Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Menikmati Pesona Bukit Panyangrayan Tasikmalaya yang Sempat Hits di Media Sosial

/
/
/
483 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Tasikmalaya miliki destinasi wisata terbaru yang menarik untuk anda kunjungi, yakni Bukit Panyangrayan. Wisata Bukit ini mempunyai berbagai spot foto menarik dan cantik. Anda dapat mencoba berfoto di atas ketinggian. Di sini, anda dapat menikmati pemandangan indah yang berasal dari puncak bukit.

Bukit Panyangrayan
Photo by @imanarman24

Lokasi Bukit Panyangrayan

Wisata alam bukit ini berlokasi di Kampung Pramuka, Sadaukir, Sukapura, Kec. Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Tentu tidak jauh dari jakarta dan pusat kota kawasan jabodetabek. Ketua Pengelola Wisata Bukit Panyangrayan menuturkan, wisata Bukit Panyangrayan ini berdiri berdasarkan dana swadaya masyarakat setempat.

Bukit Panyangrayan
Photo by @novianty_id

Awalnya pembangunan wisata ini dari hasil uang yang terkumpul berasal dari masyarakat. Kemudian sekarang uang hasil dari tiket masuk tersebut mereka kumpulkan untuk pengembangan wisata ini. Jadi, dapat terbilang ini merupakan proyek bersama masyakarakat setempat di bidang pariwisata.

Bukit Panyangrayan
Photo by @tiwiiee_victoyanzeth

Menjelang perayaan hari besar kali ini, wisata bukit di Tasikmalaya ini genap dua tahun. Wisata ini berdiri dari hasil kerja serupa antara penduduk setempat, group petani pepaya, dan sekelompok mahasiswa Universitas Perjuangan yang sedang melakukan KKN ketika itu.

Bukit Panyangrayan
Photo by @lahinikandodi

Mungkin belum banyak yang jelas asal muasal nama bukit Panyangrayan. Dahulu, konon pernah terjadi kebakaran hutan yang terlampau lama gara-gara musim kemarau panjang.

Bukit Panyangrayan
Photo by @myannaa__

Saat itu penduduk tidak dapat memadamkan api yang berkobar. Akhirnya, kebakaran berjalan berhari-hari kala itu. Karena itulah, masyarakat sekitar menamai bukit ini sebagai Bukit Panyangrayan.

Akses Menuju Lokasi

Photo by @intannurlaela27

Saat ini, fasilitas infrastruktur jalur menuju bukit yang indah ini berada 1 KM di belakang Kantor Desa Sukapura, dan sedang mendapat perbaikan dari Alokasi Dana Desa. Sebagian besar jalan wisata menghubungkan ke Kecamatan Tanjungjaya.

Photo by @dadanwardana99
Photo by @lahinikandodi

Guna menopang optimalisasi wisata alam bukit ini, pihak pengelola dengan warga menghidupkan seni budaya sunda Padepokan Sukapura. Tertarik untuk singgah ke tempat wisata ini?

Photo by @imanarman24

Yuk, ajak teman dan keluarga anda untuk menikmati kesegaran udara di bukit ini. Jangan lupa juga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ketika anda sedang berlibur. Selamat menikmati akhir pekan anda.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :