Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Curug Sewu Kendal, Panorama Air Terjun Tertinggi di Jawa Tengah – Rekomendasi Liburan Akhir Pekan!

/
/
/
7246 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Tamasya alam untuk merasakan air terjun ternyata tak senantiasa berkaitan dengan perjalanan yang penuh rintangan dan tantangan. Obyek tamasya Curug Sewu Kendal yang berlokasi di Kendal, Jawa Tengah, justru yakni destinasi yang dapat dinikmati bersama keluarga.

Curug Sewu Kendal
@yudanyunarko.indonesia

Anak-anak hingga orang tua dapat mengamati seketika estetika air terjun tertinggi di Jawa Tengah ini dan memanfaatkan fasilitas hiburan yang tersedia, seperti kolam renang dan taman bermain. Segala itu bisa dinikmati dengan harga yang amat relatif murah.

Curug Sewu Kendal
@adierwnt

Daya Tarik Curug Sewu Kendal

Curug Sewu yaitu salah satu objek tamasya andalan Kendal yang berada di Desa Liburan Curugsewu. Air terjunnya mempunyai ketinggian sempurna mencapai 80 meter dengan wujud berundak-undak. Fakta ini menghasilkan Curug Sewu sebagai air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Curug Sewu Kendal
@feery_arch

Selain menikmati keindahan panorama alam yang melingkupi air terjunnya, pengunjung memiliki banyak opsi untuk bertamasya di wilayah ini. Tidak heran jika di sini populer sebagai destinasi wisata alam bagi keluarga.

Panorama Curug

Wilayah tamasya Curug Sewu berada di ketinggian 650 mdpl dengan dikelilingi hutan. Hal ini menciptakan udara di sekitarnya terasa teduh dan menyegarkan. Perjalanan menuju obyek tamasya ini pun tak terasa melelahkan meski sepatutnya mencapai jalur pegunungan yang berliku-liku. Kondisi jalannya mulus dan dihiasi oleh jajaran hutan pinus hingga perkebunan yang dijamin menyegarkan mata.

Objek tamasya air terjun ini sendiri berada di tengah wilayah hutan tamasya yang dikelola oleh Perhutani Kendal. Setelah via gerbang masuk, pengunjung bisa segera menuju gardu pandang untuk merasakan pemandangan air terjun dari ketinggian. Semenjak memasuki gerbang, pengunjung akan langsung menangkap bunyi derasnya arus air yang mengalir di kejauhan.

Curug Sewu Kendal
@kisahkelana

Pengunjung dapat memandang panorama air terjun dari gardu pandang Munthuk Jambe. Dari sini, akan nampak terang wujud air terjun yang bertingkat-tingkat. Tingkat tertinggi memiliki ketinggian 40 meter, tingkat kedua sekitar 15 meter, dan tingkat ketiga 20 meter.

Sesudah puas merasakan panorama hamparan hutan serta air terjun dari atas, pengunjung dapat memandang air terjun dari dekat. Pengunjung cukup menuruni tebing menjelang kawasan hutan. Sebab arus airnya yang sungguh-sungguh deras, pelancong tidak dibolehkan untuk berada terlalu dekat dengan Curug Sewu.

Spot Foto yang Menarik

Keistimewaan wilayah wisata Curug Sewu lainnya ialah tersedia berbagai titik foto menarik. Spot yang paling mencolok tentu saja gardu pandang Munthuk Jambe. Munthuk Jambe merupakan zona bibir tebing yang sudah dibereskan dengan pagar pengaman berwarna-warni. Dari sini, pengunjung bisa berfoto dengan latar panorama hutan dan air terjun yang mengagumkan dari ketinggian.

tyosantrimbeling

Di dekat Munthuk Jambe juga terdapat titik lainnya yang tidak kalah unik. Titik ini berbentuk tangan raksasa berwarna merah yang terbuat dari besi. Pengunjung bisa menangkap keindahan panorama alam di sini.

Curug Sewu Kendal
tyosantrimbeling

Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan merupakan monumen Vespa raksasa yang menyambut pelancong di gerbang masuk. Replika vespa dengan tinggi sekitar 2 meter ini sudah ada sejak tahun 2008. Keberadaan Vespa raksasa ini menjadi pengingat gelaran acara Jambore Nasional Vespa yang pernah diadakan di sini. Sekarang, monumen ini jadi salah satu ciri khas Curug Sewu dan spot foto unik unggulan pengunjung.

Taman Bermain Anak

Curug Sewu merupakan wilayah wisata yang layak untuk menjadi destinasi wisata keluarga. Selain mengenalkan keindahan alam pada anak-si kecil, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas taman bermain yang ada. Taman bermain ini dilengkapi bermacam-macam wahana permainan mulai dari ayunan sampai kereta mini.

Sesudah bermain, tidak ada salahnya menyegarkan diri. Buah-buah hati dapat menjajal fasilitas kolam renang yang tersedia. Berenang di kawasan pegunungan dengan pemandangan alam tentu akan jadi pengalaman yang tak terlupakan.

Sebelumnya air terjun ini juga dilengkapi dengan kebun hewan mini. Melainkan, kebun hewan ini sudah tak lagi beroperasi. Banyaknya binatang yang tidak terurus menjadi salah satu alasan ditutupnya kebun hewan ini.

Aktivitas Lainnya

Selain panorama alam dan fasilitas hiburan untuk buah hati-anak, di sini juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya. Pentas hiburan dan gedung pertemuan merupakan beberapa di antaranya. Tersedia juga lapangan tenis serta penginapan.

dewa_muji

Sebagai zona hutan, terdapat sebagian kera yang dibolehkan berkeliaran di wilayah obyek tamasya ini. Pengunjung boleh memberi makan simpanse-simpanse tersebut asalkan tidak secara sembarangan. Jika tidak diganggu, monyet-kera hal yang demikian tak akan mengganggu. Tetapi, pengunjung konsisten perlu berhati-hati dan waspada dengan menjaga barang bawaannya.

Lokasi Curug

Objek wisata air terjun ini berlokasi di Desa Wisata Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Letaknya berjarak sekitar 40 kilometer di selatan Kota Kendal.

herry_agam

Letaknya dapat dijangkau menggunaan kendaraan pribadi ataupun transportasi lazim dengan akses jalan yang sudah beraspal mulus. Dari Kendal, terdapat dua jalanan yang bisa dipilih ialah jalur barat dengan rute Weleri – Sukorejo. Sementara dari timur, rutenya adalah Boja – Patean.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Curug Sewu mempunyai tarif tiket masuk yang relatif murah. Pengunjung cuma diwajibkan membayar karcis sebesar Rp 10.000 saja per orangnya. untuk jam operasional obyek tamasya alam ini merupakan mulai dari 09.00 hingga 15.00 WIB setiap harinya.

miftahulhmdi
Fasilitas Curug Sewu Kendal

Curug Sewu terus mengalami peningkatan dalam penyediaan fasilitas yang memadai. Fasilitas hal yang demikian terdiri dari zona parkir yang luas, mushola, toilet, kamar mandi, dan beragam warung makan. Fasilitas hiburan yang tersedia antara lain kolam renang, lapangan tenis, gedung pertemuan, penginapan, pentas hiburan, gardu pandang, dan taman bermain buah hati dengan aneka wahana permainan. Kebun binatang mini yang dulu sempat ada kini telah ditutup karena kurangnya perawatan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :