Curug Cipamingkis, Objek Wisata Alam di Bogor yang Punya Banyak Wahana dan Fasilitas Super Lengkap!

/
/
/
2352 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 2 Average: 5]

Indonesia dengan kekayaan alamnya menyimpan banyak sekali potensi wisata alam. Jenisnya pun beragam, menjadi dari wisata gunung, hutan, danau, bukit, sampai air terjun. Salah satu tujuan yang tengah populer selagi ini adalah wisata air terjun di Curug Cipamingkis, Bogor.

Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis terdapat di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Lokasinya yang tidak terlampau jauh dari kota-kota besar seperti Jakarta, Depok, dan sekitarnya, membuat air terjun ini jadi primadona baru. Pengelolaannya pun bisa dibilang benar-benar tertib rapi, menjadikan daerah ini selalu ramai sebagai alternatif dari kawasan Puncak sebagai obyek berlibur.

Curug Cipamingkis

Daya Tarik Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis merupakan air terjun yang terbentuk dari pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Salah satunya sesudah itu jadi asal-usul penamaan air terjun ini. Curug Cipamingkis jadi tujuan wisata bersama memakai lahan di sekitarnya seluas kurang-lebih 16,5 hektar.

Curug Cipamingkis

Meski daya tarik utamanya air terjun, ternyata tersedia banyak sekali kesibukan yang sanggup dikerjakan di daerah wisata alam ini. Jika kebanyakan aktivitas di tempat wisata air terjun terbatas pada bermain air dan swafoto, lain halnya bersama di sini. Tempat ini dikelola secara maksimal bersama pembangunan berbagai fasilitas tanpa menyebabkan kerusakan keindahan asli alamnya.

Curug Cipamingkis

Keindahan Curug

Curug Cipamingkis dikelilingi oleh beragam pepohonan tinggi. Dulu, area kurang lebih air terjun ini sebetulnya merupakan tempat persemaian hutan pinus. Itulah kenapa baik lahan di sekitar air terjun maupun area rekreasinya dipenuhi oleh pohon pinus.

Curug Cipamingkis

Air terjun bersama tinggi 7 meter ini merupakan aliran air yang berasal berasal dari Gunung Halimun Timur. Tempat pertemuan dua sungai ini dialiri oleh air yang tetap dalam keadaan bersih dan jernih. Sungai yang dangkal membawa dampak tempat lebih kurang air terjun sesuai sebagai tempat bermain air atau sekadar berfoto. Namun, pengunjung senantiasa mesti waspada dengan batu-batu serta permukaannya yang licin.

Curug Cipamingkis

Selain itu, terkandung mitos yang meliputi air terjun ini. Konon, Curug Cipamingkis adalah daerah tinggal Pangeran Langit dan Dewi Ular yang saling mencintai dan setia satu sama lain. Siapapun yang mandi di bawah aliran airnya pada kala pagi hari, maka akan diberkahi cinta yang serupa. Air Curug Cipamingkis juga dipercaya punya khasiat yang baik untuk kesehatan.

Curug Cipamingkis

Sudut-Sudut Swafoto Unik

Objek wisata Curug Cipamingkis tidak hanya tawarkan keindahan dan keaslian alamnya. Bagi pengunjung yang gemar ber-selfie atau swafoto, ada banyak variasi fasilitas yang bakal mempercantik latar foto. Di antaranya adalah monumen bintang raksasa dan I Love U yang sesuai untuk pasangan atau keluarga.

Selain monumen, ada pula Taman Baratayudha yang dihiasi patung Kresna di atas kereta perang yang ditarik kuda-kuda. Taman ini disempurnakan terhitung bersama dengan kolam air mancur yang cantik. Sementara di atas sungai, tersedia Jembatan Cinta dari bambu dan anjungan Perahu Asmara. Anjungannya cuma boleh dinaiki maksimal oleh dua orang.

Di tempat hutan pinus, terkandung tempat tinggal pohon yang sengaja dibangun oleh pengelola. Untuk menuju daerah ini, pengunjung harus lewat sebuah jembatan gantung. Baik rumah pohon, jembatan gantung, maupun panorama berasal dari atas yang terlihat sanggup menjadi pilihan daerah swafoto yang menarik.

Jajaran bangunan penginapan termasuk jadi sasaran swafoto yang laris. Bangunan menyerupai wujud segitiga ini seringkali dipilih sebagai latar foto. Pengunjung mampu memanfaatkan bangunan berwarna-warni ini untuk mengabadikan moment kunjungan ke Curug Cipamingkis.

Bumi Perkemahan dan Penginapan

Bagi wisatawan yang dambakan menghabiskan malam di Curug Cipamingkis, tersedia pilihan untuk menginap di penginapan atau berkemah. Jumlah penginapan memadai banyak bersama dengan wujud yang bervariasi. Ada yang berwujud bangunan kayu segitiga warna-warni dan bangunan berasal dari bilik bambu.

Jika dambakan lebih dekat bersama alam, pengunjung sanggup mempunyai tenda sendiri atau menyewa dari pengelola. Biaya sewanya bervariasi, bergantung ukuran tenda yang diinginkan. Kendaraan spesial pun mampu diparkir di dekat tenda supaya terjaga keamanannya. Ada juga sumber listrik yang sanggup disewa kalau dibutuhkan.

Taman wisata alam Curug Cipamingkis dengan segala kelengkapan fasilitasnya mampu menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan kegiatan outbond. Pengelola sediakan daerah untuk aktivitas flying fox, berenang, hingga treking. Tersedia termasuk paket lengkap untuk kesibukan keakraban yang biasa diadakan institusi kantor maupun sekolah.

Lokasi Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis terdapat di kawasan Bogor Timur. Tempat wisata alam ini sanggup dijangkau dari Cibinong atau Sentul City dengan jarak sekitar 32 km, dari Bekasi – Jonggol sekitar 50 km, dan dari kawasan wisata Taman Bunga Nusantara lebih kurang 17 km.

Air terjun ini berlokasi di Jonggol, Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor – Jawa Barat 16830. Telepon: (021) 8794-3662 / (021) 8794-4243

Akses Curug Cipamingkis

Lokasi Curug Cipamingkis bisa dicapai dengan menggunakan kendaaran pribadi sepeda motor dan mobil. Akses jalur ringan sebab jalan telah diperbaiki, namun lebih baik membawa kendaraan yang kuat untuk melalui tanjakan dan turunan. Jarak dari daerah parkir sampai ke air terjun pun tidak terlalu jauh.

Tiket Masuk

Tiket masuk kawasan wisata Curug Cipamingkis dibedakan untuk wisatawan lokal yang disebut wisatawan nusantara (wisnu) dan wisatawan mancanegara (wisman). HTM sudah termasuk cost untuk menikmati wahana yang ada di dalamnya. Tersedia termasuk biaya terpisah bagi pengunjung yang ingin bermalam di penginapan atau bumi perkemahan. Untuk HTM wisatawan lokal adalah Rp 35.000 hingga Rp 40.000, sedang untuk wisatawan mancanegara Rp 50.000. Namun HTM berikut tidak terhitung cost parkir, camping ground, villa dan lainnya.

Jam Operasional

Kawasan wisata air terjun ini buka tiap-tiap hari kerja dan hari libur. Ada jam operasional khusus yang berlaku bagi pengunjung yang tidak menginap. Ketika jaman liburan, disarankan untuk singgah sejak pagi hari sehingga jauhi keramaian pengunjung. Untuk jam membuka terhadap hari kerja adalah 07.30 – 16.00 WIB, namun untuk hari libur dan akhir pekan adalah 07.00 – 17.00 WIB.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :