Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Menggapai Puncak Sangiang Taraje Gunung Tampomas yang Terkenal Bersejarah & Mistis – Cek Perjalanan Menuju ke Puncak!

/
/
/
331 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Bagi kamu yang mempunyai hobi hiking, tidak ada salahnya kecuali kawan akrab coba mendaki gunung Tampomas di Sumedang. Tampomas adalah gunung berapi yang masuk kategori Stratovolcano (Gunung berapi kerucut yang terdiri atas lava dan abu vulkanik yang mengeras) dengan ketinggian 1684 mdpl.

Gunung Tampomas
photo by @dienz_26

Lokasi Gunung Tampomas

Terletak di samping utara Sumedang dan masuk di dalam daerah Taman Wisata Alam Gunung Tampomas. Gunung ini di kelilingi oleh 5 kecamatan yakni Cimalaka, Paseh, Conggeang, Buahdua dan Tanjungkerta.

Gunung Tampomas
Photo by @ezaaqt_

Puncak Gunung Tampomas di namai Sangiang Taraje oleh penduduk setempat, dari atas puncak sahabat dapat nikmati pemandangan indah ke arah kota Sumedang dan sekitarnya. Di atas puncak terkandung lubang-lubang kawah dan batu-batu besar berwarna hitam.

Gunung Tampomas
Photo by @mak_ubed

Sekitar 200 meter ke arah utara dari puncak Sangiang Taraje terdapat pula makam yang di kenal bersama nama Pasarean. Konon daerah selanjutnya adalah petilasan berasal dari Prabu Siliwangi. Selain keindahan alamnya, gunung ini juga di kenal bersama dengan kekuatan tarik magisnya yang memicu makin banyak minat orang untuk menaiki puncaknya.

Gunung Tampomas

Gunung Tampomas
Photo by @ucilharby

Kawasan hutan Gunung Tampomas mempunyai keanekaragaman flora dan fauna, Seperti owa yang mukanya berwarna hitam, lutung, monyet, Meong Congkok, beragam model ular dan burung. Adapun tumbuhannya layaknya Jamuju, Rasamala, dan Saninten.

Gunung Tampomas
Photo by @riyo.saputra.79274

Selain flora dan fauna, gunung ini termasuk punyai peninggalan peristiwa kerajaan Padjadjaran lama, terkandung sebagian web site purbakala yang di temukan di gunung ini.

Photo by @andreyohanda06

Menikmati keindahan alam pegunungan dan juga keindahan kota Sumedang dari atas puncak, merupakan perihal yang luar biasa. Sehingga sangat disayangkan kecuali kawan akrab berkunjung ke Sumedang dan tidak mendatangi area wisata alam yang satu ini.

Jalur Pendakian

Photo by @asepdvaliant

Untuk menggapai Puncak Gunung Tampomas, ada beberapa jalan pendakian yaitu Narimbang, Cibeureum, dan buahdua. Di antara jalan berikut yang paling kerap digunakan oleh pendaki kala ini adalah jalur Narimbang. Di pos pendakian Narimbang terdapat mata air dan curug Ciputrawangi yang terkenal.

Photo by @deewol

Bawalah perbekalan yang memadai di saat kawan baik dapat menaiki puncak gunung ini. Jagalah kebersihan bersama langkah tidak membuang sampah bekas makanan sembarangan. Siapkan fisik dan mental gara-gara sahabat bakal melalui sebagian tanjakan yang memadai berat. Khususnya kala akan hingga menuju puncak.

Photo by @wisata.cipadayungan

Karena medannya akan terkandung banyak batu yang jikalau tidak hati-hati dapat memicu teman akrab terpeleset. Berdiri di ketinggian 1684 mdpl di puncak Sangiang Taraje merupakan pengalaman yang berharga. Segala capek dapat terbayarkan ketika teman baik hingga di puncak dan menikmati pemandangan indah alam pegunungan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :