Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Danau Tamblingan, Objek Wisata Bali yang Punya Pura di Tengah Danau dengan Pesona Magis dan Menawan!

/
/
/
355 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Bali tetap jadi destinasi wisata yang paling digemari untuk menggunakan masa liburan. Keindahan alam Bali selalu berhasil membuat barang siapa yang datang idamkan kembali lagi. Selain wisata pantainya yang terkenal, keindahan alam lainnya seperti danau. Di daerah Buleleng Bali terdapat danau kecil yang eksotis lho namanya Tamblingan.

Danau Tamblingan

Di pulau Bali terdapat empat danau yang sanggup dijadikan destinasi wisata yakni Beratan Bedugul, Batur, Buyan, dan Tamblingan. Keempat danau berikut miliki pesona dan ciri khasnya masing-masing, baik itu suasananya maupun aktivitas yang bisa dilakukan.

Danau Tamblingan

Di pada keempat danau berikut Tamblingan merupakan yang terkecil, tetapi keindahannya tidak kalah bersama dengan danau lainnya. Kali ini Bob dapat mengkaji dan menambahkan informasi lengkap mengenai objek wisata danau Tamblingan Buleleng Bali. Bagi anda yang bakal berkunjung, lihat ulasannya baik-baik ya!

Sejarah Danau Tamblingan

Nama Tamblingan disita berasal dari kata “tamba” yang berarti obat dan “elingan” yang bermakna kemampuan spiritual atau. Pada zaman dahulu kala, empat desa dekat danau ini yakni Munduk, Gobleg, Gesing, dan Umejero, di serang wabah penyakit yang menular dan menyerang manusia.

Danau Tamblingan

Kemudian ada seorang imam yang disucikan singgah ke danau untuk mengambil air. Di danau selanjutnya ia berdoa dan berkat kapabilitas spiritualnya, air yang diambilnya selanjutnya dijadikan sebagai obat. Secara ajaib, air tersebut berhasil mengobati warga desa berasal dari wabah penyakit yang menyerang.

Danau Tamblingan

Sejak peristiwa itulah penduduk berasal dari keempat desa selanjutnya merasa membangun banyak Pura di kurang lebih Danau Tamblingan. Pura tersebut digunakan sebagai tempat yang sakral untuk beribadah dan berdoa masyarakat desa.

Keindahan Danau

Berbeda bersama Danau Beratan Bedugul yang didesain moderen dan benar-benar populer, Tamblingan menyuguhkan wisata alam yang sesungguhnya bukan untuk target komersil. Wisata danau ini dibuat untuk wisata spiritual bersama keindahan alam yang asri dan dikelilingi hutan lebat di sekitar.

Danau Tamblingan

Suasananya yang nyaman, tenang, dan jauh dari hiruk pikuk keramaian membuat danau ini sesuai untuk para wisatawan yang butuh ketenangan jiwa. Udaranya yang sejuk berasal berasal dari pepohonan hijau yang tumbuh rimbun di kira-kira danau ini.

Danau Tamblingan mulanya merupakan sebuah perkampungan yang berada di Gunung Lesung. Kemudian penduduk menentukan untuk membagi kampung ke di dalam empat wilayah. Meski begitu, masyarakat kampung tetap bergantian merawat dan memelihara kebersihan Danau Tamblingan.

Selain itu, ternyata Danau Tamblingan ini dulunya merupakan sebuah perkampungan penduduk yang berada di Gunung Lesung. Namun, masyarakat tersebut memutuskan untuk terbagi ke empat wilayah. Walaupun begitu, mereka senantiasa bergantian untuk merawat dan membersihkan Danau Tamblingan.

Lokasi dan Rute Menuju Objek Wisata Danau

Jika anda menginginkan datang dan berlibur ke Danau Tamblingan, anda mesti mengerti informasi berkenaan wilayah dan rute menuju ke danau. Nama Tamblingan punyai arti ‘obat’ dan ‘kemampuan spiritual’ supaya sebenarnya area ini selalu dijadikan daerah bagi orang-orang untuk mencari ketenangan batin.

Danau Tamblingan terletak di sebelah utara Gunung Lesung, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Lokasinya cukup dekat bersama dengan Danau Beratan, jadi kamu juga dapat sekalian mendatangi dua danau. Untuk dapat hingga ke Tamblingan, kamu sanggup lewat lebih dari satu jalur.

Jika anda berangkat berasal dari Bandara Ngurah Rai, kamu perlu menempuh lebih kurang 2 jam perjalanan. Kamu kudu menyusuri jalan raya Bedugul menuju ke Singaraja, lantas ke arah perbukitan hingga anda mendapatkan papan yang bertuliskan “Danau Tamblingan”.

Kemudian kamu dapat lewat Desa Pancasari, Desa Wanagiri, dan Desa Munduk untuk sampai ke Danau Tamblingan. Terdapat dua akses menuju danau, yang pertama adalah lewat Danau Bedugul. Setelah lewat Danau Bedugul anda akan melihat gerbang bertuliskan “Danau Buyan dan Tamblingan” di sebelah kiri jalan.

Jika lewat akses yang pertama, anda akan segera sampai di pinggir danau. Lalu akses yang ke-2 adalah masih melewati Danau Bedugul tetapi terus lurus ke arah atas hingga menemui pertigaan. Saat tiba di pertigaan, belok ke kiri, dan kamu bakal memandang panorama Danau Tamblingan dari atas.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Sama halnya dengan objek wisata lainnya, anda wajib membayar tiket masuk untuk dapat menikmati keindahan pesona Danau Tamblingan. Untuk masuk ke danau ini anda tidak harus merogoh kocek sangat dalam dikarenakan harganya benar-benar terjangkau.

Kamu cuma wajib membayar tiket masuk seharga Rp10.000,00 saja per orangnya. Dengan cost selanjutnya kamu udah sanggup nikmati fasilitas yang tersedia di area danau seperti camping ground dan wisata danau. Jam operasional danau ini adalah tiap tiap hari dan diakses sepanjang 24 jam.

Jadi anda tidak wajib khawatir, kamu sanggup berkunjung datang ke danau ini kapan pun anda mau. Kamu terhitung sanggup menginap di camping ground bersama mempunyai tendamu sendiri atau menyewa. Berburu sunrise dan sunset di tepi danau tentu bakal menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Fasilitas dan Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Danau

Berkunjung ke Danau Tamblingan tidak sama bersama dengan danau-danau lainnya yang sebetulnya dibikin untuk tempat wisata. Fasilitas yang tersedia di danau ini terbilang tetap minim dikarenakan sesungguhnya danau ini dimaksudkan bukan sebagai obyek wisata layaknya yang lainnya.

Kawasan danau ini dijadikan sebagai kawasan cagar alam dan budaya. Sehingga area ini ditujukan untuk destinasi wisata yang lebih ke arah spiritual, menjadi segalanya di sini dibiarkan alami tanpa layanan tertentu untuk wisatawan, Meski begitu, wisatawan masih diperbolehkan untuk nikmati keadaan alamnya.

Kamu terhitung diperbolehkan untuk mengambil foto di sini. Banyak spot-spot yang bisa anda jadikan latar berfotomu. Pemandangan danau dan gunung, serta bangunan-bangunan pura yang unik bakal mengakibatkan hasil fotomu lebih cantik dan dramatis.

Selain itu, anda mampu menaiki perahu kayu yang ada di tepian untuk menyeberangi danau. Tentu perahu yang tersedia termasuk tetap benar-benar tradisional, bukan perahu mesin, melainkan dikayuh. Jika kamu tetap belum senang nikmati panorama dan suasana danau ini, anda mampu menginap bersama dengan langkah mendirikan tenda.

Danau Tamblingan adalah danau yang tenang di mana anda dapat mendapatkan kedamaian dan sejuknya udara. Kamu sanggup melakukan aktivitas layaknya memancing ikan, yoga, dan lain-lain. Berkunjung ke danau ini bakal membuat tubuh dan pikiranmu segar kembali.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :