Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Air Terjun Sri Gethuk, Keindahan Alam di Balik Tebing nan Cantik | Menikmati Keindahan Alam Sambil Susur Sungai di Gunung Kidul

/
/
/
430 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya πŸ™‚
[Total: 0 Average: 0]

Banyak yang tidak mengira seandainya Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata yang tersembunyi melainkan konsisten memiliki estetika yang tidak kalah dengan destinasi tamasya populer lainnya di Jogja. Salah satunya merupakan Air Terjun Sri Gethuk.

Air Terjun ini mempunyai keunikan dan berbeda dengan air tejun lain di Yogyakarta. Objek wisata air terjun ini terletak di tebing yang disampingnya mengalir aliran sungai. Untuk itu, seandainya kalian ingin mengunjungi Air Terjun ini, anda sudah semestinya menelusuri sungai dengan jarak kurang lebih 700 meter.

Tidak perlu kuatir, anda akan disediakan semacam perahu yang terbuat dari drum hasil kretivitas pengelola objek wisata. Dengan menggunakan perahu ini anda akan dibawa menyusuri sungai eksotis dengan pemandangan kanan kiri yang luar awam.

Jaraknya yang kurang lebih 700 meter menuju air terjun, mengharuskan anda menaiki perahu dengan durasi kurang lebih 10 sampai 15 menit. Melainkan jika anda seseorang dengan jiwa petualangan yang tinggi, anda dapat memilih jalanan jalan setapak naik turun bukit untuk menempuh air terjun ini. Panorama dari trek ini pun tidak kalah menarik, namun anda hanya perlu daya dan waktu ekstra untuk bolak-balik menuju dan kembali dari Air Terjun Sri Gethuk.

Sejarah Air Terjun

Banyak yang menanyakan mengapa air terjun ini dinamakan Air Terjun Sri Gethuk, apakah berkaitan dengan Gethuk yang ialah makanan khas dari Gunungkidul yang terbuat dari ketela atau singkong? Ternyata bukan, sejarah Air Terjun ini sendiri berasal dari legenda di Desa Bleberan ialah desa dimana Air Terjun ini berada. Menurut mitos yang diutarakan masyarakat sekitar, air terjun ini ialah tempat berkumpulnya para jin. Makhluk halus yang ada ini dipimpin oleh seorang jin bernama Anggo Menduro.

Di Air Terjun ini Anggo Menduro berstatus sebagai pimpinan pasukan jin yang berada di sekitar lokasi air terjun, Jin Anggo Menduro ini konon amat menyukai kesenian Jawa seperti karawitan dan Jathilan sehingga jin tersebut suka alat musik gamelan. Menurut warga sekitar dulunya tak jarang sekali terdengar suara gamelan disekitar Air Terjun ini secara khusus dikala memasuki magrib atau sore hari. Dari suara gamelan hal yang demikian masyarakat sekitar merepresentasikan dengan bunyi β€œthuk” β€œthuk” β€œthuk” dari sinilah nama Air Terjun Sri Gethuk berasal.

Terdapat suatu keunikan atau keanehan ketika bunyi gamelan tersebut terdengar di Air Terjun Sri Gethuk, adalah apabila ada seseorang yang mendatangi arah bunyi hal yang demikian maka suara gamelan itu akan menghilang. Tapi hening saja, suara ini tidak serta merta timbul ketika anda datang, konon cuma orang-orang tertentulah yang bisa mendengarkan suara tersebut ketika berada di Air Terjun Sri Gethuk.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Lokasi objek liburan ini berada lumayan jauh dari sentra Kota Jogja, tepatnya berada di sebelah timur Kota Jogja ialah berlokasi di Kabupaten Gunungkidul. Untuk situasi jalan atau aksesibilitas menuju Air Terjun Sri Gethuk saat ini sudah baik.

Domisili Air Terjun ini berada di Desa Bleberab, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Tempat Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Lokasi Wisata

Rute untuk sampai di lokasi liburan ini merupakan bila dari arah Kota Yogyakarta anda harus menuju ke arah jalan Wonosari, ikuti jalan kearah timur terus sampai hingga di daerah Pathuk Gunung Kidul. Sampainya di Pathuk terus ikuti jalan sampai menemui pertigaan Gading, lalu belok kanan menuju tempat Playen hingga sampai di kecamatan Palihan. Sesampainya di Palihan, anda akan menjumpai pertigaan lalu ambil arah ke kanan di pertigaan ini anda akan menemukan papan pedoman arah ke lokasi Air Terjun anda tinggal mencontoh arahan hal yang demikian dan sampailah di Air Terjun Sri Gethuk.

Jarak dari Kota Jogja ke Air Terjun ini kurang lebih yakni 32,2 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Air Terjun Sri Gethuk sekitar 1 jam 35 menit.

Harga Tiket dan Parkir

HTM obyek wisata ini amat terjangkau.Untuk dapat masuk ke area Air Terjun saat ini anda dikenakan tarif sebesar Rp 13.000 perorang dan Rp 10.000 untuk tiket mengendarai perahu. Meski untuk harga parkir Air Terjun untuk sepeda motor adalah Rp2.000 dan Beroda Rp5.000.

Fasilitas yang Ada

Pada obyek liburan alam yang satu ini, ketika ini telah cukup komplit bagi bagi para wisatawan yang mau mengunjungi Air Terjun, diantaranya yaitu:

  • Warung Makan
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Kamar
  • Perahu liburan
Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :