Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Indahnya Bukit Sikunir yang Bisa Dinikmati Kembali Setelah Pandemi – Tetap Patuhi Protokol Kesehatan!

/
/
/
361 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Bukit Sikunir menjadi anggota tak terpisahkan berasal dari dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Seperti halnya Gunung Prau, bukit ini juga tak kalah menarik untuk anda kunjungi. Mulai 1 Juli 2020 lalu, Bukit Sikunir sudah buka kembali untuk pendakian.

Bukit Sikunir
Photo by @ameliajovanie26

Namun, wisatawan yang singgah mesti menerapkan protokol kesegaran yang berlaku tidak benar satunya cuma mampu anda kunjungi wisatawan yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Terkenal dengan Pemandangan Golden Sunrise

Bukit yang mempunyai ketinggian sekitar 2.300 mdpl ini menawarkan keindahan berbentuk pemandangan delapan gunung di sekitarnya yang bisa keluar dari puncak bukit. Bukit Sikunir juga kondang bersama sebutan Golden Sunrise karena keindahan alam berupa sunrise atau matahari terbit akan tersaji mengetahui bagi wisatawan yang hingga ke puncaknya.

Bukit Sikunir
Photo by @arifubayy

Sampai puncak bukit cuma 30 menit Bukit ini terbilang ringan untuk pendakian sampai ke puncak. Wisatawan yang datang cuma wajib memakan pas 30-45 menit untuk hingga ke puncak bukit. Jadi terkecuali kamu mendaki pukul 05.00 WIB pun, golden sunrise Bukit Sikunir senantiasa dapat kamu lihat. Tak butuh saat lama untuk menggapai puncak bukit yang berlokasi di Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo ini. Kamu bakal lewat jalan setapak yang sudah tertata selama pendakian.

Bukit Sikunir
Photo by @fannyayu_

Salah satu destinasi favorit wisatawan yang datang ke Dieng Selain Gunung Prau, yaitu Bukit Sikunir. Pasalnya, hampir tiap tiap wisatawan yang berkunjung ke Wonosobo khususnya Dataran Tinggi Dieng, tentu bakal berkunjung ke Bukit Sikunir. Alasannya jelas, karena Bukit Sikunir terkenal punyai golden sunrise terbaik di negeri atas awan ini. Karena keindahan matahari terbitnya, tak jarang wisatawan senang berkunjung dan mendaki selagi subuh atau kurang lebih pukul 04.00 WIB.

Bukit Sikunir
Photo by @tm_atank

Selain itu, bagi mereka yang belum sempat mendaki Gunung Prau atau pendaki pemula, juga dapat menentukan Bukit Sikunir karena ketinggiannya yang lebih rendah yaitu 2.300 mdpl. Bukit Sikunir juga banyak dipilih karena untuk sampai di puncaknya tak butuh waktu yang lama.

Akses Menuju Puncak

Sudah ada akses jalur tangga Tak harus risau dapat sukar mendaki Bukit Sikunir. Pasalnya para warga sudah memberikan akses pendakian yang ramah bagi wisatawan yang ingin berjalan melewati tangga.

Photo by @ryanwewew

Selama perjalanan, wisatawan tidak hanya menemui jalan setapak namun termasuk sesekali kala menanjak dapat berpegangan terhadap batang kayu di tangga tersebut agar tidak licin. Selain tangga yang sudah memadai, sekeliling jalur pendakian juga sudah terdapat batas pengaman.

Daya Tarik Wisata

Bukit Sikunir
Photo by @_andrebiva

Melihat panorama 8 gunung dari puncak bukit Selain golden sunrise yang memesona. Selain itu, bukit ini juga menawarkan hal lain yakni panorama delapan gunung di sekitaran bukit. Wisatawan yang sampai puncak bukit ini bakal terpesona melihat panorama indah gunung di sekitar bukit yang jumlahnya banyak.

Photo by @abi__tholib

Gunung-gunung yang bisa terlihat sejalan saat matahari terbit seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, lebih-lebih Gunung Merapi. Namun, panorama gunung-gunung berikut dapat dapat anda lihat kalau cuaca cerah. Jika tidak, wisatawan bakal memandang pemandangan gunung sebagian saja.

Makanan Khas Bukit Sikunir

Photo by @hamidahharyantirahma

Ada makanan khas kawasan dataran tinggi kala turun bukit Ketika selesai memandang sunrise dan dalam perjalanan turun bukit, wisatawan sanggup membeli makanan khas dataran tinggi Dieng. Terdapat beberapa warung atau tempat tinggal warga yang menjual makanan dan minuman hangat khas Wonosobo di antaranya bola-bola kentang rebus, sampai minumannya yakni berasal dari buah Carica.

Photo by @was_kid

Jika kamu perlu teh hangat atau susu hangat, para warga terhitung bersedia membuatkannya. Cukup datangi saja warung-warung yang buka di pinggiran tangga turun bukit.

Agendakan liburan anda ke Wonosobo dari sekarang. Dan tentu saja mesti datang ke Bukit Sikunir Dieng ini, ya. Selamat nikmati akhir pekan anda.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :