Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Curug Cibaliung, Keindahan Air Terjun di Bogor dengan Aliran Air yang Super Jernih – Bisa Banget Buat Berenang dan Main Air!

/
/
/
258 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Curug Cibaliung ialah obyek wisata air terjun natural di wilayah Sentul, Bogor. Curug ini masih satu aliran dengan Curug Leuwi Hejo, Leuwi Lieuk, dan Leuwi Cepet. Estetika curug berlokasi pada airnya yang bening hingga menampilkan warna biru kehijauan natural. Dengan pesona alami serta kesegaran airnya, Curug Cibaliung memang benar-benar ideal sebagai tujuan refreshing di akhir pekan.

Curug Cibaliung
@annisaevril

Daya Tarik Curug Cibaliung

Kawasan liburan Sentul di Kabupaten Bogor yakni salah satu tujuan liburan populer. Lebih-lebih bagi warga ibukota yang mencari suasana alam tak jauh dari rumah. Kawasan ini juga terkenal sebab mengasyikkan untuk jadi lokasi trekking. Banyak jalanan dengan berjenis-jenis tingkat kesusahan yang tersedia untuk beragam kalangan usia.

Curug Cibaliung
@ivanpeuleuk12

Di sisi lain, Sentul juga menyampaikan banyak air terjun natural. Memang beberapa dari air terjun ini cuma dapat ditempuh dengan sistem trekking. Salah satunya yakni Curug Cibaliung yang berada di Kecamatan Babakan Madang. Air terjun ini berada di zona perbukitan dengan pesona alami serta menghadirkan aliran air yang jernih dan sejuk.

Rangkaian Air Terjun

Babakan Madang ialah kecamatan yang menyimpan banyak potensi wisata alam. Salah satunya ada air terjun yang memang sungguh-sungguh mudah dijumpai di sini. Mulai dari Curug Putri Kencana, Curug Barong, dan Curug Leuwi Asih.

@pan.syah

Selanjutnya tidak ketinggalan Curug Cibaliung sendiri yang berada di aliran sungai yang sama dengan titik wisata sejenis. Di antaranya ialah Curug Leuwi Hejo, Leuwi Cepet, Leuwi Lieuk, Curug Tempurung, sampai Curug Kembar yang berada di atas.

Curug Cibaliung
_sindhusatria

Sebab berdekatan, akses jalan menuju lokasi pun kurang lebih sama. Pengunjung yang berkeinginan ke Curug Cibaliung akan lewat titik-spot lainnya sebelum tiba di lokasi. Dengan seperti itu, wisatawan dapat menghemat waktu sebab mengunjungi beberapa obyek liburan dalam satu kali jalan.

Jalur Trekking Nyaman

Perjalanan ke lokasi curug berawal dari area parkir obyek tamasya Curug Leuwi Hejo. Di sini, terdapat dua jalan bercabang. Jalanannya ke bawah menuju lokasi Curug Leuwi Hejo. Pengunjung seharusnya memilih jalur ke atas untuk memulai trekking ke Cibaliung.

heri_swn

Jarak dari area parkir ke air terjun ini kurang-lebih 500 meter. Selain hanya dapat dicapai dengan berjalan kaki. Trek sempit, jalanan tanah dan berbatu ini juga akan melalui sisi jurang.

silviafaridaa

Jalanan trekking ini memang terbilang masih cukup ramah untuk si kecil-si kecil. Meskipun medan masih berupa tanah, tapi banyak juga yang telah berlapis batu. Jalurnya di kontur menanjak bahkan telah tersusun berupa tangga. Namun belum terdapat pagar pengaman.

Perjalanan Panjang

Jalanan waktu sekitar 20 hingga 30 menit berjalan, tergantung kecepatan masing-masing. Panorama tenang saja sebab sepanjang jalan betul-betul gampang menjumpai toko lengkap dengan saung untuk beristirahat.

Curug Cibaliung
abee_aries

Jalanan trekking ini akan melintasi area ladang dan hutan. Kebanyakan ialah hutan bambu dan kebun. Di beberapa titik, pelancong akan dimanjakan oleh hijaunya perbukitan. Sekali-sekali yang menyegarkan ini tentu akan menolong mengurangi rasa pegal di kaki.

acittt.22

Sebelum menempuh lokasi air terjun, pelancong akan melintasi area Curug Barong. Tak lama kemudian, pelancong akan tiba di Leuwi Cepet dan Leuwi Lieuk. Energi jalanan akan membawa pengunjung menyeberangi sungai dangkal dengan air yang bening dan sejuk.

Pesona Air Terjun

Mendekati lokasi curug, akan terlihat sungai berarus hening yang bening. Di titik ini bahkan pengunjung dapat bermain air sepuasnya. Tak keok seru dengan main di curug atau leuwi yang ada di bawahnya. Airnya jernih dengan bebatuan berbagai ukuran yang bertebaran di sekitarnya.

heri_swn

Curug Cibaliung yakni macam air terjun pendek yang terapit dinding batu setinggi kurang lebih 5 meter. Dinding tebing alami ini penuh dengan vegetasi hijau yang kian mempercantik panorama sekitarnya. Tenaga tarik utamanya tentu saja air berwarna biru-kehijauannya yang bening. Tidak sulit memandang dasar sungainya dengan mata telanjang.

yuthi_1815

Karena format dinding tebing yang nyaris melingkar, sungai di bawahnya terlihat seperti kolam. Wisata ini sekilas akan nampak seperti sebuah kolam buatan di alam terbuka. Untuk menikmati keindahannya, pengunjung tidak cuma dapat bermain air atau berenang.

sanusi_uchiha

Para penyuka adrenalin dapat menantang diri sendiri dengan melakukan cliff jumping di sekitar air terjun. Untuk naik ke tebing, pengunjung bisa memakai tangga batu di salah satu sisinya. Dianjurkan-hati sebab kedalaman di sekitar jatuhan airnya dapat mencapai lebih dari dua meter. Karcis belum mahir berenang, direkomendasikan untuk tidak berada terlalu dekat dengan area ini.

Lokasi Curug

Meski air terjun ini berada di Kampung Wadung, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Berjarak sekitar 32 kilometer di sebelah timur Kota Bogor. Dari Jungleland, wisatawan bisa melewati rute Treknya Babakan – Jalanannya Wangon ke arah Cibadak. Kendaraan memakai mobil minibus atau motor di atas 110 cc.

Harga Tiket Masuk

Curug Cibaliung berada dalam kawasan rangkaian air terjun. Sehingga, pengunjung mesti membayar sebagian karcis untuk bisa masuk ke areanya. Namun perlu merogoh kocek lebih, melainkan pengunjung bisa menerima beberapa air terjun sekalian.

  • Harga Tiket Masuk Leuwi Lieuk & Leuwi Cepet : Rp10.000 – Rp15.000
  • Meskipun Jalanan Curug Cibaliung : Rp10.000
  • Parkir Motor : Rp5.000
  • Parkir : Rp15.000
  • Sewa pelampung : Rp20.000
  • Penitipan Baranng : Rp2.000
silviafaridaa
Jam Buka

Air terjun ini buka tiap hari, adalah mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. begitu perlu melihat cuaca ketika berkunjung, terpenting ketika musim hujan atau sesudah cuaca hujan. Trek trekking yang berupa tanah amat licin setelah hujan sehingga terlalu berisiko.

Fasilitas

Fasilitas penunjang yang disediakan di Curug Cibaliung cukup lengkap dan memadai. Ada zona parkir, penunjuk arah, kamar kecil dan kamar mandi bilas, serta toko di sepanjang jalur tracking.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :