Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Nikmati Sejuknya Air Terjun Dolo yang Terimbas Suasana di Lereng Gunung Wilis Kediri Jawa Timur – Intip Trek Menuju Air Terjunnya!

/
/
/
296 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan

Air Terjun Dolo merupakan air terjun di Kediri, yang masuk ke di dalam kawasan wisata Besuki. Sebuah kawasan wisata yang miliki pemandangan alam indah, khas view lereng Gunung Wilis.

Air Terjun Dolo
Photo by @berthy.rahmadani

Lokasi air terjun yang terdapat di kawasan wisata Besuki jadi keuntungan tersendiri. Salah-satu alasannya dekat bersama objek wisata lainnya. Terdapat air terjun paling dekat yang bernama Air Terjun Irenggolo. Bahkan jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi utama.

Air Terjun Dolo
Photo by @louissmario

Dan perlu diketahui bahwa wisata Besuki sesungguhnya didominasi oleh objek wisata alam. Hal berikut menjadi anugerah tersendiri atas lokasinya, sebagai anggota tak terpisahkan berasal dari Gunung Legendaris di Kediri, yaitu Gunung Wilis.

Air Terjun Dolo
Photo by @javaageng

Dan inilah gambaran berkenaan pesona keindahan air terjun ini, yang telah kamisiapkan untuk anda. Sebagai referensi awal pilih tempat wisata di Kediri, terlebih saat di akhir pekan, atau libur nasional.

Lokasi dan Alamat Tempat Wisata

Air Terjun Dolo
Photo by @azm.naluri

Lokasi Air Terjun Dolo terletak di kawasan wisata Besuki. Adapun alamat Air Terjun Dolo berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur.

Rute Menuju Air Terjun

Air Terjun Dolo
Photo by @khozin_alwi

Jalan menuju air terjun ini adalah perjalanan yang benar-benar menyenangkan. Selain sebab jalannya bagus, dapat dibuka oleh kendaraan jenis motor, maupun mobil, di selama jalur terhampar panorama yang indah. Jarak Air Terjun Dolo dari Kediri sekitar 29 kilometer, dengan selagi tempuh rata-rata 1 jam perjalanan. Tak kudu kebut-kebutan, nikmati saja perjalanannya.

Jam Buka Air Terjun

  • Wisata ini buka setiap hari.
  • Buka berasal dari pukul 08.00 – 17.00.

Harga Tiket Masuk

  • Tiket masuk Air Terjun Dolo Rp. 5.000 per orang.
  • Tiket parkir motor Rp. 4.000 per unit.

Fasilitas di Tempat Wisata

Fasilitas di kawasan wisata ini cukup untuk mendukung kenyamanan wisata para pengunjung. Bahkan cocok termasuk sebagai destinasi wisata alam mendidik untuk keluarga. Dan inilah beberapa sarana yang ada di objek wisata tersebut:

Photo by @suryaagung93
  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Deretan tempat tinggal makan, atau kantin
  • Arena permainan anak

Mitos Air Terjun Dolo Kediri

Mitos di air terjun ini merujuk kepada sebuah benda yang bergantung pada sebuah pohon dekat bersama dengan air terjun ini. Benda tersebut kadang mampu terlihat, dan kadang tidak. Sejarah penamaan air terjun ini merujuk kepada diksi Dolo, yang berarti bergelantung, atau gemandul, atas benda tadi.

Photo by @ahmad_roifu

Adapun pantangan yang tidak boleh dijalankan oleh para pengunjung kala berada di wisata alam ini adalah sebagai berikut:

  • Tidak boleh bersiul
  • Tak boleh bertepuk tangan
  • Bersikap sewajaranya, jangan berlebihan

Cerita mitos, misteri, maupun legenda di sebuah objek wisata yang ada di Indonesia, seperti dua segi mata uang, dan jadi daya tarik tersendiri atas objek wisata tersebut.

Trekking Menuju Air Terjun

Photo by @khozin_alwi

Letak loket pembayaran tiket masuk kawasan wisata ini berada di sebuah jalur besar kawasan wisata Besuki. Dan akses jalan menuju area parkir air terjun udah bagus, dan mampu dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Photo by @noer_013

Dari lokasi tiket masuk, kendaraan wajib terus melaju menuju daerah parkir. Setelah sampai di area parkiran yang luas, dan terkandung banyak kantin, atau warung makan yang berderet, maka para pengunjung wajib terus melanjutkan perjalanan bersama dengan cara berjalan kaki.

Photo by @didik_naza

Trekking menuju lokasi utama Air Terjun Dolo cukup jauh, tetapi jalurnya telah tertib berwujud anak tangga yang terbuat susunan semen. Dan di sebagian tempat, susunan pijakan kaki berwujud lapisan batu wajah yang teratur rapih.

Perjalanan menuju Air Terjun Dolo yang paling berat bukanlah sementara berangkat, tapi waktu kembali. Lumayan kuras tenaga. Tapi seru, dan mengasikkan. Yang penting, jangan lupa selamanya siapkan air minum ya.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :