Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Air Terjun Purba Tirai Bidadari, Dianggap Green Canyon di Probolinggo – Keindahannya Nggak Usah Diragukan!

/
/
/
23 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Kabupaten Probolinggo dikenal mempunyai potensi kuat dalam sektor pertanian dengan produknya yang paling nampak yakni buah mangga. Rendahnya teknologi pasca panen menjadikan keadaan yang tak menguntungkan bagi para petani. Tapi, dikala ini masyarakat setempat bisa mengandalkan objek wisatanya sebab cukup menarik para pelancong dari beraneka daerah. Air Terjun ini menjadi salah satu pilihan liburan alam yang semestinya dikunjungi, terlebih tempat ini terbilang baru dibuka untuk awam. Anda malah tak dikenai harga karcis masuk dikala datang ke Air Terjun Purba Tirai Bidadari.

Air Terjun Purba Tirai Bidadari
@adam.septiansyah

Kabupaten Probolinggo menyimpan potensi tamasya alam yang luar lazim, mulai dari liburan bahari sampai pemandangan alam pegunungannya. Munculnya destinasi-destinasi wisata baru yang tersebar di beragam penjuru wilayah Kabupaten Probolinggo dalam 5 tahun terakhir membuktikan masih banyak spot tamasya yang perlu dikembangkan. Air Terjun ini menjadi destinasi andalan Probolinggo yang dibuka Februari 2020 silam. Air Terjun ini masih begitu asri, tak heran apabila tempat ini cakap memikat para pelancong yang penasaran akan keindahannya. Kali ini, kami akan mengajak Anda mengulas lebih jauh mengenai keistimewaan Air Terjun Purba Tirai Bidadari di Probolinggo.

Air Terjun Purba Tirai Bidadari
@anakho.07

Tak heran, bila objek wisara ini terbilang asing bagi kalangan pelancong. Hal hal yang demikian lantaran letaknya benar-benar tersembunyi dan relatif sulit dijangkau. Air Terjun ini terletak di Desa Ranugedang Kecamatan Tiris, tepatnya di Dusun Lalangan RT 01 RW 01, Desa Jangkang. Anda tak dapat mengakses Air Terjun ini dengan kendaraan beroda empat pribadi sebab cuma bisa dilewati oleh kendaraan roda dua saja.

Air Terjun Purba Tirai Bidadari
@nyimas.mrft

Rute Menuju Air Terjun Purba Tirai Bidadari

Spot air terjun yang satu ini hanya berjarak tiga kilometer dari sentra Desa Jangkang. Anda bisa melewati separo jalurnya dengan jalan kaki lewat areal perkebunan masyarakat dan hutan bambu Perhutani seluas separo hektare. Jika datang dari Surabaya, Anda dapat melalui Jl. Tol Bangil – Rembang atau Jl. Tol Gempol – Pasuruan.

Air Terjun Purba Tirai Bidadari
gieo_rosidin

Menaiki sepeda bisa menjadi alternatif yang bagus untuk mengakses Air Terjun Purba Tirai Bidadari dengan lebih mudah. Pasalnya, akses jalan di sana masih curam dan sempit, sehingga pemerintah setempat masih terus mengerjakan pembetulan dan pelebaran trek untuk mempermudah pengunjung. Lokasinya terbilang jauh dari perumahan warga, Anda dianjurkan untuk datang ketika siang atau petang harinya. Lokasi tamasya ini dibuka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

_mia.isl

Daya Tarik Air Terjun

Kesegaran Sumber Air Terjun

Keistimewaan yang perlu Anda kenal dari daerah liburan ini adalah 16 spot mata air yang berada di puncak tebing menyempurnakan keindahan Air Terjun Purba Tirai Bidadari. Aliran deras airnya yang kapabel menembus tebing kemudian secara alami menyusun gugusan stalaktit dengan ukuran yang bervariasi sehingga menyerupai lorong panjang mirip goa. Belum ada penelitian lebih lanjut perihal sangkaan umur stalaktit ini, tapi memperhatikan ukuran dan panjangnya yang hampir menyentuh permukaan sungai diperkirakan cara kerja alamiah ini telah berlangsung sejak ratusan malahan ribuan tahun yang lalu.

badz_boyzz
Pesona Pemandangan di Sekitar Air Terjun

Air Terjun Purba Tirai Bidadari termasuk bagian dari Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) dengan luas 36 hektare. Lokasi ini didominasi oleh hutan bambu dan vegetasi perintis yang juga berfungsi sebagai penguat kontur tebing sungai. Kecuali itu wilayah ini juga menjadi rumah bagi satwa liar seperti burung-burung dan primata. Malah, Anda dapat secara leluasa memperhatikan keluar masuknya ribuan kelelawar. Belum lagi penampakan bias-bias pelangi yang dapat diamati pada setiap pagi dan sore hari ketika sang surya sedang bersinar jelas membuat Anda betah berlama-lama di sana.

baimz93
Spot Favorit Olahraga Air

Anda dapat mengeksplor wilayah Air Terjun Purba Tirai Bidadari dengan melaksanakan rafting. Pasalnya, air terjun ini juga menjadi titik favorit bagi penggemar olahraga air. Anda dapat memanfaatkan layanan wisata arung jeram yang berada di Desa Ranugedang. Aliran sungai ini berwarna kehijauan lengkap dengan tebing curam dan berukir-ukir, akan membuat Anda penasaran menikmatinya. Tak heran, bila setiap pengunjung yang datang menjelajahi aliran sungai di sana kerap menyebut lokasi tamasya ini sebagai Green Canyon Probolinggo.

ftrianr.a

Walaupun terbilang baru, masyarakat bersama pemerintah setempat berusaha meningkatkan fasilitas umum di Air Terjun Purba Tirai Bidadari. Selain pembetulan jalan yang terus dioptimalkan, lahan parkir yang nyaman juga disediakan bagi pengunjung yang datang. Malahan, masyarakat secara gotong royong akan membangun titik pandang yang berada tepat di depan Air Terjun Tirai Bidadari, sehingga sanggup menjadi medan magnet para pengunjung yang gemar swafoto.

hafidil

Harga Tiket Masuk Lokasi Wisata

Untuk Harga Karcis Tiket objek wista ini yaitu Biaya. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan. Untuk parkir motor merupakan Rp 5.000 saja, padahal untuk parkir kendaraan beroda empat merupakan Rp 10.000. Murah sekali, bukan?

nyun._m

di atas kami rangkum dari bermacam-macam sumber di internet pada 2021. tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak pengelola. Anda bisa mengakses sejumlah situs online untuk mengenal ulasan dari para pengunjung terkait akses menuju Air Terjun Purba Tirai Bidadari.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :