Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Menikmati Keindahan Curug Dawuan Ciamis, Air Terjun Tersembunyi untuk Para Pelancong

/
/
/
362 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Berbicara perihal kekayaan alam Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memang tidak ada habisnya. Salah satu keindahannya terdapat di Curug Dawuan Ciamis.

Curug Dawuan
Photo by @isma_na45

Lokasi Curug Dawuan

Curug Dawuan berada di Blok Cipurut, Ds. Cipaku, Kec. Cipaku, Kab. Ciamis. Jarak menuju air terjun ini lebih kurang setengah jam perjalanan manfaatkan kendaraan privat atau sepeda motor. Dari pusat perkotaan Ciamis sanggup ambil jalan Jalan Sadananya, atau ke arah jalur Kawali, lantas belok di Cipaku.

Curug Dawuan
Photo by @apuy_inst

Air terjun yang baru ditemukan ini cocok untuk para petualang. Karena, untuk hingga ke lokasi air terjun perlu melintasi hutan kaki Gunung Sawal bersama dengan berjalan kaki dan sedikit mendaki kira-kira 1 kilometer.

Photo by @helmyprediansyah

Sepanjang jalan itu tumbuhan yang ada masih bagus, agar traveler segera merasakan sensasi rimbunnya hutan hujan tropis. Suasananya terlampau sejuk menyebabkan pikiran jadi tenang.

Curug Dawuan
Photo by @rifkirifkii636

Sehingga tak ada lelah yang anda rasakan, lebih-lebih setelah sampai bakal segera melihat air terjun yang airnya jernih dan menyegarkan. Di lokasi ini pengunjung sanggup berenang dan basah-basahan. Air terjun ini bukan aliran sungai biasa, tetapi langsung berasal dari sumber mata air.

Photo by @minceu2105

Curug ini baru buka untuk umum kurang lebih Mei 2020, yang dikelola oleh warga dan pemuda setempat. Akses capai Curug Dawuan Ciamis kini lebih mudah, karena sudah tersedia jembatan dan tangga bambu.

Photo by @jeaphotostory

Namun, ada lebih dari satu titik yang mengharuskan memanjat sebagian batu besar. Kini di akhir pekan wisatawan lokal banyak yang berkunjung.

Tiket Masuk Wisata

Photo by @gilangodhet027

Untuk masuk ke wilayah wisata air terjun ini, wisatawan cuma mengeluarkan biaya tiket Rp 3 ribu per orang. Sedangkan untuk parkir sepeda motor Rp 2 ribu dan mobil Rp 5 ribu.

Photo by @jeaphotostory

Hanya saja, di wilayah air terjun belum ada pedagang yang berjualan. Tapi ada lokasi ‘tempat botram’ bagi anda yang akan menyantap bekal yang anda bawa dari rumah. Banyak pengunjung dan warga kurang lebih yang menghendaki sehingga pemerintah benar-benar perhatikan potensi wisata di wilayah ini. Tujuannya tidak cuman meningkatkan PAD Kabupaten Ciamis, namun juga sanggup menjadi alternatif wisata terdekat bagi warga Ciamis.

Photo by @isma_na45

Jadi, apakah kamu tertarik untuk singgah ke air terjun ini? Yuk, ajak teman-teman dan keluarga anda. Dan jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesegaran dimanapun anda berada.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :