Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Air Terjun Matayangu, Keindahan Wisata Alam Sumba yang Tersembunyi – Lihat Trekkingnya Seperti Apa!

/
/
/
74 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Air Terjun Matayangu terlihat menakjubkan sebab mempunyai dua aliran air terjun dengan warna air yang nampak berwarna biru. Air terjun yang pertama bersumber dari sungai yang ada di dalam gua.

Air Terjun Matayangu
Photo by @abdulfikarjafar

Aliran air yang mengalir berasal berasal dari sungai yang ada di atasnya setinggi 130 meter. Sedangkan air terjun yang ke-2 keluar terhadap saat musim hujan saja. Tepat di bawahnya, terdapat kolam kecil dengan air berwarna biru berkilau yang bisa kita gunakan untuk berenang atau hanya sekedar bermain air. Kolamnya memadai besar dan lebar.

Air Terjun Matayangu
Photo by @cellinetan

Bagi warga sekitar, air terjun ini merupakan area yang konon keramat. Karena banyak yang percaya sebagai tempat persinggahan arwah sebelum saat menggapai daerah yang lebih tinggi. Matayangu sendiri miliki arti “Persinggahan Sementara”, nama berikut disematkan sendiri oleh masyarakat kira-kira air tejun.

Air Terjun Matayangu
Photo by @misscleaneats

Wisata air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Manupe. Taman Nasional Manupeu Tanah Daru sendiri merupakan perwakilan hutan musim semi-peluruh dataran rendah yang masih tersisa di Pulau Sumba.

Waktu paling baik untuk datang ke air terjun ini adalah terhadap musim hujan atau pada bulan Maret sampai Juni dan Oktober sampai Desember.

Lokasi Air Terjun Matayangu

Lokasi air terjun ini terletak di Manurara, Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Air Terjun Matayangu

Rute menuju air terjun bisa anda tempuh dari pusat Kota Waingapu bersama mengarahkan kendaraanmu menuju Waikabuka dengan estimasi kala tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan.

Air Terjun Matayangu
Photo by @davidamaya19

Kemudian lanjutkan perjalananmu bersama mengarah ke Taman Nasional Manupe. Lokasi Air Terjun Matayangu kira-kira 29 Km berasal dari Kantor Bupati Sumba Tengah.

Air Terjun Matayangu
Photo by @linameidyta

Jika anda berasal berasal dari luar tempat Matayangu, mampu menggunakan jalur udara berasal dari Kupang menuju Waingapu bersama selagi tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Jam Buka Air Terjun Matayangu

Air terjun ini terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk anda kunjungi. Dengan demikianlah pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya cocok bersama dengan peluang yang mereka miliki.

Photo by @harry_prasetyo19

Namun demikian, sebaiknya tidak mampir di pas hari udah gelap. Selain segi rintangan untuk menikmati keindahan panorama, juga karena kurangnya penerangan di lokasi maupun di jalur menuju lokasi.

Tiket Air Terjun Matayangu

Photo by ndvwq

Sebelum masuk ke daerah objek wisata Air Terjun Matayangu, pengunjung harus menyiapkan ongkos retribusi sebesar Rp 15.000. Harga ini berlaku sama sepanjang pekan, termasuk akhir pekan dan hari libur.

Fasilitas di Lokasi Wisata

Fasilitas umum yang tersedia di sekitar sini belum tersedia, gara-gara sebetulnya lokasinya berada di sedang kawasan Taman Nasional Manupeu.

Daya Tarik Wisata

1. Trekking Yang Tak Mudah

Perjalanan mulai dengan menembus hutan yang berada di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanadaru, dan bakal menjadikannya menjadi sebuah pengalaman yang tak ternilai. Pepohonan khas dapat kita jumpai di sepanjang perjalanan seperti pohon Wulumanu, Manera, serta Aikaka, pengunjung pun akan selalu berteman dengan merdunya kicauan burung-burung khas pulau Sumba.

Photo by @shirineshnaz

Trekking yang anda laksanakan selanjutnya memakan pas lebih kurang 2 jam, tetapi perihal tersebu terkait pada kebolehan fisik kamu sendiri. Waktu selanjutnya dapat menjadi lebih cepat atau lebih-lebih lebih lama. Kamu kudu menapaki lebih dari satu anak tangga yang lumayan kuras tenaga, lantas kita lanjutkan dengan menyusuri jalan setapak.

2. Air Terjun Yang Indah

Keunikan wisata alam ini adalah sementara musim kering, airnya terlihat dari lubang goa. Ketika area aliran Sungai Matayangu besar maka air terlihat dari dua arah, berasal dari mulut tebing Matayangu dan lubang goa.

Photo by @adisatyaadi

Ketinggian air terjun berbeda-beda yakni kurang lebih 75 mtr. dan yang satu ulang setinggi 130 meter. Ketinggian air terjun yang paling tinggi, baru bakal memunculkan debit air pas musim hujan.

3. Kolam Biru Yang Cantik

Kolam alami Air Terjun Matayangu sangat cantik sekali, airnya berwarna hijau kebiruan dengan bebatuan yang mengelilinginya yang memberi kesan alami. Jika kamu menghendaki berenang di kolam tersebut, haruslah terlampau berhati-hati. Karena konon katanya kedalaman dari kolam berikut belum dapat ditentukan hingga waktu ini.

Photo by @sft_stiven

Mempertimbangkan beragam kekuatan tarik yang ada di Air terjun matayangu ini, sepertinya dapat menjadi pilihan yang pas untuk tidak berlama-lama menunda kunjungan ke wilayah indah itu. Segeralah mencumbu panoramanya yang menawan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :