Aua Sarumpun, Bukit Cantik Penuh Ilalang di Tanah Datar Sumatera Barat – Berburu Foto di Puncak Ini Bikin Lupa Waktu!

/
/
/
386 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Bicara perihal Sumatra Barat, keelokan alamnya telah tak perlu diragukan. Setiap sudut memberi kesan luar awam bagi para wisatawan. Puncak Aua Sarumpun salah satunya. Destinasi yang akhir-akhir ini naik daun di media sosial ini memang sungguh-sungguh elok.

Aua Sarumpun
Photo by @fajrulmadani

Padahal tak gampang untuk menempuh puncaknya, segala pengorbanan akan terbayar dengan cantiknya pemandangan Danau Singkarak. Ditambah lagi hamparan ilalang yang melambai ketika tertiup angin. Itulah sedikit gambaran betapa cantiknya pemandangan yang bakal anda temukan.

Gampang Dijangkau

Aua Sarumpun terletak di Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Jalan menuju puncak awalnya berupa tanah merah dan berbatu. Namun terakhir kali aku berkunjung, beberapa komponen jalan sudah mulai diaspal. Oh ya, apabila cuaca sedang hujan sebaiknya berhati-hati ya.

Aua Sarumpun
Photo by @joicealyaa

Untuk hingga ke Puncak Aua Sarumpun, anda tak perlu repot berjalan kaki. Kalian bisa naik dengan menumpang mobil atau motor. Melainkan seperti yang saya katakan sebelumnya, sekiranya kondisi cuaca sedang tidak bersahabat sebaiknya ekstra hati-hati. Bila perlu, lebih bagus urungkan niat datang karena treknya bisa sungguh-sungguh membahayakan.

Sesuai untuk Nongkrong Bersama Teman

Aua Sarumpun
Photo by @rksmrntm

Kecuali pemandangannya menyegarkan mata, Aua Sarumpun juga sangat pantas untuk di ciptakan daerah nongkrong bersama sosok tersayang. Tidak melulu kekasih, teman juga boleh di ajak menghabiskan waktu di sini. Selain lebih hemat daripada kongkow di restoran, anda juga dapat istirahat sebentar dari penatnya rutinitas.

Mirip Seperti di Sumba

Selain Danau Singkarak, perbukitan ini ialah salah satu titik unggulan aku di Aua Sarumpun. Pemandangannya mengingatkan aku akan eloknya Sumba! Pantas saja banyak yang rela jauh-jauh ke sini untuk sekadar berfoto pre-wedding.

Aua Sarumpun
Photo by @ridhobrillian

Sebagian pengunjung kerap kelihatan mendirikan kemah di sini. Apabila anda juga mau kemping seperti mereka, sebaiknya izin lebih dahulu pada warga setempat.

Aua Sarumpun
Photo by @yerlyje

Oh ya, di puncak juga sudah ada penjual makanan dan minuman ringan. Jadi anda tak perlu linglung jikalau lupa membawa perbekalan. Namun jangan lupa, membuang sampahnya di tempatnya ya.

Seharusnya Rajin Eksplor

Apabila berkeinginan memperoleh titik foto kece, anda sepatutnya banyak explore! Semisal seperti di atas. Tinggal bergeser sedikit dari puncak, kalian akan temukan hutan pinus dengan alang-alang keren. Boleh banget dijadikan latar belakang berpose.

Photo by @lauravanjola

Buat anda yang mengincar background ilalang saja, hening. Kawasan ini hampir 60 persennya yaitu ilalang. Jadi kalian bisa bikin foto ala-ala sampai puas. Tinggal mainkan angle dan tara, jadi deh foto keren seperti di atas.

Tips Berkunjung

Jika mau berfoto di ilalang, anda sebaiknya kenakan pakaian/celana panjang. Karena alang-alang di sini lumayan tajam, apabila kena kulit bisa bikin gatel.

Photo by @deeprainald

Soal keamanan, selama tak berkeliaran di sini sampai malam, Insya Allah tak apa-apa kok. Menurut penduduk sekitar biasanya ada banyak babi hutan berkeliaran di sekitar Aua Sarumpun saat malam. Hmm cukup angker ya.

Photo by @ariefrahman.98

Kecuali hamparan ilalang tinggi yang hampir menutupi badan, di sini anda juga dapat memandang indahnya bunga ilalang. Panoramanya terasa makin total dengan latar belakang perbukitan di sekitar Aua Sarumpun.

Gak Ada Karcis Malah

Oh ya, aku lupa, masuk daerah ini tidak perlu bayar tiket masuk lho. Anda cukup rogoh kocek untuk uang kebersihan seikhlasnya. Spot sekiranya tidak ada pemuda yang menunggu di bawah, kalian tak usah mengeluarkan uang sama sekali.

Photo by @fryvldy

Anda lihat foto di atas, yap itulah pohon jomblo. Jika satu ini memang benar-benar terkenal di sosial media, terpenting Genpi Sumbar. Bila ingin ke sini, kalian patut kembali kejalan utama. Selanjutnya itu akan ada sebuah bukit yang cuma ditumbuhi satu pohon saja. tinggal jalan sedikit menuju puncak.

Photo by @rbakhrif

Terakhir, seandainya anda berencana datang sore hari, sebaiknya menerapkan baju penghangat tebal sebab angin di sini lumayan kencang. Gak berharap dong, pulang-pulang masuk angin.

Itulah sedikit cerita saya menjelajah Puncak Aua Sarumpun. Bagaimana anda, berminat mampir ke liburan Sumatra Barat yang indahnya mirip Sumba ini?

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :