Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Air Terjun Sipiso-piso, Pesona Alam dari Karo yang Suguhkan Keindahan Tak Terlupakan

/
/
/
39 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Air Terjun Sipiso-Piso seperti jadi bonus rekreasi saat anda bertandang ke Danau Toba, danau yang monumental di Indonesia, bahkan juga di dunia.

Lokasi Air Terjun SipisoPiso jadi salah-satu tempat terbaik nikmati keelokan Danau Toba dari ketinggian. Bahkan juga, sekarang ini di teritori itu telah banyak pengaturan untuk memberikan kenyamanan untuk beberapa pengunjung.

Air Terjun Sipiso-piso

Daya tarik keelokan Air Terjun SipisoPiso tidak cuma dikenali oleh warga lokal saja. Sering banyak pelancong asing yang bertandang ke Air Terjun SipisoPiso.

Salah-satu kekuatan teritori tempat ada Air Terjun SipisoPiso ialah bidang perkebunan, dan pertanian. Rupanya kekuatan Air Terjun SipisoPiso jadi nilai lebih untuk warga di tempat, terutamanya bidang ekonomi pariwisata.

Air Terjun Sipiso-piso

Disamping itu, air dari Air Terjun Sipiso-Piso jadi penting untuk kelangsungan bidang perkebunan masyarakat, dan pertanian.

Tempat wisata Air Terjun SipisoPiso jadi rekreasi Karo yang recommended untuk didatangi saat berlibur datang, bahkan juga menjadi tujuan rekreasi keluarga loh.

Sejarah Air Terjun Sipiso-Piso

Karena lokasi Air Terjun SipisoPiso ada di wilayah yang satu teritori dengan Danau Toba, karena itu riwayat Air Terjun SipisoPiso juga berkaitan erat dengan proses alam yang terjadi di periode lampau.

Riwayat terciptanya Air Terjun Sipiso-Piso karena robohnya dinding kaldera, yang selanjutnya menggunting lajur saluran sungai. Begitu juga dengan Danau Toba, erat hubungannya dengan kaldera.

Air Terjun Sipiso-piso

Dan riwayat pemberian nama Air Terjun SipisoPiso, menurut salah-satu versus karena wujud air yang turun seperti pisau.

Dan versus lain menjelaskan jika riwayat pemberian nama Air Terjun SipisoPiso berkaitan erat bernama Gunung SipisoPiso yang terletak tidak jauh dari Air Terjun SipisoPiso.

Ada bagian lain dari daya tarik keelokan Air Terjun SipisoPiso, yakni berbentuk narasi mistis, atau legenda yang berkembang dari mulut ke dalam mulut, dari periode ke periode, berkaitan figur Sipiso-piso.

Lokasi Dan Alamat

Lokasi Air Terjun Sipiso-Piso berada satu teritori dengan tempat wisata Danau Toba. Adapun alamat tempat wisata Air Terjun Sipiso-Piso ada di wilayah Tongging, atau Dusun Tongging, Kecamatan Merk, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatera Utara.

Air Terjun Sipiso-piso

Rute Menuju Air Terjun

Jalan ke arah Air Terjun SipisoPiso bisa dilewati oleh kendaraan beroda 2, atau beroda 4 sampai tempat parkir. Seterusnya untuk capai lokasi khusus Air Terjun SipisoPiso, beberapa pengunjung harus jalan kaki telusuri anak tangga yang telah disiapkan faksi pengurus.

Jalan ke arah Air Terjun Sipiso-Piso sesudah dari loket ticket akan melalui teritori tempat wisata Danau Toba. Kendaraan akan melalui jejeran rumah makan, dan pemondokan.

Keadaan jalan ke arah tempat wisata Air Terjun SipisoPiso telah bagus. Namun, untuk yang belum pernah dianjurkan untuk waspada dalam memicu kendaraan, karena keadaan jalanannya berkelok-kelok.

Jarak dari Medan ke Air Terjun SipisoPiso cukup jauh, sekitaran 117 km, denga waktu pintas 4 jam perjalanan. Adapun jarak dari Brastagi ke Air Terjun SipisoPiso cuma sekitaran 1/2 jam perjalanan saja.

Air Terjun Sipiso-piso

Trackking Ke arah Air Terjun Sipiso-Piso

Setalah beberapa pengunjung sampai di lokasi parkir, karena itu untuk sampai di lokasi khusus Air Terjun SipisoPiso harus diteruskan dengan trackking, atau jalan kaki di alam terbuka.

Lajurnya telah disiapkan, dan telah berwujud anak tangga. Lebih kurang ada sekitaran 1000 anak tangga untu sampai di lokasi utamanya.

Saat trackking ke arah Air Terjun SipisoPiso mungkin tidak begitu meletihkan. Keadaan capek akan berasa saat pulang dari lokasi khusus, karena terus akan menanjak.

Lawatan terbaik ke Air Terjun SipisoPiso tidak ketika pucuk musim hujan, karena jalanannya dapat pada keadaan licin, dan debet air yang turun dari Air Terjun Sipiso-Piso benar-benar deras.

Air Terjun Sipiso-piso

Harga Ticket Masuk

Ticket masuk Air Terjun SipisoPiso Rp. 5.000 per-orang.

Jam Operasional

Pada keadaan normal, atau mungkin tidak terserang imbas dari PPKM, Air Terjun SipisoPiso membuka sepanjang 24 jam, dan membuka tiap hari dalam seminggu.

Fasilitas Wisata

Sarana rekreasi di Air Terjun SipisoPiso ialah seperti berikut:

  • Tempat parkir,
  • Toilet,
  • Rumah makan,
  • Spot selfie,
  • Toko souvenir,
  • Toko bunga,

Daya Tarik Air Terjun Sipiso-Piso

1. Salah Satu Air Terjun Paling tinggi

Daya magnet yang pertama sudah pasti berada pada Air Terjun SipisoPiso. Air Terjun SipisoPiso jadi salah-satu air terjun paling tinggi yang berada di Karo, dan Sumatera.

Air Terjun SipisoPiso mempunyai ketinggian 120 meter. Airnya datang dari sungai yang berada di atasnya, yang namanya Sungai Pangambatan.

Air yang mengucur dari Air Terjun SipisoPiso, seterusnya bersumber di ke Danau Toba. Karena datang dari sungai, karena itu debet airnya, dan kejernihannya benar-benar dikuasai oleh musim.

2. Pemandangan Alam

Daya magnet seterusnya dari Air Terjun Sipiso-Piso, Kabupaten Karo ialah pemandangan alamnya. View yang terlihat di atas air terjun berbentuk bentangan tempat sawah, dan perkebunan punya warga.

Di lain sisi, kelihatan cantik pemandangan gunung, dan bukit-bukit, terhitung Gunung Sipisopiso. Dan yang terpenting ialah hidangan pemandangan Danau Toba yang dapat dilihat di landmark Air Terjun SipisoPiso.

Air Terjun Sipiso-piso

Di tempat wisata Air Terjun Sipiso-Piso ada banyak spot selfie. Spot selfie yang terkenal untuk pengunjung ialah gardu pandangnya dengan latar Danau Toba.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :