Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Meyusuri Keindahan Bawah Tanah Goa Pindul dengan Cara Cave Tubing – Puas-Puasin Main Air di Obyek Wisata Yogyakarta Ini!

/
/
/
223 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Goa Pindul – Menyusuri sungai memakai perahu karet merupakan perihal yang biasa. Namun kecuali sungai itu mengalir di dalam gua pasti saja bakal menjadi petualangan yang menggembirakan sekaligus menegangkan.

Goa Pindul
Photo by @goapinduljogja

Sekilas Tentang Goa Pindul

Goa Pindul, salah satu gua yang merupakan alur dari 7 gua bersama aliran sungai bawah tanah yang ada di Desa Bejiharjo, Karangmojo. Wisata ini tawarkan sensasi petualangan tersebut. Selama tidak cukup lebih 45 – 60 menit wisatawan akan di ajak menyusuri sungai. Berada di gelapnya perut bumi sepanjang 300 m memanfaatkan ban pelampung, tentu sangat seru. Petualangan yang menggabungkan kesibukan body rafting dan caving ini terkenal dengan istilah cave tubing.

Goa Pindul
Photo by @goapindul_yogyakarta

Tidak butuh persiapan spesifik untuk laksanakan cave tubing di Gua Pindul. Peralatan yang di butuhkan cuman ban pelampung, life vest, serta head lamp. Semua itu telah di sajikan oleh pengelola. Aliran sungai yang terlampau tenang menjadikan aktivitas ini aman di jalankan oleh siapapun, terasa berasal dari anak-anak sampai orang dewasa.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Goa Pindul
Photo by @ayatkenzoo

Waktu terbaik untuk cave tubing di Goa Pindul adalah pagi hari kurang lebih pukul 09.00 atau 10.00 WIB. Selain karena airnya tidak benar-benar dingin, jika cuaca tengah cerah pada jam-jam berikut bakal muncul cahaya surga yang berasal dari cahaya matahari yang menerobos masuk melalui celah besar di atap gua.

Goa Pindul
Photo by @goapindul

Sambil merasakan dinginnya air sungai yang membelai tubuh di sedang gua yang minim pencahayaan, seorang pemandu bercerita mengenai asal-usul penamaan Goa Pindul.

Photo by @zandra_zea

Menurut legenda yang di percayai penduduk dan adanya kisah turun temurun, nama Goa Pindul dan gua-gua lain yang tersedia di Bejiharjo tak bisa di pisahkan dari cerita pengembaraan Joko Singlulung melacak ayahnya.

Goa Pindul
Photo by @guapindul_

Setelah menjelajahi hutan lebat, gunung, dan sungai, Joko Singlulung pun memasuki gua-gua yang tersedia di Bejiharjo. Saat masuk ke keliru satu gua mendadak Joko Singlulung terbentur batu, sehingga gua selanjutnya dinamakan Goa Pindul yang berasal berasal dari kata pipi gebendul.

Ornamen Unik di Dalam Goa

Photo by @goapindul.id_

Selain menceritakan mengenai legenda Goa Pindul, pemandu pun akan menyatakan ornamen yang di temui di sepanjang pengarungan. Di gua ini terkandung lebih dari satu ornamen cantik layaknya batu kristal, moonmilk, dan juga stalaktit dan stalagmit yang indah. Sebuah pilar raksasa yang terbentuk dari sistem pertemuan stalaktit dan stalagmit yang usianya meraih ribuan th. menghadang di depan.

Photo by @elfiratrir

Di lebih dari satu bagian atap gua termasuk terdapat lukisan alami yang di ciptakan oleh kelelawar penghuni gua. Di tengah gua terdapat satu tempat yang menyerupai kolam besar dan kebanyakan di jadikan daerah beristirahat sejenak. Tujuannya agar wisatawan mampu berenang atau terjun dari ketinggian.

Photo by @goapindul.id_

Tatkala anda tetap nikmati indahnya gua di sela bunyi kepak kelelawar dan kecipak air, mendadak pengarungan udah hingga di mulut gua. Bendungan Banyumoto yang dibangun sejak masa Belanda bersama dengan latar belakang perbukitan karst pun menyambut.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :