Curug Cilember, Kawasan Objek Wisata Alam di Bogor dengan Banyak Spot Menarik Untuk Dikunjungi

/
/
/
291 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan

Curug Cilember sebagai rekreasi terkenal dengan 7 air terjun di teritori vital Puncak, Bogor. Tinggi air terjunnya bervariatif, dari jeram yang pendek sampai dengan jeram paling tinggi capai 40 meter. Rekreasi yang di sahkan semenjak tahun 2000 ini selalu didatangi beberapa ratus pelancong setiap harinya.

Wana rekreasi ini berada di ketinggian 900 mdpl, dengan temperatur udara 18 – 230 C. Curug Cilember ada pada tempat selebar 7 hektar yang di kuasai pohon-pohonan pinus Merkusi. Air terjunnya ada di tengah rimba lebat yang tenang dan bisa di capai dengan hiking.

Curug Cilember

Harga Tiket Masuk Curug Cilember

Harga ticket masuk telah terhitung akses ke tujuh air terjun yang berada di sekitaran kawasan. Ongkos itu di pakai untuk perawatan tanaman, keamanan, kebersihan, dan pengendalian pengamatan kupu-kupu.

Harga Tiket Masuk Curug Cilember
Tiket Masuk Wisatawan Lokal, Rp25.000
Harga Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara, Rp75.000
Tiket Camping, Rp35.000
Photo Pre Wedding, Rp500.000
Shooting Film, Rp3.000.000
Charge Outbound Umum, Rp1.500.000
Charge Outbound Pelajar, Rp1.000.000
Flying Fox, Shooting Target, Sepeda Layang Khusus Wisatawan Domestik, Rp25.000
Flying Fox Wisatawan Mancanegara, Rp50.000
Shooting Target, Panahan, Sepeda Layang Wisatawan Mancanegara, Rp40.000
Panahan khusus Wisatawan Domestik, Rp20.000

Parkir Kendaraan
Tiket Parkir Motor, Rp5.000
Tiket Parkir Mobil, Rp10.000

Jam Buka

Air terjun ini dapat di datangi tiap hari baik hari biasa atau akhir pekan. Membuka mulai pagi dan tutup sore hari. Lebih tepatnya mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya.

Ragam Aktivitas Di Curug Cilember

Di sini pelancong bisa rasakan langsung bermacam rekreasi luar ruang. Seperti rekreasi alam tujuh air terjun, pembelajaran pelestarian alam, dan pelestarian kupu-kupu. Ada tempat perkemahan, persewaan Villa, sampai aktivitas luar ruangan (outbond).

Air terjun ini populer dengan panggilan Curug Tujuh Cilember sebagai teritori rekreasi alam yang mengangkat ide ekowisata. Macam kegiatan rekreasi alam ini berperanan memberikan dampak rileksasi yang sanggup memantapkan pernapasan.

Hiking Menyusuri Pesona Tujuh Air Terjun

Kekhasan dari Curug Cilember yakni ada tujuh air terjun pada lokasi berbeda. Curah air terjunnya yang paling tinggi capai 40 meter. Makin kecil angkanya, karena itu makin tinggi juga letak air terjun dan tingkat kesusahan mencapainya.

Curug Cilember

Jarak antara air terjunnya sekitar di antara 150 – 800 mtr. bisa di lakukan dengan hiking. Curug yang tersering di datangi ialah Curug ke-7 karena lokasinya paling dekat dari pintu masuk. Curug 7 Cilember berikut yang pertama akan di ketemukan pelancong dengan medan yang mudah.

Tanjakan yang sedikit susah dan batu-batuan ada pada lajur ke arah Curug 5. Dan lajur untuk capai Curug 3, Curug 2, dan Curug 1 keadaan jalannya cukup terjal. Pendakian paling jauh sampai Curug Dua, karena medan ke arah Curug Satu terlampau berat.

Berenang Di Kolam Bawah Ai Terjun

Teritori Curug Cilember menyuguhkan pemandangan kesejukan alami dan keelokan. Hijaunya rimba hujan tropis membingkai daya magnet intinya, yakni 7 buah air terjun.

Nyaris tiap Curug mempunyai tempat kolam di bawah alirannya. Kolam ini kerap berguna sebagai lokasi berenang atau bermain air.

Berteduh Di Kesejukan Alami Hutan Pinus

Masuk tempat rekreasi, panorama barisan pohon-pohonan Pinus langsung terhidang. Wana rekreasi ini tersusun dari 2 hektar rimba tanaman Agathis, Rasamala dan Pinus. Pohon-pohonan berumur beberapa puluh sampai beberapa ratus tahun itu memberi situasi serasi teduh dan sunyi.

Curug Cilember

Kekuatan visual lanscape ke arah lokasi menyuguhkan panorama perkebunan dan pegunungan. Dan dalam teritori memiliki karakter ciri khas berbentuk tegakan tanaman rimba dan pemandangan Bogor.

Mitos Curug Cilember

Cilember memiliki kandungan makna, yaitu kata Ci (Cai) memiliki makna air dan Lember memiliki arti jamur. Namanya Curug Cilember karena di lokasi ini ada beberapa tumbuh jamur. Selainnya keelokan pemandangan alam, Curug Cilember mempunyai beberapa dogma yang memikat lawatan wisatawan.

Ada keyakinan warga di tempat, air terjun ini sebagai tempat mandi beberapa putri dari Kerajaan Siliwangi. Selanjutnya di Curug keempat dipercaya bermanfaat sebagai obat tahan lama muda, percepat jodoh dan mengobati penyakit. Banyak pula dari perguruan silat tiba untuk latih pernapasan.

Di atas lokasi Curug 7 ada sebuah pusara sakral turunan Prabu Siliwangi. Sehari-harinya pusara ini ramai lawatan warga untuk berziarah. Pucuk lawatan ziarah umumnya pada Maulid Nabi dan malam Jumat Kliwon bulan Muharam.

Menyaksikan Keindahan Taman Kupu-Kupu

Sepanjang perjalanan ke arah Curug 7, pelancong akan melalui tempat penangkaran beberapa puluh kupu-kupu. Butterfly Park ini berisikan minimal 12 tipe spesies kupu-kupu yang hendak menambahkan pengetahuan wisatawan. Dengan wujud bangunan seperti kubah jala raksasa memiliki konsep green house.

Curug Cilember

Taman Pelestarian Kupu-Kupu selebar 500 mtr. persegi ini disanggupi bermacam macam bunga dan tanaman. Di sini, pelancong bisa menyaksikan tingkatan metamorfosis dari telur sampai jadi kupu-kupu cantik.

Wahana Dan Outbond

Teritori rekreasi air terjun ini sudah mempersiapkan bermacam sarana dan memberikan dukungan aktivitas outbond. Seperti flying fox, panahan, dan Sepeda Gantung. Kolam therapy ikan dan taman kelinci juga berada di sekitaran are air terjun.

Sarana-wahana yang ada ada di sekitaran tempat air terjun. Misalnya Sepeda Menggantung yang berada di ketinggian tepat di muka air terjun.

Curug Cilember
Berkemah Di Camping Ground

Camping Ground di teritori sekitaran air terjun terdiri di tiga tempat. Yakni Camp Lembah Pakis, Camp Curug 7, dan Camp Curug 5. Di tempat itu disiapkan persewaan tenda pelancong yang ingin istirahat atau menginap.

Dengan kemping, pelancong mempunyai lebih beberapa waktu untuk nikmati panorama alam di Curug Cilember. Beberapa sekolah dan komune kerap kali melangsungkan rekreasi penjelajahan di tempat ini. Dimulai dari treking, hiking, sampai outbond.

Pelancong dapat melabuhkan hammock pada tangkai pohon pinus untuk bersantai. Tak perlu cemas dengan keamanan sepanjang berkemah. Karena petugas atau karyawan kehutanan berpatroli semalaman untuk jaga keamanan pelancong yang perkemahan.

Rute Ke Curug Cilember

Curug Cilember sebagai salah satunya objek rekreasi air terjun yang berada di Kabupaten Bogor. Objek rekreasi ini bisa dilakukan dalam kurun waktu sekitaran 30 menit dari arah Bogor. Keadaan jalan biasanya baik dan telah beraspal dan bisa dilewati kendaraan roda empat.

Pelancong dapat memakai angkutan umum untuk ke arah lokasi Air terjun. Selanjutnya meneruskan dengan sewa motor dari jalan jalur Bogor – Puncak. Bila dari Bogor dapat ambil transportasi umum 2A jalur Cisarua. Seterusnya pakai kendaraan sewa sepeti ojek.

Fasilitas

Curug Cilember diatur oleh BUMN yang dibawahi Kementerian Kehutanan dan Dinas Pariwisata Kota Bogor. Teritori Curug Cilember sudah sediakan sarana yang cukup komplet. Seperti tempat parkir, musola yang terurus, dan toilet sampai air terjun yang teratas.

Curug Cilember

Bangku-bangku taman komplet dengan tong sampah sudah tersedia. Beragam kios penjual minuman dan makanan juga terdapat banyak di sejauh lajur ke arah curug. Teritori rekreasi ini diperlengkapi gardu pandang, pos menjaga, pondok kerja, jalan setapak, dan ruangan info.

Info Kontak Dan Lokasi Curug Cilember

Teritori rekreasi air terjun ini berada di dusun Cilember Jl. Raya Puncak No.KM. 15, Cisarua, Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16750.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :