Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Air Terjun Lembah Anai, Wisata Alam Unik di Pinggir Jalan Raya Jalur Padang – Bukittinggi | Jangan Datang Saat Hujan!

/
/
/
448 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Air Terjun Lembah Anai yakni destinasi tamasya yang seharusnya disinggahi dikala berkunjung ke Sumatera Barat. Objek tamasya alam ini dapat berlokasi tepat di pinggir Jalan Raya Bukittinggi – Padang. Lokasi air terjun juga menjadi salah satu saksi bisu pergerakan rakyat Minang dalam melawan penjajahan. Dikala ini, kawasan air terjun menjadi obyek tamasya yang digemari pengunjung.

Air Terjun Lembah Anai
pesonaid_travel

Indahnya panorama air terjun dari tepi jalan menjadi poin jual tersendiri. Pelancong dapat merasakan suasana alam yang menenangkan tanpa perlu bersusah payah masuk ke dalam hutan. Tiket murah dan akses yang gampang menjadikan liburan ini sebagai salah satu daerah perisitirahatan bagi pelancong yang melintas.

Air Terjun Lembah Anai
@nidaharyadii

Kegiatan Menarik Di Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Jurang Anai termasuk dalam destinasi Cagar Alam Lembah Anai sejak tahun 1922. Kawasan cagar alam ini berada di kaki Gunung Singgalang dan diapit oleh dataran tinggi Bukit Barisan. Estetika panorama alam sekitarnya sudah diakui semenjak zaman kolonial.

Air Terjun Lembah Anai
@apri_putra

Masyarakat percaya bahwa air terjun ini dialiri air yang berasal dari Telaga Dewi. Telaga yang dipercaya tempat mandinya para dewi. Kepercayaan itu berkembang menjadi mitos siapa pun yang membasuh muka di air terjun akan awet muda.

Bermain air

Mengamati derasnya air yang jatuh dari ketinggian 35 meter tentu saja akan menggugah selera bermain air. Airnya yang jernih dan segar banyak diminati pelancong. Pelancong bisa bermain air di kolam air terjun yang masih natural. Dikala ini juga tersedia wahana perahu karet yang bisa disewa.

Air Terjun Lembah Anai
dhiyarrahman
Berfoto

Memotret Air Terjun Lembah Anai bisa dikerjakan dari beragam variasi sudut padang. Pengunjung dapat memfoto dari bagian kolam maupun dari komponen atas air terjun. Kecuali itu, pelancong juga bisa mengabadikan diri berlatar air terjun dari luar lokasi liburan. Titik foto unggulan di sini merupakan di atas jembatan rel kereta yang melintasi zona air terjun.

Air Terjun Lembah Anai
@whulandary
iruledwrld
Masakan

Beristirahat sebentar di sekitar wilayah air terjun ini memang menyenangkan. Pelancong tak perlu khawatir dikala perut mulai keroncongan. Banyak penjaja makanan khas minang di sekitar Air Terjun dengan harga yang terjangkau. Opsinya beragam, dari nasi kapau, sate padang, sampai makanan ringan kerupuk sanjai balado.

Air Terjun Proklamator

Belum puas bermain di air terjun ini? Wisatawan dapat mencoba trekking menuju Air Terjun Proklamator. Lokasinya berada di atas aliran Air Terjun Lembah Anai dan berlokasi di dalam hutan. Kondisinya masih sangat asri dengan dasar kolam berwarna biru.

@arif_ngr

Pelancong yang berminat perlu melakukan trekking selama 30 menit. Jalur masuk trekking Air Terjun Proklamator berada di seberang Rumah Makan Mangguang. Posisinya berada sebelum Air Terjun Jurang Anai bila dari arah Bukittinggi.

Lokasi

Obyek tamasya air terjun ini terletak di Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat 27282. Tepatnya persis berada di Simpang Jl. Raya Padang – Bukittinggi. Lokasinya berjarak 29 km dari Kota Bukittinggi dan 70 km dari Kota Padang. Masuk menuju air terjun dapat mengaplikasikan transportasi pribadi maupun transportasi biasa.

@tomybudiarto

Harga Tiket Masuk

Pengendara dapat merasakan keindahan panorama air terjun secara tidak dipungut bayaran dari pinggir jalan. Apabila berkeinginan merasakan kesegaran derasnya air terjun, cukup membayar sebagian ribu di loket pintu masuk. Biaya ini sungguh-sungguh murah untuk menyegarkan badan dan pikiran setelah lelah berkendara. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan rincian HTM objek wisata air terjun :
Karcis masuk dewasa – Rp 5.000
Tiket masuk si kecil-anak – Rp 3.000
Tarif parkir – Rp 2.000 – Rp 15.000
Masakan sekitar air terjun – Rp 2.000 – Rp 25.000

@wiraseto
Waktu Operasional

Liburan ini banyak diminati pada akhir pekan dan masa tamasya sekolah. Air terjun yang adalah aliran Sungai Batang Lurah ini dapat dinikmati sepanjang hari. Hanya saja loket tiket masuk cuma buka hingga pukul 5 petang. Wisatawan yang berkeinginan berkunjung diharapkan menyesuaikan kondisi musim dan cuaca.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :