Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Menikmati Pemandangan Pegunungan dari Atas Bukit Lempuyangan, Kunjungi Tempat Wisata Ini Saat Cuaca Cerah!

/
/
/
70 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Bukit Lempuyangan – Mendiami lereng Gunung Merapi dengan ketinggian kira-kira 1.600 mtr. di atas permukaan laut membawa dampak Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali miliki banyak potensi alam.

Bukit Lempuyangan
Photo by @siswantobudi787

Tanah pegunungan cocok bagi komoditas pertanian. Selain itu, waktu panorama alam yang indah dari Gunung Merapi dan Merbabu membawa dampak desa ini menyimpan daya tarik pariwisata. Jadi, tak heran kalau pengunjung sangat betah berlama-lama menikmati pemandangan di sini.

Sekilas Tentang Bukit Lempuyangan

Bukit Lempuyangan
Photo by @ekadeandra26

Pemerintah Desa Lencoh bersama dengan warga setempat menginisiasi gerakan pariwisata berbasis penduduk lewat objek wisata Bukit Lempuyangan. Harapannya tentu dapat menumbuhkan ekonomi warga sekitar bukit dengan adanya tempat wisata ini.

Bukit Lempuyangan
Photo by @risnarevita

Bukit Lempuyangan mulai berkembang sejak tiga th. silam dengan mengkombinasikan konsep pariwisata dan pertanian. Jadi, tempat ini memang cocok buat tenangkan pikiran karena pengunjung dapat melihat pemandangan hijau seluas mata memandang.

Bukit Lempuyangan
Photo by @chriztii_sedt95

Warga secara swadaya menyulap 1.500-an m2 lahan kosong di tepi jalan Solo-Selo-Borobudur (SSB) bersama dengan pemandangan apik puncak Gunung Merapi. Mereka gunakan material bambu untuk membangun dua buah gazebo di bukit.

Photo by @dolanboyolali

Gazebo berikut disempurnakan dengan atap jerami. Sehingga menambah kesan alami pada kawasan wisata ini. Sementara untuk menuju gazebo, pengunjung kudu melintasi jembatan yang termasuk terbuat dari bambu. Jembatan ini menambah sensasi dan kesan tradisional yang sangat mendukung.

Tiket Masuk Wisata

Photo by @ummu_inung

Pengunjung Bukit Lempuyangan di kenai ongkos Rp5.000 per orang sekali masuk. Selain menuai buah stroberi, di bukit ini mereka pakai gazebo dan pemandangan untuk berswafoto.

Photo by @tebob_echo

Pendapatan yang di peroleh berasal dari objek wisata perbukitan ini beberapa di berikan kepada warga. Alokasinya 10%. Sementara yang lain di pakai kembali untuk cost sewa lahan dan perawatan.

Photo by @exsanphotowork93

Meski begitu, pengelolaan objek wisata di akui Kades belum optimal. Kendala utama berasal berasal dari cuaca terlebih di musim hujan. Tentunya pemandangan tidak akan terlihat jelas dan aksesnya akan sedikit susah untuk dilewati.

Photo by @exsanphotowork93

Namun, situasi ini menjadi kendala bagi seluruh objek wisata alam terbuka. Jadi, pastikan kalian kesini sementara cuaca cerah agar mendapat panorama dan situasi yang cantik dan nyaman. Jangan lupa juga untuk mengikuti aturan protokol kesehatan kala berada di tempat wisata.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :