Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Simak Tips Buat Para Pendaki yang Pertama Kali Hendak Menggapai Puncak Gunung Tambora yang Ada di Nusa Tenggara Barat

/
/
/
30 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Gunung Tambora – Setiap orang tidak terlahir untuk langsung menyukai suatu hal hal lantas menjalaninya sebagai hobi, begitu pula dengan mendaki gunung. Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa olahraga dan rekreasi layaknya mendaki gunung serupa pentingnya bagi tubuh seperti kebutuhan dapat makanan bergizi. Tentu tak tersedia salahnya mencoba mendaki gunung, bukan?

Gunung Tambora
Photo by @febrian28._

Keindahan Pulau Sumbawa

Jika berkunjung ke lokasi timur Pulau Sumbawa, tepatnya di Kabupaten Dompu terkandung sebuah gunung dengan ketinggian 2.851 mtr. di atas permukaan laut (mdpl), Tambora namanya. Gunung ini awal mulanya punya tinggi 4.200 mdpl lantas ketinggiannya terpangkas. Jadi ketinggian yang sekarang akibat letusan dahsyat pada tahun 1815.

Photo by @medinakamil

Gunung Tambora menjulang gagah di lokasi utara Dompu, seolah menunggu tiap tiap orang yang mampir mendaki dan lihat keindahan alamnya.

Gunung Tambora
Photo by @medinakamil

Terdapat kawah menganga berdiameter sekitar 7 kilometer bersama dengan kedalaman lebih kurang 1,2 kilometer. Ini menjadikan Gunung Tambora sebagai gunung bersama dengan kawah terbesar di Indonesia. Di didalam kawah Tambora terkandung bentang alam layaknya sabana, danau dan Gunung Api Toi yang senantiasa mengeluarkan asap belerang.

Pendakian Menuju Gunung Tambora

Gunung Tambora
Photo by @ramakei

Mendaki Gunung Tambora bisa dilaksanakan bersama dua jalan resmi yang menjadi area kerja Balai Taman Nasional (TN) Tambora, yaitu jalur Kawinda Toi dan jalan Pancasila. Saat ini jalur yang paling tenar dan terlalu aman untuk pendaki pemula adalah jalur Pancasila.

Gunung Tambora
Photo by @sadamboeng

Nama jalan pendakian Pancasila berasal dari nama desa yang berada di wilayah kaki Tambora yaitu Desa Pancasila di Kecamatan Pekat. Menuju ke desa ini mampu diakses mengfungsikan mobil atau motor dengan sementara tempuh lebih kurang 3-4 jam dari pusat Kota Dompu.

Gunung Tambora
Photo by @leivilove88

Bagi anda yang belum dulu mendaki gunung, tak ada salahnya menentukan Gunung Tambora sebagai destinasi pendakian perdana. Gunung ini miliki keindahan alam yang amat memesona di selama jalan pendakian Pancasila bersama dengan situasi hutan yang sangat banyak variasi menuju tiap-tiap pos pendakiannya. Jalur Pancasila termasuk menjadi satu-satunya jalur teraman yang mempunyai menuju Puncak Sejati Tambora.

Photo by @mohasbi_

Jalur Pancasila memiliki lima pos pendakian, sebelum akan pos 1 terkandung 5 shelter atau pos bayangan untuk dijadikan tempat beristirahat sebelum akan pendaki melanjutkan perjalanan. Pos 1 kebanyakan akan menjadi pos yang paling lama untuk ditempuh, tapi terlalu landai bersama dengan kesejukan perkebunan kopi, tumbuhan paku dan beragam style tanaman perdu.

Photo by @ejaak15

Nah, kurang lebih sebelum akan pos 2 dan ke pos 5 sampai menuju ke Puncak Sejati Tambora akan ada pemandangan apa kembali ya?

Tips Mendaki Gunung Tambora

Photo by @ejaak15

Tidak usah tunggu lama, rencanakan perjalanan pendakian perdanamu menuju Tambora dengan tips-tips berikut ini:

  1. Buatlah rancangan perjalanan dan tentukan waktu yang tepat. Bagi anda yang berasal dari Jakarta atau Pulau Jawa, harus mempersiapkan kala setidaknya minimal satu minggu. Ini merupakan durasi sementara yang anda butuhkan merasa dari perjalanan menuju ke Tambora.
  2. Lengkapi informasi perjalananmu berasal dari bermacam sumber bacaan di internet maupun berasal dari sosial media. Sangat direkomendasi untuk mencari teman jalan atau agen trip lokal yang biasa mengantarkan pendaki ke Tambora.
  3. Siapkan budget yang cukup untuk keperluan perjalananmu, meliputi ongkos transportasi dari tempatmu menuju Dompu, terhitung biaya untuk logistik selama di Dompu dan Tambora.
  4. Siapkan peralatan mendaki dan busana enjoy yang cukup. Jika belum punya peralatan yang lengkap, minimal menyediakan sepatu gunung, sandal, baju santai dan jaket gunung. Kebutuhan mendaki lainnya dapat didiskusikan bersama dengan agen trip lokal pilihanmu. Biasanya mereka bakal buat persiapan dan berusaha kebutuhanmu selama perjalanan.
  5. Tentukan pilihan transportasi yang sesuai bersama selagi dan budget-mu. Perjalanan hawa dapat benar-benar menghemat sementara tapi mampu menjadi bakal menguras kantongmu, sedang untuk perjalanan darat adalah sebaliknya. Dari daerahmu menuju ke Dompu bisa ditempuh memanfaatkan pesawat atau pakai bis antar kota.
  6. Jika gunakan pesawat maka pilihlah penerbangan menuju ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Nusa Tenggara Barat. Lalu dari bandara dapat pakai mobil atau motor kira-kira 1,5-2 jam perjalanan menuju pusat Kota Dompu

Dari pusat kota sanggup memakai motor atau mobil menuju Desa Pancasila yang berada di Kecamatan Pekat. Jika sudah memanfaatkan jasa trip plus travel biasanya mereka yang bakal menjemputmu berasal dari titik kedatangan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :