Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Destinasi Wisata Pujon Kidul, Desa Wisata yang Dikelola Pemuda

/
/
/
54 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Destinasi Wisata Pujon Kidul – Pujon sebagai salah satunya kecamatan di Kabupaten Malang Raya ini tawarkan rentang alam yang hebat. Tapi pujon tidak demikian ramai seperti Batu, kecamatan yang ada di samping timurnya. Di Pujon sendiri ada sebuah dusun namanya Pujon Kidul. Ya, sebuah dusun yang ada di selatan pusat kecamatan ini ekonominya menggelinjang. Dimulai dari bidang pertanian, pertenakan dan bidang pariwisata sebagai kelebihannya karena geografis dusun yang ada di pegunungan. Pemerintahan dusun mengoptimalkan kekuatan alamnya dan jadikan Pujon Kidul sebagai dusun percontohan di Indonesia yang banyak di datangi pelancong. Apa rekreasi yang dapat kalian datangi di sini? Yok baca penjelasannya.

Destinasi Wisata Pujon Kidul yang Dikelola Pemuda

Salah satunya dengan di bukanya cafe sawah. Sebuah tempat makan yang mengangkat alam sebagai latar belakangnya. Jadikan cafe sawah sebagai icon khusus Dasa Pujon kidul. Tidaklah aneh bila akhir minggu beberapa pengunjung yang tiba ke arah tempat ini. Beberapa mobil padati jalanan dusun hingga sering sedikit macet. Dari perkembangan Sesa Pujon Kidul yang demikian cepat, membuat pemudanya tak lagi mengelana bekerja di luar wilayah, apa lagi yang tidak bekerja. Mereka banyak meningkatkan dusunnya sendiri di mulai dari, menertibkan lalu lintas jalanan dusun, pengurus cafe sampai pemandu rekreasi.

Rekreasi Air terjun

Selain cafe sawah, Dusun Pujon Kidul mempunyai rekreasi pembelajaran, outbound dan rekreasi alam. Salah satunya rekreasi alam Pujon Kidul yang memikat pelancong ialah air terjun. Di dusun ini ada banyak air terjun yang demikian menarik.

Jalur Ke arah Air Terjun

Rute ke arah Pujon Malang lewat Cangar, karena jalur ini bisa lebih cepat di banding melalui jalan Nasional Malang – Surabaya. Sesudah sampailah di Dusun Pujon Kidul, kalian dapat menanyakan ke warga sekitaran karena petunjuk arah belum juga ada.

Saat sebelum sampai di parkir, sekitaran 1 km jalanan mulai tidak berteman. Supremasi jalan tanah jadi permasalahan khusus ke arah parkir. Di tepian jalan, sering kalian menjumpai peternak lebah madu.

Sampai parkir, kalian dapat meluangkan diri untuk beli gorengan dan air mineral sebagai pembekalan. Sebenernya parkir ini ialah parkir untuk 2 coban sekalian, yakni coban Sumber Pitu dan Coban Buntung.

Tempat parkir ini lebih dikenali dengan parkir ke Coban Sumber Pitu, tetapi kalian bisa juga parkir di sini bila ingin berkunjug ke Coban Buntung. Sesudah bayar ticket dengan harga Rp25.000 untuk dua orang 1 montor, kalian langsung bisa treking ke arah Coban Buntung.

Coban Buntung

Destinasi Wisata Pujon Kidul

Jika ingin ke Coban Buntung, dari parkir kalian harus turun ke bawah. Melalui kebun sayur masyarakat dan rimba pinus. Dianjurkan untuk menggunakan masker karena debu berterbangan dan dapat mengusik perjalanan. Treking sekitaran 20 menit sampai hingga ke lokasi, tidak begitu meletihkan karena jalanan yang agak miring.

Coban Sumber Pitu

Destinasi Wisata Pujon Kidul

Setelah bertandang ke Coban Buntung, tidak komplet rasa-rasanya bila tidak ke Coban Sumber Pitu. Treking ke arah rekreasi ini demikian melelahkan. Lain dengan Coban Buntung yang jaringnya agak miring, Sumber Pitu mempunyai jalanan naik. Debu dan tanjakan yang panjang jadi permasalahan khusus ke arah coban ini. Kadang-kadang kalian dapat istirahat untuk memulihakan tenaga. Kalian akan melalui sisa rimba terbakar yang sekarang masih tetap kelihatan cantik dan benar-benar instagramable. Peluang itu, dapat kalian pakai untuk mendokumentasikan peristiwa.

Destinasi Wisata Pujon Kidul

Sebenarnya ada 3 coban dalam lokasi ini. Sumber siji, sumber pitu dan sumber telu. Sumber Siji atau Sumber Satu, sesuai namanya, air terjun ini cuma ada satu saluran, tetapi debet dari coban ini yang terbesar dari coban lainnya. Ke arah atasnya kembali, ada Sumber Pitu. Jarak yang dekat membuat Sumber pitu telah kelihatan dari Sumber Siji. Jalan ke arah Sumber pitu ini sangat naik. Bahkan juga harus memakai alat tolong tali tambang untuk sampai ke situ. Sumber Pitu ini ialah air terjun yang mempunyai tujuh sumber mata air. Berdasar tersebut, air terjun ini diberi nama Sumber Pitu. Di atas air terjun ini, kalian dapat meneruskan perjalanan ke arah Sumber Telu bila ingin.

Waduk Selorejo

Destinasi Wisata Pujon Kidul

Setelah menyaksikan keelokan air terjun, kalian dapat meneruskan perjalanan ke arah Waduk Selorejo di Ngantang. Kemudian, kalian dapat kembali dengan memakai Jalan Nasional Malang – Surabaya. Janganlah lupa masukkan rekreasi air terjun ini dalam tujuan liburanmu tahun ini ya!

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :