Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Air Terjun Tanggedu, Green Canyon dengan Kearifan Lokal Sumba – Gak Kalah Cantik!

/
/
/
332 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Tidak seperti air terjun lainnya, Air Terjun Tanggedu Sumba betul-betul unik sebab diketahui sebagai Grand Canyon dengan ciri khas berupa relief bebatuannya.

Air Terjun Tanggedu
Air Terjun Tanggedu

Lokasi Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu merupakan destinasi liburan alam yang terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Lokasinya berada tidak jauh dari Kota Waingapu, sekitar 46 km ke sebelah utara. Akses menuju air terjun ini dapat dicapai memakai kendaraan bermotor melintasi Desa Mondu serta Kampung Adat Prainatang.

Air Terjun Tanggedu
Air Terjun Tanggedu

Sebab tersembunyi di pedalaman hutan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, Air Terjun ini kurang dikenal oleh kalangan wisatawan. Tak gampang juga untuk menuju area air terjun ini, membutuhkan pengorbanan yang cukup panjang. Perjalanan dimulai dari Kota Waingapu selama sekitar dua jam dengan rute naik-turun bukit dan samping kanan-kiri yakni jurang.

Air Terjun Tanggedu

Belum lagi saat musim hujan tiba, sebagian titik mengharuskan wisatawan untuk turun dari kendaraan sebab longsor atau berlumpur. Setelah tiba di Desa Tenggedu, perjalanan masih wajib dilanjutkan dengan jalan kaki 2,5 km dengan berjalan kaki. Perjalanan ini tidak mudah, patut menyeberangi sungai, membelah padang savana dan padang luas, dan naik-turun bukit.

Harga Tiket Masuk

Semacam hingga, semua lelah akan terbayar dengan estetika alam bagai surga yang tiada duanya. Pengelolaannya masih dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat lokal. Tidak ke Air Terjun Tenggedu cuma dikenakan biaya Rp 2.000 per orang, betul-betul relatif murah. Hutan-hutan di sekitar area air terjun demikian itu terjaga, sehingga suasana alamnya sangat asri dan sejuk.

Tidak seperti air terjun lainnya, Air Terjun ini amat unik sebab diketahui sebagai Grand Canyon dengan ciri khas berupa relief bebatuannya yang unik. Tebing-tebing curam di samping kanan-kiri semakin membikin aliran air terjun semakin mempesona. Sedangkan Air Terjun Tanggedu Sumba sungguh luar umum dengan air yang bening dan kebiru-biruan.

Hal menarik lain dari air terjun ini yakni posisinya yang diapit oleh tebing-tebing tinggi yang menyusun relief unik dan menawan. Air Terjun Tanggedu mengalir dari ketinggian rendah, hanya sekitar 8 meter menuju kolam alami basah biru. seperti itu, debit alirannya sungguh-sungguh deras. Tempatnya menawan dan instagenic, sehingga sesuai untuk menjadi latar berfoto.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :