Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Air Terjun Mangku Sakti, Surga di Lombok Timur – Info Jam Buka, Rute, Fasilitas, Harga Tiket dan Daya Tarik!

/
/
/
27 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Lombok mempunyai banyak air terjun yang menawan, tidak benar satunya adalah Air Terjun Mangku Sakti yang miliki keindahan tersendiri yang bisa menarik minat pengunjung.

Air Terjun Mangku Sakti
Photo by @dinitampubolon

Air Terjun Mangku Sakti adalah salah satu wisata waterfall yang ada di Lombok Timur. Lombok sesungguhnya terkenal dengan destinasi wisatanya yang semuanya bagus-bagus. Mendengar kata Lombok tentu senantiasa mengayalkan tentang pantainya yang indah, namun Lombok tidak hanya pantai saja, di sana banyak daerah wisata yang lain seperti wisata bukit, sejarah, pura, desa tradisional, dan air terjun. Lombok punyai banyak air terjun yang memikat, keliru satunya yaitu Air Terjun Mangku Sakti yang miliki keindahan tersendiri yang dapat menarik minat pengunjung.

Air Terjun Mangku Sakti
Photo by @ung._

Ada banyak hal menarik tentang air terjun ini. Di kawasan terdekat juga punyai banyak daerah wisata yang lain sanggup Anda kunjungi. Namun kekuatan tarik Mangku Sakti lumayan kuat supaya menarik perhatian wisatawan untuk mampir ke tempat berikut khususnya dahulu.

Photo by @ttrianaoctav

Selain air terjunnya, kawasan kurang lebih juga penuh dengan sungai yang mempunyai banyak bebatuan yang licin. Kemudian di tepi sungai terkandung pohon-pohon hijau yang tumbuh dengan subur. Banyak aktivitas yang dapat Anda melaksanakan di kurang lebih air terjun, sudah pasti Anda bisa bermain air layaknya menyelam atau mandi di sungai tersebut.

Daya Tarik Air Terjun Mangku Sakti

1. Memiliki Sejarah yang Menarik

Bukan Lombok namanya kalau area wisatanya tidak miliki sejarah yang membesarkan namanya. Lokasi air terjun ini sebetulnya berada di kaki Gunung Rinjani yang terkenal bersama dengan histori dan mitosnya. Dahulu sementara terkandung seorang Mangku bernama Titi Kastura yang mempunyai tugas sebagai juru kunci di kawasan Kaki Gunung Rinjani.

Photo by @wiiwinanggraini

Mangku Gunung sendiri mempunyai arti sebagai Penjaga Gunung. Dia miliki Kuda Sembrani untuk mendampingi Mangku Gunung tersebut. Ketika dia meninggal, warga setempat menemukan curug di Kaki Gunung Rinjani, tepatnya berada di kawasan Desa Sajang. Curug berikut diapit oleh bebatuan sebelah kiri dan kanannya. Di sisi kiri, terkandung batu yang tersusun sama wajah yang dipercaya warga merupakan wajah sang Mangku. Sejak waktu itulah, tempat itu bernama Air Terjun Mangku Sakti.

2. Air Terjun yang Pas Untuk Bersantai

Lokasi air terjun ini lumayan bagus untuk merelaksasi pikiran sebab miliki hawa yang fresh dan sejuk. Tidak hanya itu, pemandangan sekitar termasuk membuat asumsi makin pelong. Banyak area teduh yang mampu Anda pakai untuk bersantai sambil memandang air terjun yang terbilang tidak terlampau tinggi.

Photo by @nay_hooft

Tidak hanya digunakan bersantai, bagi Anda yang dambakan mendapat pengalaman hiburan yang lebih menantang, sanggup coba kesibukan trekking atau adventure alam kira-kira gara-gara lokasinya berada di perbukitan.

3. Air Berwarna Unik

Banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi air terjun ini karena mempunyai air berwarna unik yaitu kebiru-biruan. Air tersebut tercampur oleh bahan sulfur bersama tinggi curug tidak cukup lebih 40 meter. Curug-curug lain sangat mungkin Anda sanggup bermain bersama deburannya, tapi di sana tidak dianjurkan sebab deburan selanjutnya menyusun sebuah kolam besar seluas 15 mtr. bersama dengan kedalaman capai 2 hingga 4 meter.

Photo by @byyxthez

Untuk Anda yang menginginkan berenang atau menyelam di sana, terkandung lebih dari satu lokasi jump untuk Anda yang inginkan merasakan sensasi melompat berasal dari ketinggian. Jika hanya hanyalah berendam saja, di sana termasuk terdapat curug kecil. Karena saking kondang bersama hiburan yang menantang, lokasi ini termasuk dulu masuk di dalam acara televisi berbasis wisata alam “MyTrip My Adventure”.

Fasilitas Air Terjun Mangku Sakti

Karena merupakan wisata alam yang terlalu alami, fasilitas yang di sajikan di sini belum banyak tersedia. Karena terbentuk secara alami, kolam nya pun terbentuk amat alami seakan-akan dibuat khusus berasal dari Tuhan untuk dinikmati oleh manusia.

Photo by @nanokk_lonk

Lokasinya juga berada di perbukitan dan jauh berasal dari pemukiman warga, jadi wajar saja kecuali layanan yang tersedia terlampau minim. Untuk Anda yang dambakan melacak penginapan, sebaiknya menyusur jalur utama untuk mencari hotel atau semacamnya.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Photo by @_nininana_

Untuk informasi perihal jam buka air terjun ini belum terkonfirmasi secara akurat. Namun barangkali besar tidak terbuka sepanjang 24 jam sebab untuk masuk ke sana butuh biaya masuk sebesar Rp 5 rb per orang. Keindahan yang diberikan oleh air terjun ini tidak sesuai bersama harga tiket masuk yang murah.

Lokasi dan Rute Air Terjun Mangku Sakti

Alamatnya sendiri terletak di Lombok Timur, tepatnya di Sejang, Sembalun, Kab. Lombok Timur, NTB. Meski begitu, jaraknya cukup jauh dari Mataram yaitu 175 km dengan selagi tempuh tidak cukup lebih 4 jam lamanya. Rutenya hampir mirip di saat Anda hendak ke Air Terjun Mayung Putek karena lokasinya saling berdekatan.

Photo by @wiiwinanggraini

Dari Mataram, banting setir Anda ke Taman Marmada, lantas menuju ke Mantang, lanjut ke Kopang, dan sampai ke Terara. Anda bisa melanjutkan perjalanan ulang ke Sikur, sesudah itu Aikmel, Swela, Sapit, Lemor, Sembalun Bumbung, hingga akhirnya sampai ke Sembalun Lawang. Dari sana lokasinya dekat bersama Sejang, Anda tinggal arahkan kendaraan Anda ke sana.

Photo by @lombokscenery_

Kemudian jika Anda berkunjung dari Lombok Utara atau sekitarnya. Lanjut ambil rute ke Senggigi, lantas Bangsal, Tanjung, Gondang, Selengan, Batu Gembung, Bayan, Senaru, Dasan Grisak, Desa Sambiq Elen, Sajang. Atau dari Kota Mataram – Pusuk. Dari sini Anda sanggup menanyakan pada warga setempat. Pintu masuknya sendiri berada di Sembalun – Bayan. Anda lewat pintu tersebut untuk sampai ke tempat parkir dengan jarak tidak cukup lebih 4 kilometer lantas segera ke air terjun.

Photo by @richo_kyle

Keindahan alam di air terjun ini tidak hanya sanggup memikat mata, tapi terhitung menambahkan kenyamanan bagi asumsi dan tubuh Anda. Air birunya menjadi buruan utama para wisatawan yang datang berkunjung. Karena itulah, jangan sampai anda lewatkan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :