Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Eksplor Obyek Wisata Alam Air Terjun Benang Kelambu yang Eksotik di Lereng Gunung Rinjani – Tempat Ngadem & Healing di Lombok!

/
/
/
106 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Tempat obyek wisata di Lombok Tengah yang tenar keliru satunya adalah kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Semuanya terbagi atas sebagian kabupaten, juga Kabupaten Lombok Tengah. Di kawasan taman nasional tersebut, ada banyak spot wisata yang indah di lereng Gunung Rinjani. Dan salah satunya adalah Air Terjun Benang Kelambu.

Air Terjun Benang Kelambu
Photo by @triyantinurhaeni

Bernama ‘Benang Kelambu’ sebab penampilan air terjun yang satu ini terlalu unik dan berlainan berasal dari air terjun pada kebanyakan. Aliran air terjun ini justru condong tenang dan kelihatan tidak tebal serta lembut seperti kelambu atau tirai. Air terjun ini termasuk tidak menyebabkan nada berisik layaknya air terjun terhadap umumnya.

Lokasi Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu
Photo by @jessicadavaa

Air terjun yang lokasinya tidak jauh berasal dari Air Terjun Benang Stokel ini adalah salah satu destinasi wisata yang direkomendasi terkecuali Anda singgah ke kaki Gunung Rinjani. Selain tampilannya yang indah, Air Terjun Benang Kelambu memiliki banyak energi tarik lain yang mampu menarik perhatian wisatawan, termasuk kebugaran airnya yang berasal dari mata air di kaki Gunung Rinjani. Daya tarik air terjun ini antara lain:

1. Air Terjun Tanpa Sungai

Umumnya, air terjun berasal berasal dari sungai yang terpotong oleh jurang sehingga aliran airnya pun jatuh ke basic jurang. Namun, terhadap Air Terjun Benang Kelambu, air terjun tidak berasal dari sungai melainkan dari sejumlah mata air yang sangat banyak di dinding tebing. Oleh sebab itu, air terjun ini terlihat seperti keluar dari celah tebing yang banyak tumbuh tumbuhan yang subur.

Air Terjun Benang Kelambu
Photo by @kencanawidora

Di anggota bawah air terjun, terdapat kolam buatan sebagai penampung air. Di kolam inilah wisatawan diperbolehkan untuk mandi atau berendam. Selain bermain di lebih kurang kolam, pengunjung air terjun juga boleh untuk menaiki bebatuan yang lebih tinggi di kurang lebih air terjun agar bisa lihat pemandangan yang lebih indah. Namun, untuk menghambat terjadinya perihal yang tak diinginkan, pengunjung perlu melangkah bersama hati-hati.

2. Air Terjun Pesona yang Unik

Air Terjun Benang Kelambu tampil sebagai air terjun yang melebar bersama dengan aliran yang halus bak kelambu atau tirai. Tampilannya yang unik dan menarik ini menjadi keliru satu daya tarik air terjun di kaki Gunung Rinjani ini. Air terjun ini cukup tinggi, tapi gara-gara terbagi jadi sebagian tingkat, air terjun menjadi keluar lebih pendek berasal dari aslinya.

Air Terjun Benang Kelambu
Photo by buyamin_ahadi

Secara keseluruhan, ada tiga tingkat air terjun, yakni tingkat pertama yang berasal dari mata air bersama ketinggian 30 meter, tingkat kedua bersama ketinggian 10 meter, dan tingkat ketiga bersama ketinggian 5 meter.

Air Terjun Benang Kelambu
Photo by @ivenyiveny

Selain menawarkan keindahan air terjun yang alirannya sangat halus layaknya tirai, air terjun ini terhitung tawarkan keindahan dinding di sekitar air terjun yang tumbuh bermacam tumbuhan liar. Adanya tumbuhan berikut sebabkan tampilan air terjun ini makin lama alami dan asri.

3. Dekat Air terjun Benang Stokel

Air terjun ini bukan satu-satunya objek wisata air terjun yang ada di kaki Gunung Rinjani. Ada juga air terjun lain layaknya Air Terjun Benang Stokel yang ketinggiannya kira-kira 30 meter. Air terjun yang jaraknya kira-kira 1 km dari Benang Kelambu tersebut punyai energi tarik dan pesonanya sendiri.

Air Terjun Benang Kelambu
Photo by @ijun_05

Mengingat air terjun kebanyakan terletak jauh di dalam hutan, jarak Air Terjun Benang Kelambu yang dekat bersama dengan Air Terjun Benang Stokel jadi keliru satu daya tarik air terjun ini. Air Terjun Benang Stokel inilah yang akan dijumpai oleh wisatawan terutama dahulu sebelum saat Benang Kelambu.

4. Air yang Berkhasiat

Photo by @mypreciouslife2019

Menurut keyakinan masyarakat setempat, Air Terjun Benang Kelambu miliki khasiat. Barang siapa mandi di air terjun ini, bakal menjadi awet muda dan bebas berasal dari beraneka macam penyakit. Kepercayaan ini tersedia hubungannya bersama sumber air terjun tersebut. Masyarakat yakin bahwa sumber air terjun ini adalah Danau Segara Anak yang tersedia di Gunung Rinjani.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Benang Kelambu

Tempat wisata air terjun di akses tiap-tiap hari dari jam 7 pagi hingga jam setengah 6 sore. Pengunjung yang datang melebihi jam buka tidak bakal diizinkan untuk masuk oleh pengelola. Penutupan air terjun di sore hari bukan tanpa alasan, melainkan karena penerangan di sekitar area air terjun ini belum memadai. Oleh karena itulah daerah wisata alam air terjun ini cuma buka sampai sore saja.

Photo by @riyan_saputra008

Untuk masuk kawasan air terjun ini, pengunjung dapat kena biaya tiket masuk sebesar lima ribu rupiah. Harga tiket masuknya jelas benar-benar tidak mahal karena bersama dengan membayar satu kali, pengunjung sanggup nikmati keindahan air terjun ini seharian.

Fasilitas di Obyek Wisata

Sebagai area wisata, air terjun ini tidak menawarkan banyak layanan agar tetap kudu dikembangkan. Satu-satunya layanan yang tersedia dari pihak pengelola area wisata ini adalah kamar rubah yang merangkap toilet. Fasilitas inilah yang berguna bagi para pengunjung untuk mengganti pakaian sesudah mandi dan berendam di kolam bawah air terjun atau sekadar bermain air di kira-kira air terjun.

Photo by @tanoaura

Walau fasilitasnya terbilang amat kurang, pengunjung air terjun ini tetap sanggup menemukan pedagang asongan yang menawarkan makanan serta minuman ringan. Pedagang asongan ini sanggup wisatawan jumpai di dekat pintu masuk objek wisata air terjun.

Photo by @akuu_nelly

Selain itu, tersedia termasuk jasa ojek yang sanggup pengunjung manfaatkan jika merasa enggan untuk berlangsung kaki. Dengan manfaatkan ojek, pengunjung hanya kudu membayar kurang lebih Rp20.000,00 untuk sanggup menggapai pintu masuk air terjun. Namun, meski tersedia jasa ojek yang sanggup mengantar dan memudahkan Anda di dalam berwisata, jalur kaki terlampau direkomendasikan karena panorama alam di kira-kira yang begitu memesona agar rasa capek di kaki Anda pun bakal terbayar.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :