Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Air Terjun Lepo di Pelosok Dlingo, Punya Empat Kolam Alami yang Aman untuk Berenang dan Nyegerin Badan

/
/
/
155 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Kecamatan Dlingo memang terkenal dengan wisata rentang alamnya, mulai dari pegunungan, hutan pinus, kebun buah, sampai air terjun. Kalau kalian berkunjung ke Dlingo, maka jangan lewatkan satu destinasi yang masih sangat asri ini, namanya air terjun Lepo. Lokasinya di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh 1, Dlingo, Bantul , Yogyakarta.

@dinisawijaya

Sekilas Tentang Air Terjun Lepo

Tamasya ini berada di tengah perkampungan dan dikelola segera oleh warga sekitar. Itulah mengapa jalan untuk menuju destinasi ini masih cukup susah dijangkau dengan kendaraan-kendaraan besar.

Warga pun tak mematok harga tertentu untuk para pelancong yang berkunjung. Sebagai gantinya, pengelola menyiapkan kotak donasi sukarela yang dapat diisi oleh para pengunjung. Hasil donasi itulah yang nantinya akan diterapkan untuk membantu pembangunan fasilitas di zona liburan ini.

Untuk menemukan air terjun, pengunjung perlu berjalan kaki terlebih dulu sekitar 15 menit dari area parkir. Jangan kaget ya sebab zona parkirnya bahkan masih berupa halaman rumah warga.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun, pengunjung akan disuguhi dengan ademnya udara dari rimbunnya pepohonan yang ada di kanan-kiri jalan setapak. Sebelum hingga ke air terjun, wisatawan juga akan mengamati sebuah auditorium simpel yang biasanya diterapkan untuk mengadakan acara atau perkumpulan rombongan pengunjung.

Grojogan Lepo, seperti itu air terjun ini kerap disebut, memiliki empat kolam dengan tiga level air terjun. Kolam yang paling dalam yaitu 2 meter, padahal kedalaman satu kolam lainnya yakni sepinggang orang dewasa, dan satu kolam terakhir kurang dari 1 meter sehingga layak dipakai oleh anak-si kecil sebab cukup dangkal.

Dari kolam hal yang demikian, pelancong bisa memandang dasar kolam yang terdiri dari endapan bebatuan kapur. Di sekitar kolam juga terdapat bebatuan natural dan akar-akar pohon yang menjuntai. Bahkan di salah satu sisi juga tersedia ayunan yang bisa diterapkan untuk berswafoto dengan latar belakang air terjun.

Air terjun di tingkat pertama merupakan yang berada paling dekat dengan jalan masuk bisa dikatakan cukup rendah karena kurang dari satu meter. Sedangkan dua air terjunnya lainnya memiliki ketinggian ± 10 meter.

Air terjun ini betul-betul apik diamati sebab keindahan aliran airnya yang cenderung melebar. Batuan persegi panjang yang terlihat tersusun rapi di tepi air terjun ketiga juga menambah panorama mata yang kian memanjakan.

Dinginnya air serta sejuknya atmosfer yang tercipta di wisata ini pasti membikin siapa saja terpengaruh untuk bermain air. Berlama-lama berendam di kolam yang ada juga tak terasa membosankan sebab nyaman dan segar.

Aktivitas Seru di Lokasi Wisata

Saking asyiknya, beberapa pengunjung melaksanakan aktivitas yang lebih ekstrem seperti melompat dari bebatuan di pinggir kolam supaya dapat berulang kali menikmati segarnya air ketika tercebur ke dalam kolam.

Bagi kalian yang tak bisa berenang, tersedia fasilitas penyewaan ban pelampung seharga Rp10.000.

Fasilitas

Setelah lelah bermain air, pengunjung bisa lantas bilas dan berganti pakaian di sebagian kamar mandi yang telah disediakan.

Kalau lapar menyerang maka seketika saja pesan makanan di toko yang ada di dekat air terjun pertama. Harga minuman dan makanan yang dipasarkan cukup terjangkau mulai dari Rp3.000 – 10.000.

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju destinasi ini dibutuhkan waktu 1,5 jam dari sentra Kota Yogyakarta. Ambil arah menuju daerah Imogiri hingga kantor Kecamatan Dlingo. Sesudah itu belok kanan menuju Tarif Dusun Koripan. Sekitar 850 meter kemudian belok ke kiri. Setelah 500 meter ambil kanan di Biaya Grojogan Lepo. Tak jauh dari situ akan sampai di Air Terjun Lepo. Terdapat pula sebagian papan penunjuk untuk menolong pengunjung hingga ke destinasi ini. Jalan jalan agak sempit sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua.

Akomodasi Disekitar Lokasi

Alternatif penginapan terdekat dari tamasya ini yaitu Penginapan Rudi yang berjarak 11 Km atau sekitar 21 menit berkendara. Alamat lengkapnya yaitu di Biaya Dlingo-Patuk, Dusun Pencit Rejo RT 1, Bantul. Fasilitas WiFi dan kolam renang juga tersedia di penginapan hal yang demikian. inap per malamnya berkisar Rp200.000.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :