Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Menapaki Bukit Sipandu Jalur Pawuhan Banjarnegara Jawa Tengah 2021 – Begini Potret Pemandangannya, Keren Abiss!

/
/
/
43 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Bukit Sipandu adalah salah satu puncak di Dataran Tinggi Dieng. Wisata alam ini berada di perbatasan Kabupaten Batang dan Banjarnegara. Punca bukit ini berada pada ketinggian 2.241 mdpl.

Bukit Sipandu
Photo by @m.panji19

Salah satu dari banyak rute formal ke puncak Bukit Sipandu adalah Jalur Pawuhan. Basecamp Jalur Pawuhan ini bernama Green Forest. Terletak di Dusun Pawuhan, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Akses Menuju Lokasi Bukit Sipandu

Bukit Sipandu
Photo by @den_zinyo

Untuk menuju basecamp ini, terbilang cukup mudah. Di lokasi tersebut terdapat transportasi umum jurusan Wonosobo-Batur yang melewati jalur menuju Pawuhan. Dari Wonosobo ke Pawuhan, ongkos transportasi yang anda harus bayar kisaran Rp15.000-20.000. Untuk menuju ke basecamp ini, anda harus berjalan kaki dari jalan besar sekitar 100 meter.

Bukit Sipandu
Photo by @_maya_hastina_

Sampai di basecamp, anda harus membeli tiket masuk terlebih dahullu. Untuk mencapai puncak bukit ini, anda perlu mengeluarkan biaya pendakian sekitar Rp10.000. Cukup murah, bukan? Sedangkan untuk parkir sepeda motor Rp10.000 dan untuk mobil Rp20.000.

Bukit Sipandu
Photo by @erma_indri

Dalam pendakian ke puncak bukit ini, terdapat dua pos yang kudu anda lalui. Pertama adalah Pos 1 (Ngkosong/Alang-alang Abang) dan selanjutnya adalah Pos 2 (Savana).

Base Camp – Pos 1 Ngkosong

Bukit Sipandu
Photo by @mt.sipandu2241mdpl

Perjalanan dimulai dari basecamp Green Forest menuju Pos 1 Ngkosong yang tidak terlalu menguras tenaga. Anda perlu berjalan kurang lebih 15-20 menit dengan medan yang masih datar. Di perjalanan ini, selain anda bisa menemui perkebunan warga, anda juga dapat melihat instalasi geotermal Geodipa Energi Dieng. Selain itu, ada pula ruas jalan yang menyerupai terowongan dan kanan-kirinya terapit tebing yang tinggi.

Pos 1 Ngkosong-Pos 2 Savana

Photo by @seninmalam_

Selantunya, waktu yang anda perlukan untuk menuju Pos 2 sekitar 5-10 menit. Jalur yang anda lewati berbentuk tanah yang cukup datar dan banyak perkebunan warga. Sepanjang jalur, anda dapat menjumpai sepeda motor warga lokal yang biasa mengangkut hasil perkebunan seperti kentang, sayur kol, dan lainnya.

Pos 2 Savana-Puncak Bukit Sipandu

Photo by @hasyim_m37

Perlu waktu sekitar 5-10 menit untuk mencapai puncak Bukit Sipandu dengan melalui satu jalur menanjak. Dari puncak ini, anda akan leluasa memandang Gunung Prau, Gunung Sindoro, dan juga Dalan Anyar Batang. Selain panorama bukit dan pegunungan, dapat nampak pula hamparan ilalang di sekitar puncak.

Photo by @aprilyan.wisnu26

Dari base camp ke puncak Bukit Sipandu melalui Jalur Pawuhan wajib pas sekitar 30-40 menit. Tak lama, bukan? Bukit ini sanggup menjadi obyek alternatif waktu datang ke kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :