Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Menaklukkan Trek Luar Biasa Menuju Curug Naga yang Membuat Sebagian Pengunjung Nyerah – Inilah Potret Medannya!

/
/
/
209 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Butuh wisata yang menantang dan lebih dari sekedar relaksasi? Curug Naga yang berada di Bogor dapat jadi destinasi berlibur yang sesuai. Seandainya umumnya bertamasya ke air terjun cuma untuk bermain air atau berenang, Curug ini menyediakan kegiatan yang jauh lebih menantang: body rafting.

Curug Naga
Photo by @hadi_an_adventurer

Tak hanya menelusuri sungai untuk menuju satu air terjun, pengunjung justru akan mendapatkan tiga air terjun sekaligus dengan pengalaman yang berbeda-beda.

Tiket Masuk Wisata

Untuk masuk ke kawasan tamasya Curug Naga, pengunjung seharusnya melakukan reservasi terutama dahulu. Hal ini sebab lokasi tamasya yang sulit di jangkau hanya dengan berjalan kaki, tapi semestinya di dampingi pemandu dan lewat trek yang kompleks. Untuk harga paket wisata curug naga yang di tawarkan sebagai berikut.

Curug Naga
Photo by @kubaykambey

Harga Paket Jelajah Curug Naga

  • Barong (Trekking Curug Barong) Rp75.000
  • Naga (Trekking Curug Naga) Rp85.000
  • Jelajah 2 Curug (cocok opsi) Rp110.000
  • Eksplor Wahana (tiga curug) Rp135.000
  • Jelajah Fun (tiga curug + makan + snack) Rp180.000
  • Camping 2 Hari 1 Malam (tenda + trekking) Rp375.000

Jam Operasional

Curug Naga
Photo by @adttzz_

Obyek tamasya air terjun ini di buka tiap hari. Di sarankan untuk melaksanakan reservasi di kala musim kemarau atau permulaan musim hujan supaya debit dan arus air tidak terlalu tinggi. Tempat ini buka tiap-tiap hari mulai 08.00 – 18.00 WIB.

Body Rafting Ke Curug Naga

Air terjun ini salah satu air terjun yang di kelola oleh Perhutani. Wana liburan ini di buka untuk memenuhi atensi liburan khusus kesibukan perihal sungai, seperti body rafting, river trekking, dan jungle trekking.

Curug Naga
Photo by @ms_eka

Seperti tetangganya yaitu Curug Panjang, air terjun ini juga mengalir dari Sungai Cirangrang. Sungai ini mengalir ke tiga rangkaian curug, yaitu Curug Priuk, Curug Naga, dan Curug Barong. Ketiga curug inilah terutamanya yang akan di lewati para wisatawan yang meniru body rafting.

Pertama : Curug Priuk

Sebelum mengawali body rafting, peserta sepatutnya mempertimbangkan keadaan kesehatannya cukup bagus. Hal ini mengingat jalanan yang akan di lewati cukup panjang dan melewati beragam tanjakan ataupun turunan ekstrem. Selain itu, trek ini juga mempunyai banyak spot-spot membahayakan sehingga di perlukan konsentrasi dan ketahanan tubuh tinggi. Pastikan juga pelampung dan helm yang dikasih sudah terpasang dengan baik dan aman.

Photo by @benjoo_____

Air terjun atau curug Priuk yaitu curug pertama yang akan di lalui dalam jalur body rafting ini. Curug yang memiliki format seperti periuk nasi ini mempunyai tinggi sekitar 5 meter. Airnya hijau dan bersih dengan arus yang cukup deras.

Photo by @megaputridianakristin_

Untuk mencapai curug ini, peserta sepatutnya berjalan menuruni bukit terpenting dulu. Setelah sekitar 100 meter, tibalah di Curug Priuk yang di kelilingi oleh tebing-tebing batu. Peserta boleh melaksanakan cliff jumping ke telaga yanga da di bawahnya, tetapi konsisten sepatutnya berhati-hati agar tidak terlalu dekat dengan curug. Curug Priuk memiliki arus balik yang dapat menyeret dan sepatutnya di waspadai.

Kedua : Curug Naga

Sesudah menceburkan diri ke telaga di Curug Priuk, peserta akan ditemani untuk menelusuri sungai menuju tujuan berikutnya, yaitu Curug Naga. Arus air akan membawa badan meluncur melewati bebatuan yang tersebari di sungai. Berikutnya, peserta akan di bawa menepi untuk kembali menaiki bukit.

Photo by @taniaiskandar

Trek bukit kali ini patut di lewati dengan ekstra hati-hati karena pengunjung patut menuruni tebing dengan bantuan tali. Jika tidak hati-hati dan tak bekerja sama, peserta bisa terpeleset dan berbahaya peserta lainnya. Melainkan sesudah berhasil melalui jalur ini, peserta akan di sambut oleh air terjun yang telah menunggu di bawah.

Photo by @curugnaga

Wisata Curug Naga jauh lebih tinggi dari Curug Priuk, terdiri dari dua tingkat air terjun dengan sempurna ketinggian 28 meter. Kedua air terjun ini diapit oleh tebing dan telaganya memiliki kedalaman sampai 12 meter. Peserta dapat menguji adrenalin dengan menjalankan cliff jumping dari ketinggian 8 meter di sini. Jangan lupa juga untuk berfoto dan mengabadikan peristiwa dengan latar air terjun yang menawan ini.

Fasilitas Curug Naga

Pengunjung yang mengikuti paket body rafting atau trekking akan disediakan perlengkapan keamanan seperti helm dan pelampung keselamatan. Di spot-titik sungai yang dalam dan berarus deras, terdapat tali pengaman yang bisa disusuri oleh peserta.

Photo by @lets.go.again_pink

Bagi pengunjung yang berkeinginan berkemah, terdapat zona perkemahan tak jauh dari titik mulai body rafting. Area perkemahan ini sangat luas dan dilengkapi dengan toilet serta mushola.

Lokasi Curug Naga

Photo by @muhamad_ridwanmaulana

Obyek liburan air terjun ini berlokasi di Kampung Citamiang, Desa Megamendung, Bogor. Dari arah Ciawi menuju Puncak, sampai di Cipayung belokkan kendaraan ke kiri sesudah berjumpa Mesjid Nurul Huda. Sesudah hingga di papan Unilever, susuri jalan sejauh kurang-lebih 2 km hingga tiba di pertigaan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :