewat jalur mana pun. Kampoeng Heritage dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Dengan ongkos masuk Rp5.000, kamu udah mampu eksplor ke seluruh tempat, plus mampu peta rute wisata dan post card bernuansa vintage.

2. Ada Banyak Spot Wisata

Kampoeng Heritage Kajoetangan melingkupi tiga RW yaitu RW 01, RW 09, dan RW 10. Jadi sebetulnya luas banget. Menurut peta, terdapat kira-kira 30 titik wisata yang dapat anda temui, namun tak seluruh rumah merupakan rumah kuno. Tempatnya tersebar ke lebih dari satu daerah bersama nuansa berbeda.

Kampoeng Heritage Kajoetangan
Photo by @feyfeee

Seperti areal kampung yang kita kunjungi via Jalan Jenderal Basuki Rachmat ini. Lokasi ini terdiri berasal dari rumah-rumah kuno yang sudah tersedia sejak zaman penjajahan Belanda dan terawat baik hingga sekarang. Paling cuma renovasi sedikit restorasi pada rumah-rumah tersebut, agar keadaannya senantiasa terawat meski termakan usia.

3. Rumah Tua dan Dinding Bermural Kampoeng Heritage Kajoetangan

Terdapat lebih dari 10 tempat tinggal kuno di kawasan ini. Setiap tempat tinggal punya nama lengkap beserta penjelasannya. Seperti Rumah Penghulu yang udah tersedia sejak 1920, Rumah Jengki, hingga rumah paling tua yang telah berdiri sejak 1870.

Kampoeng Heritage Kajoetangan
Photo by @wuragil.wedding

Rata-rata tempat tinggal tersebut tetap bergaya arsitektur Belanda bersama atap pelana dan atap perisai. Gak hanya itu, di sekitar rumah terdapat tembok-tembok yang telah disulap menjadi spot foto selfie bersama mural.

Kampoeng Heritage Kajoetangan
Photo by @ptrziyana_

Masih di kawasan yang sama, ada juga Taman Dolanan yang membuatmu bernostalgia dengan masa kecil. Kalau pergi bareng beramai-ramai, mampu tuh sekalian cobalah permainan tradisional, layaknya engklek, dam-daman, congklak, dan gobak sodor. Di atas jalan berpaving ada garis pemandu untuk tiap permainan.

4. Santai di Rumah Makan atau Warung Kopi

Gak kudu cemas kecapekan atau kelaparan, kamu bisa mampir ke lebih dari satu tempat makan atau warung kopi di tiap-tiap gangnya. Satu hal yang buat bahagia, harga makanan dan minumannya murah banget.

Photo by @heyjoko

Di sekitar kampung juga banyak penjajah makanan keliling yang enak-enak tentunya. Banyak pula warung es yang menjajakan jajanan lawas. Melihat makanan ringan, permen, dan cokelat yang dijajakan, seketika menjadi kangen era kecil, ya gak sih?

5. Pintu Masuk yang Estetik

Salah satu pintu muncul terdekat berasal dari sini adalah ke arah Jalan Dorowati. Kamu tinggal mengikuti jalan setapak sampai lewat Tangga Seribu.

Photo by @melindahilvi

Sebenarnya tangga ini jumlahnya gak benar-benar seribu kok, kemungkinan puluhan saja. Tapi anak tangganya berlukiskan pola geometris yang lagi-lagi kelihatan artsy. Di samping itu, kamu terhitung bakal melihat banyak dinding-dinding bergambar unik di jalan menuju ke luar. Tempat ini juga kerap menjadi spot foto favorit pengunjung. Ada yang menyadari bahasa Ngalam (Malang) gak, nih?

6. Rumah Unik dan Barang Antik di Kampoeng Heritage Kajoetangan

Nah, jikalau dari Tangga Seribu, anda tinggal belok kiri dan mengikuti jalur hingga sampai ke kawasan ini. Bisa terhitung masuk lewat Jalan Arif Rahman Hakim gang 2 yang merupakan gapura utama.

Photo by @jtours20

Tempat ini bisa terbilang “surganya” penggemar barang antik, sekaligus yang doyan foto-foto ala vintage. Di deretan depan saja, kamu telah dapat mendapatkan Rumah Foto dan Barang Antik yang nampak Instagramable banget!

Photo by @lukylukeek

Sesuai namanya, di sana tersusun rapi barang-barang kuno, terasa berasal dari TV, radio, pemutar piringan hitam, vespa, perabotan, koper, koleksi jam weker, dan tetap banyak lagi yang lainnya.

Gak sedikit dari mereka yang membawa outfit satu tema biar hasil fotonya semakin paripurna. Galeri lukisan milik salah satu seniman lukisan 3D terhitung sanggup kamu temukan di sana.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :